Min28Jul201917:01

Gejala dan Bahaya Infeksi Jamur Pada Kelamin

 

Infeksi jamur pada kelamin jangan pernah Anda remehkan, karena infeksinya dapat memicu adanya gangguan kesehatan kelamin yang lebih berbahaya. Kemaluan merupakan tempat yang paling disukai oleh jamur maupun bakteri, pasalnya suhu udara yang hangat dan lembab merupakan kondisi yang ideal untuk berkembang biak. Pada area kemaluan sebenarnya ada jamur yang bermanfaat, namun jika jumlahnya banyak maka dapat berubah menjadi ancaman.

infeksi jamur pada kelamin
infeksi jamur pada kelamin


Infeksi jamur pada kelamin terjadi karena jumlah jamur pada area kelamin melebihi jumlah yang seharusnya. Area sekitar kelamin baik itu selangkangan, vagina, anus, maupun penis memiliki tingkat kelembaban yang tinggi. Selain itu, kelamin juga memiliki resiko paling besar sebagai tempat berkembangnya mikroorganisme karena lebih mudah basah. Aktivitas buang air besar dan buang air kecil dengan cara membersihkan alat kelamin yang tidak benar juga dapat menjadi salah satu penyebabnya. Jika bagian alat kelamin Anda mengalami infeksi akibat jamur, maka jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter.

Penyebab Infeksi Jamur di Kelamin


Adanya infeksi jamur pada kelamin dapat disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya adalah:

• Kebiasaan dalam kehidupan seksual yang tidak bersih

Kebiasaan tidak baik dalam kehidupan seksual seperti tidak pernah membersihkan alat kelamin setelah maupun sebelum berhubungan merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi jamur di kelamin.

• Memiliki sistem imun yang rendah

Seseorang yang memiliki sistem imun atau sistem kekebalan tubuh yang rendah seperti penderita penyakit HIV AIDS misalnya, dapat dengan mudah terkena berbagai infeksi, termasuk infeksi oleh jamur.

• Penderita penyakit diabetes

Seseorang yang menderita penyakit diabetes cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah dan memiliki gangguan akan fungsi-fungsi organ tubuhnya sehingga sistem kerja tubuhnya kurang maksimal. Termasuk dalam mencegah adanya infeksi jamur.

• Tidak maupun belum melakukan sunat

Pada pria, sunat merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mencegah maupun mengobati gangguan kesehatan yang terjadi pada alat kelamin. selain itu, sunat juga dapat mempermudah aktivitas membersihkan penis sehingga infeksi jamur maupun bakteri dapat dicegah.



• Alergi terhadap bahan kimia berbahaya

Bahan kimia yang terdapat pada sabun maupun produk kebersihan untuk alat kelamin. Untuk itu berhati-hatilah dalam memilih produk kecantikan untuk alat kelamin. Pilihlah produk yang terbuat dari bahan yang aman untuk alat kelamin Anda.

• Resisten terhadap obat antibiotik

Seseorang yang mengonsumsi obat antibiotik dengan dosis yang tidak tepat atau terlalu sering maka dapat mengalami resisten atau kebal terhadap obat antibiotik. Jika hal ini terjadi, maka infeksi jamur, bakteri, maupun virus tidak lagi mempan diatasi dengan obat antibiotik.

• Kurangnya menjaga kebersihan diri

Menjaga kebersihan merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh dari ancaman jamur, bakteri, maupun virus yang berasal dari luar tubuh. Jika kebersihan tubuh tidak dijaga dengan baik, maka infeksi akan lebih mudah menyerang.

• Obesitas

Seseorang yang memiliki berat badan berlebih akan lebih mudah terinfeksi termasuk infeksi jamur.

