Sen27Mei201909:59

Gejala Infeksi Menular Seksual Yang Harus Diwaspadai

Melakukan pemeriksaan ketika Anda curiga memiliki gejala infeksi menular seksual adalah cara terbaik untuk menghentikan penyebaran infeksi menular seksual (IMS) dan melindungi diri terhadap komplikasi dari infeksi yang tidak terdeteksi.
Gejala Infeksi Menular Seksual Yang Harus Diwaspadai
Gejala Infeksi Menular Seksual Yang Harus Diwaspadai
Pastikan kesehatan seksual Anda diperiksa jika memiliki gejala infeksi menular seksual yang harus diwaspadai seperti berikut ini, yaitu:

Benjolan. Jika benjolan baru muncul di area alat kelamin, hal ini bisa jadi tanda kutil kelamin yang disebabkan beberapa jenis Human papilloma virus (HPV) atau infeksi virus yang disebut Moluskum kontagiosum.

Bisul. Lepuh, luka dan kulit pecah, umumnya karena herpes kelamin. kondisi ini dapat didiagnosis dengan mengambil swab dari lesi. Penyakit sifilis menyebabkan lesi yang khas yang dapat dikonfirmasi melalui tes darah.

Keputihan pada pria. Infeksi uretra (tabung yang memungkinkan pria untuk buang air kecil dan ejakulasi). Dapat menyebabkan peradangan dan keputihan. Keputihan dapat mengindikasikan menderita gonore atau klamidia, namun banyak infeksi yang tidak menunjukkan gejala.

Keputihan pada wanita. Keputihan abnormal dapat mengindikasikan gejala infeksi menular seksual dengan klamidia, gonore, atau trichhomonas. Namun kondisi lain, seperti vaginosis bakteri dan kandidiasis (bukan IMS) juga dapat menyebabkan keputihan.

Nyeri panggul. Beberapa IMS dapat melewati serviks untuk menginfeksi rahim dan saluran tuba (saluran tuba bagian atas). Infeksi ini yang secara kolektif dikenal dengan penyakit radang panggul (PID), bisa parah, menyebabkan nyeri akut, dan jaringan parut yang dapat berujung pada infertilitas.



Jika Anda curiga menderita IMS, segera temui dokter

Jika Anda curiga atau mengalami gejala infeksi menular seksual, atau mungkin pernah terinfeksi, terutama bagi Anda yang aktif secara seksual, penting bagi Anda untuk melakukan pengujian. Diagnosis dan pengobatan IMS yang tepat waktu sangat penting untuk menghindari masalah kesehatan yang lebih parah, sebab IMS dapat berpotensi mengancam jiwa dan untuk menghindari penularan kepada pasangan.

Mencari nasihat medis jika Anda berisiko sangat penting, bahkan jika itu membuat Anda merasa gugup atau mudah tersinggung. Namun, masalah besar dengan semua hal ini adalah orang dapat merasa malu atau malu berbicara tentang kesehatan seksual mengakui bahwa dirinya telah melakukan hubungan seksual bebas, sehingga menunda melakukan pemeriksaan yang secara tidak langsung membiarkan penyakit semakin bertambah parah.

Tidak jarang, banyak orang yang lebih memilih tindakan pengobatan sembarangan, mengkonsumsi obat-obatan yang dijual bebas, sebab selain mudah untuk didapatkan, harganya yang relatif murah. Penting untuk Anda ketahui hal ini tidak terbukti efektif untuk menyembuhkan penyakit menular seksual, sebab mengatasi penyakit tanpa membasmi bakteri atau virus penyebab, hasilnya akan sia-sia.

Lihat Juga: Benjolan di alat kelamin pria, apa penyebabnya?

Beberapa gejala infeksi menular seksual dapat disembuhkan dengan pengobatan yang aman dan tepat. Banyak yang dapat menyebabkan masalah kesehatan atau kesuburan yang serius, bahkan kematian jika tidak ditangani dengan tepat. Mempraktikkan hubungan seksual yang aman dapat melindungi Anda dari IMS.

Penting bagi Anda untuk melakukan tes infeksi menular seksual bahkan jika gejala tidak muncul jika Anda:

• Aktif secara seksual.
• Berhubungan seksual dengan partner seksual lebih dari satu.
• Pasangan melakukan hubungan seksual dengan orang lain.
• Melakukan hubungan seksual berisiko tanpa pelindung.



Infeksi menular seksual? Konsultasikan pada Klinik Utama Sentosa

Jika saat ini Anda mengalmi gejala infeksi menular seksual, akan lebih baik untuk tidak menunda melakukan pemeriksaan, atau jika saat ini sedang mencari pengobatan, atau bahkan sudah melakukan pengobatan namun tidak kunjung sembuh, sudah saatnya Anda mengunjungi Klinik Utama Sentosa.

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kesehatan kelamin yang khusus menangani infeksi menular seksual (PMS), Andrologi, dan Ginekologi. Kami memiliki dokter ahli kelamin terlatih yang sudah berpengalaman dibidangnya. Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait gejala infeksi menular seksual, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.