Jum18Jan201916:09

Gejala Penyakit Kelamin Pada Wanita

Gejala penyakit kelamin pada wanita tidak dapat dikenali dengan mudah karena muncul di bagian yang sulit terlihat. Penyakit kelamin atau biasa disebut penyakit menular seksual terjadi akibat infeksi virus, bakteri, ataupun parasit. Gejala penyakit kelamin pada wanita akan muncul diakibatkan karena tidak menjaga kebersihan organ kelamin dengan baik. Namun, penyebab utama adalah dikarenakan melakukan hubungan seksual yang tidak aman.

gejala penyakit kelamin pada wanita
gejala penyakit kelamin pada wanita

>>>klik untuk konsultasi 24 jam gratis<<<

Gejala Umum Infeksi Menular Pada Kelamin

Penyakit kelamin dapat terjadi karena melakukan hubungan seksual baik secara anal, oral, maupun vaginal tanpa menggunakan pelindung atau kondom. Infeksi dapat diderita oleh wanita dan pria yang telah aktif secara seksual. Namun, gejala penyakit kelamin pada wanita bisa lebih parah dibandingkan pria. Selain itu, pada wanita yang sedang hamil infeksi dapat menular pada bayi dan menyebabkan masalah yang lebih serius. Gejala penyakit kelamin pada wanita akan muncul dengan beberapa tanda sebagai berikut:


• Keputihan

Cairan keputihan yang keluar dari organ kelamin wanita normalnya memiliki fungsi untuk membersihkan serta melindungi serangan infeksi bakteri, virus, maupun parasit. Cairan atau lendir akan keluar dengan membawa sel-sel mati dari dalam tubuh. Umumnya, keputihan keluar dengan ciri berwarna keputihan, tidak berbau, dan tidak menimbulkan gatal. Namun jika gejala sudah tidak normal, maka perlu diwaspadai sebagai pertanda adanya infeksi penyakit kelamin.


• Luka atau guratan

Adanya luka atau guratan pada kulit kelamin merupakan gejala herpes genital yang sering tidak disadari. Kondisi ini terjadi akibat tertular infeksi melalui hubungan seksual. Penyakit herpes genital terjadi akibat adanya virus HSV yang tidak dapat dihilangkan dari dalam tubuh penderitanya. Namun, Anda tetap dapat mengonsumsi obat antivirus guna mengontrol perkembangan virus yang menginfeksi tubuh.


• Kutil pada kelamin

Kutil yang tubuh di sekitar kemaluan adalah salah satu gejala penyakit kelamin pada wanita. Pertumbuhan kutil biasanya menyerupai benjolan daging berwarna kemerahan, berukuran kecil, keras, dan memiliki permukaan yang kasar. Kutil ini dapat ditemukan pada mulut kelamin hingga lubang anus dan mudah menyebar serta mengakibatkan rasa gatal. Tak hanya itu, kutil juga sering mengeluarkan darah setelah melakukan hubungan seksual.
 

• Benjolan di mulut kelamin

Benjolan yang muncul pada mulut kelamin merupakan kista Bartholin yang telah teinfeksi sehingga mengandung nanah. Kelenjar bartholin umumnya berukuran sekitar 1 cm dan terletak pada lubang awal mulut kelamin yang berfungsi sebagai pelumas ketika berhubungan seksual. Benjolan akibat infeksi bakteri ini akan menyebabkan penderitanya mengalami demam serta pembengkakan di sekitar mulut kelamin yang terasa nyeri jika diraba.


• Ruam di kemaluan

Ruam pada kemaluan ini muncul akibat adanya virus molluscum contagiosum yang ditularkan melalui kotak antar kulit atau menyentuh benda yang telah terkontaminasi. Selain itu, virus ini juga dapat menyebabkan bintik merah bertekstur padat yang tidak terasa sakit. Ruam yang muncul pada kemaluan bisa pula diakibatkan karena gesekan dengan pakaian, memakai losion, dan penggunaan produk pembersih dengan kandungan parfum.


Diagnosis Dokter Pada Penyakit Kelamin Wanita

Gejala penyakit kelamin pada wanita dapat diketahui secara pasti dengan melakukan pemeriksaan bersama dokter ahli. Biasanya, untuk mengetahui gejala penyakit kelamin pada wanita dokter akan mendiagnosis masalah dengan menggunakan tes laboratorium. Diagnosis dokter bisa diperkuat dengan beberapa pemeriksaan atau tes, sebagai berikut:

• Tes darah, berguna untuk memastikan diagnosis penyaktit HIV.
• Tes urin, bertujuan guna memastikan penyebab adanya penyakit kelamin.
• Tes cairan, berguna untuk menentukan jenis infeksi penyebab penyakit.

Jika hasil diagnosis telah diketahui, dokter akan memberikan beberapa perawatan dengan obat-obatan. Dokter biasanya meresepkan jenis obat antibiotik dan antivirus pada pasiennya. Obat antibiotik efektif menyembuhkan berbagai infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri dan parasit. Sementara itu, obat antivirus diberikan karena mampu merngurangi risiko penyebaran infeksi dan terjadi kekambuhan penyakit.


Lakukan Penanganan Bersama Klinik Utama Sentosa

Penanganan terbaik pada penyakit kelamin yang diderita oleh wanita adalah berkonsultasi dengan Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit Andrologi, Ginekologi, dan Penyakit Menular Sekual. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan ditangani oleh dokter ahli berpengalaman dengan peralatan medis yang canggih. Segera lakukan konsultasi bersama dokter Kami atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.