Sebenarnya pada badan kita juga terdapat jamur baik dan membantu kita, namun jumlah jamur ini ada batasnya. Jika perkembangannya terlalu banyak, maka dapat menyebabkan infeksi jamur pada kelamin. alat kelamin merupakan tempat yang paling disukai oleh jamur karena tempatnya yang sering tertutup sehingga lebih lembab. Jika tidak ingin mengalami infeksi jamur pada kelamin, maka hindarilah faktor-faktor penyebab infeksi jamur seperti di atas.

infeksi jamur pada kelamin
infeksi jamur pada kelamin

Bahaya Infeksi Jamur Pada Kelamin


Salah satu jenis infeksi jamur di kelamin yang sering ditemukan adalah infeksi akibat jamur Candida. Disebut sebagai penyakit candidiasis, infeksi akibat jamur candida lebih tepatnya candida albicans yang pertumbuhannya tidak terkendali pada tubuh kita dapat menyebabkan berbagai bahaya. Salah satunya adalah gejala yang cukup mengganggu. Gejala yang dialami oleh penderita kandidiasis diantaranya adalah :

• Pada area kulit

Jika infeksi jamur candida terjadi pada area kulit, maka gejala yang mungkin dialami oleh penderitanya adalah peradangan pada kulit yang ditandai dengan kulit yang berwarna putih maupun merah.

• Pada area genital

Jika infeksi jamur candida terjadi pada area kelamin wanita, maka gejala yang mungkin muncul adalah rasa gatal di area kelamin disertai dengan rasa sakit di vagina. Selain itu, bisa juga menyebabkan keputihan atau keluarnya cairan dari vagina yang berwarna putih kental. Sedangkan pada pria, infeksi jamur pada kelamin dapat menyebabkan gejala seperti rasa sakit disertai gatal pada penis.

• Mulut dan kerongkongan

Jamur candida juga dapat menginfeksi bagian mulut dan kerongkongan. Kondisi ini juga sering disebut thrush. Salah satu tandanya adalah munculnya bercak-bercak putih pada lidah maupun mulut. Selain itu, pembengkakan pada gusi yang menyebabkan luka juga bisa saja terjadi. Gejala ini biasanya dibarengi dengan rasa sakit pada kerongkongan yang membuat penderitanya kesulitan untuk menelan.

Infeksi jamur pada kelamin biasanya juga dapat mengganggu kehidupan seksual seseorang karena alat kelamin akan merasa sakit. Baik alat kelamin wanita maupun pria dapat mengalami gejala rasa sakit pada kelamin ketika digunakan untuk berhubungan seksual. Infeksi jamur pada kelamin ini dapat naik dan menginfeksi organ tubuh lainnya. Jika sudah masuk ke aliran darah, maka bahayanya akan lebih fatal. Tak hanya mengalami gejala di sekitar alat kelamin saja, namun juga di organ lainnya yang telah terinfeksi.


Mengobati Infeksi Jamur Pada kelamin

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengobati infeksi jamur pada kelamin, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu apa saja cara yang dapat digunakan untuk mencegah adanya infeksi jamur. Caranya adalah dengan menghindari faktor risiko penyebab infeksi jamur pada kemaluan seperti menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat. Selain itu, menjaga kebersihan diri merupakan hal yang paling penting untuk menghindari berbagai jenis gangguan kesehatan tubuh, termasuk pada alat kelamin. perlu diingat bahwa infeksi yang disebabkan oleh jamur maupun bakteri dapat diatasi dengan menggunakan obat antibiotik. Namun, dalam mengkonsumsi obat ini Anda juga tidak boleh sembarangan. Pasalnya jika mengalami resisten terhadap antibiotik, maka Anda akan kesulitan untuk mengatasi masalah infeksi yang Anda derita.
 
Pengobatan untuk infeksi jamur pada kemaluan dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan di klinik terdekat. Selain menjalani pengobatan dan perawatan dari dokter, Anda juga dapat melakukan berbagai hal yang dapat membantu mengatasi infeksi jamur seperti menjaga kebersihan diri dan alat kelamin dengan baik. Selain itu, kebersihan lingkungan juga perlu diperhatikan karena lingkungan yang kotor dapat memicu munculnya jamur maupun bakteri. Biasakan untuk mencuci tangan sehabis membersihkan alat kelamin serta sebelum makan. Dalam berhubungan seksual juga begitu, bersihkanlah kelamin sehabis dan sebelum berhubungan seksual. Untuk informasi lebih lengkap mengenai infeksi jamur pada kelamin baik pria maupun wanita, silahkan konsultasikan ke Klinik Utama Sentosa dengan dokter kami di nomor 081366657878.