Kam17Jan201915:34

Gejala Penyakit Kelamin Pria

Gejala penyakit kelamin pria tidak dapat dideteksi dengan kasat mata sehingga sering muncul tanpa disadari. Penyakit kelamin atau penyakit menular seksual merupakan jenis infeksi menular seksual yang cukup berbahaya dan dapat menyerang baik wanita maupun pria. Salah satu cara untuk memastikan apakah terdapat infeksi menular seksual dalam tubuh adalah dengan melakukan pemeriksaan laboratorium bersama dokter ahli.

gejala penyakit kelamin pria
gejala penyakit kelamin pria

>>>klik untuk konsultasi 24 jam gratis<<<

Penyebab Serta Gejala Penyakit Kelamin Pada Pria

Penyebab munculnya gejala penyakit kelamin pada pria adalah bebagai jenis mikroorganisme, seperti virus, bakteri, dan parasit. Seseorang dapat tertular infeksi penyakit kelamin karena melakukan hubungan seksual yang tidak aman. Penyakit kelamin umumnya disebabkan oleh virus jenis HPV atau human papillomavirus, HIV atau human immunodeficiency virus, dan HSV atau virus herpes simpleks.
 
Infeksi yang disebabkan oleh bakteri akan memunnculkan penyakit kelamin, seperti sifilis, gonore, dan klamidia. Sementara, infeksi menular seksual akibat parasit dapat menyebabkan penyakit bernama trikomoniasis. Beberapa infeksi tersebut biasanya menimbulkan beberapa gejala penyakit kelamin pada pria. Ciri atau gejala penyakit kelamin pria dikelompokkan dalam tiga kategori, yakni:

• Penyakit kelamin yang menyebabkan luka atau kelainan pada organ kelamin.
• Penyakit kelamin yang mengakibatkan peradangan pada uretra atau urethritis.
• Penyakit kelamin yang menyebabkan gejala di seluruh tubuh atau sistemik.

Gejala penyakit kelamin pria umumnya berbeda sesuai dengan jenis penyebab yang menginfeksi. Penyakit kelamin yang sering dialami oleh pria umumnya dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain:
 

• Sifilis

Sifilis merupakan jenis penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri dan menginfeksi kulit, mulut, sistem saraf, dan organ kelamin. Sifilis atau raja singa akan mengakibatkan kerusakan serius pada sistem saraf jika tidak ditangani secara tepat. Penyakit sifilis umumnya ditandai dengan gejala, seperti luka di sekitar organ kelamin.
 

• Klamidia

Penyakit kelamin ini disebabkan oleh bakteri bernama Chlamydia trachomatis. Klamidia menular melalui hubungan seksual , secara oral, anal, maupun vaginal dengan penderitanya. Gejala penyakit kelamin pria ini ditandai dengan rasa sakit serta sensasi terbakar ketika buang air kecil.


• Gonore

Gonore atau kencing nanah merupakan salah satu jenis penyakit kelamin yang terjadi akibat adanya infeksi bakteri. Gejala penyakit kelamin pria jenis ini adalah rasa terbakar ketika buang air kecil akibat infeksi pada uretra. Jika gonore tidak segera ditangani dapat mengakibatkan infeksi pada rektum dan muncul ruam di kulit dan nyeri pada persendian.

Pencegahan Tepat yang Dapat Dilakukan

Gejala penyakit kelamin pria berisiko tinggi jika sudah aktif secara seksual sejak dini. Karena itu, untuk melindungi dan mengurangi penyebaran virus dalam tubuh, maka penanganan bersama dokter ahli harus segera dilakukan. Biasanya, dokter akan memberikan obat antiobiotik serta antivirus dalam dosis yang tepat.
 
Obat antibiotik berguna untuk menyembuhkan penyakit kelamin akibat bakteri dan parasit. Sementara, antivirus berfungsi sebagai obat pencegah munculnya kekambuhan penyakit. Untuk mengurangi risiko penyebaran virus, Anda juga dapat melakukan tindak pencegahan, seperti di bawah ini:
 
• Lakukan vaksinasi human papillomavirus pada pria berusia 26 tahun ke atas.
• Gunakan pelindung atau kondom ketika melakukan hubungan seksual.
• Hindari berhubungan seksual ketika dalam pengaruh alkohol dan obat terlarang.
• Tidak melakukan hubungan seksual tidak aman, seperti bergonta ganti pasangan seks.


Lakukan Penanganan Bersama Klinik Utama Sentosa

Penanganan terhadap gejala penyakit kelamin pria adalah melakukan konsultasi dengan dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani masalah kulit dan kelamin. Klinik ini berlokasi sangat strategis, yakni di wilayah Jakarta sehingga memudahkan pasien yang ingin melakukan perawatan atau pemeriksaan. Segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878 untuk informasi mengenai panyakit kelamin lainnya.