Min12Mei201911:42

Gejala Candidiasis Mulut Dan Cara Mengobatinya

 

Candidiasis mulut merupakan salah satu infeksi yang disebabkan oleh jamur candida yang terdapat pada kulit manusia. Jamur hidup di kulit manusia merupakan hal normal, yang menjadi masalah adalah jika perkembangannya melebihi batas, hal inilah yang menyebabkan infeksi jamur. Jamur candida ini banyak jenisnya, namun yang menyebabkan candidiasis biasanya adalah Candida albicans.

Jamur ini biasanya menginfeksi bagian tubuh sekitar mulut, vagina, rektum, sistem pencernaan, serta bagian tubuh yang bersuhu hangat. Jamur candida ini jika sudah menginfeksi cukup berbahaya karena dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Gangguan kesehatan yang bisa diderita mulai dari candidiasis hingga infeksi saluran kencing. Untuk itu, waspadalah terhadap gejala infeksi jamur candida ini agar dapat mencegah bahaya candidiasis.

Apa Itu Candidiasis Mulut


Candidiasis mulut merupakan akibat dari infeksi jamur candida yang menginfeksi bagian mulut. Ditandai dengan munculnya lesi di dalam mulut terutama di sudut mulut bahkan hingga ke tenggorokan. Jika tidak segera diobati, gejala ini dapat menggangu aktifitas kita terutama yang berkaitan dengan sistem pencernaan. Infeksi candiasis juga bisa menjadi salah satu gejala yang muncul akibat penyakit bahaya lainnya seperti diabetes, HIV, kanker, dan masih banyak lagi.


Gejala Terkena Bakteri Penyebab Candidiasis


Saat jamur candida menginfeksi, umumnya gejala mulai terlihat setelah 2-5 hari setelahnya. Masa inkubasi jamur candidiasis tergolong singkat. Jika sudah menimbulkan gejala seperti lesi, maka biasanya penularan mulai terjadi. Untuk mencegah penularannya, inilah beberapa gejala yang tidak boleh diabaikan dari candidiasis.

Gejala umumnya adalah muncul ruam di sekitar bagian tubuh yang terinfeksi. Ruam ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering, gatal, dan pecah-pecah. Bahkan ada pula yang menimbulkan nanah dan lepuhan di sekitar kulit. Pada candidiasis mulut, ruam yang muncul biasanya di sekitar mulut.

Gejala ruam ini biasanya muncul di bagian lipatan pada tubuh. Untuk candisiasis mulut bisanya ruam muncul di sudut mulut. Begitu pula dengan gejala di bagian tubuh lain seperti sela jari, selangkangan, ketiak, maupun, bagian tepian kuku.

Penyebab dan Faktor Risiko Candisiasis Mulut


Penyebab candidiasis mulut adalah jamur candida, namun ada pula beberapa faktor yang menambah risiko terjadinya infeksi jamur candida ini :

•Kondisi kulit yang lembab

Saat tubuh kita basah dan tidak dikeringkan dengan benar, hal tersebut dapat memicu infeksi jamur candida.

•Lemahnya system kekebalan tubuh

Kurangnya kekebalan tubuh dapat memudahkan jamur menginfeksi dan kondisi ini biasanya dialami oleh ibu yang sedang hamil maupun penderita diabetes.

•Kurangnya menjaga kebersihan

Faktor lainnya yang berpengaruh terhadap candidiasis mulut ini adalah kebersihan diri yang kurang dijaga.

•Kebiasaan yang kurang baik

Kebiasaan seperti jarang mengganti celana dalam juga sebaiknya dihindari agar tidak terinfeksi candidiasis. Hal ini dapat menimbulkan adanya infeksi candidiasis pada vagina.

Penyebab lain yang bisa menyebabkan infeksi candidiasis ini adalah obesitas, menderita penyakit kulit lain, gangguan kelenjar endokrin, menjalani kemoterapi, maupun dalam usia yang lemah seperti masih bayi maupun sudah lanjut usia.


Langkah Pengobatan Candidiasis Mulut

 

Jika mengalami gejala candidiasis mulut, sebaiknya jangan didiamkan terlalu lama, pasalnya penyakit ini dapat menular pada orang yang ada di sekitar kita. Langkah pertama yang bisa Anda ambil jika mengalami gejala seperti di atas adalah berkonsultasi dengan dokter. Baru setelahnya lakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebab gejala yang Anda alami. Untuk konsultasi dan pemeriksaan dapat Anda lakukan dengan dokter kami di Klinik Utama Sentosa.
 
Untuk mendiagnosis penyakit candidiasis mulut, biasanya akan dilakukan pemeriksaan fisik dan beberapa tes lanjutan untuk menemukan metode pengobatan yang tepat. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai infeksi jamur candidiasis, sampaikan keluhan Anda terkait gejala yang Anda alami melalui hotline kami di 081366657878 .