Min30Jun201913:23

Fatal, Inilah Bahaya Penyakit Menular Seksual Jika Diabaikan

 

Bahaya penyakit menular seksual terjadi akibat hobi berganti pasangan seksual, apalagi jika saat berhubungan seksual tidak menggunakan alat pengaman. Pemakaian alat pengaman saja tidak cukup untuk menghindari bahaya yang dapat disebabkan oleh penyakit menular seksual. Jika sudah terinfeksi bakteri maupun virus penyebab penyakit menular seksual, maka akan mulai muncul gejala yang dapat mengganggu kenyamanan.

bahaya penyakit menular seksual
bahaya penyakit menular seksual


Ada beberapa penyakit menular seksual berbahaya yang sebaiknya diwaspadai karena selain menular juga dapat menyebabkan berbagai komplikasi. Komplikasi yang muncul akibat penyakit menular seksual dapat memicu adanya bahaya penyakit menular seksual lainnya yang bahkan dapat menyebabkan kematian. Mari kita kenali beberapa penyakit menular seksual sebelum agar kita dapat mencegah bahayanya.

Jenis-Jenis Penyakit Menular Seksual Berbahaya


Mari kita kenali satu persatu penyebab dari penyakit menular seksual ini, mulai dari yang disebabkan oleh bakteri maupun virus.

• Gonore

Penyakit menular seksual yang satu ini dapat menginfeksi pria maupun wanita. Disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Gejala khas dari penyakit ini adalah keluarnya cairan mirip nanah dari alat kelamin. Makanya gonore juga dikenal sebagai penyakit kencing nanah. Jumlah nanah yang keluar pada gonore aku dan gonore kronis biasanya berbeda. Dan gejala yang dialami oleh wanita dan pria berbeda.

• Sifilis

Disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi hingga kematian jika dibiarkan begitu saja tanpa pengobatan. Ditandai dengan gejala luka ruam yang mirip dengan gejala alergi kulit. Yang paling sering terkena penyakit satu ini adalah wanita. Sama halnya dengan penyakit menular seksual lainnya, sifilis dapat menular melalui hubungan seksual serta dikenal juga dengan penyakit raja singa. Bahaya penyakit menular seksual sifilis jika tidak segera disembuhkan adalah kelumpuhan hingga kematian.



• Herpes Genital

Disebabkan oleh herpes simpleks virus (HSV) tipe 1 dan HSV tipe 2. Herpes genital atau herpes kelamin dapat menular melalui hubungan seksual oral, anal, maupun vaginal. Ditandai dengan adanya luka bintil-bintil kecil yang jika mengering menjadi koreng. Luka ini dapat sembuh dan muncul lagi sewaktu-waktu jika tidak diobati dengan cara yang tepat.

• Kutil kelamin

Salah satu penyakit menular seksual yang tidak kalah berbahaya adalah penyakit kutil kelamin. Ditandai dengan tumbuhnya kutil di sekitar kemaluan. Pada awal munculnya gejala, biasanya jumlah kutilnya baru sedikit, namun semakin lama kutil akan semakin brtambah ukuran maupun jumlahnya. Dapat terjadi pada wanita maupun pria, dan jika terjadi pada wanita, bahaya penyakit menular seksual kutil kelamin diantaranya adalah penularan pada bayi yang dilahirkan. Bahkan dapat memicu terjadinya penyakit kanker serviks dan kanker penis.

bahaya penyakit menular seksual
bahaya penyakit menular seksual

Penyebab Penyakit Menular Seksual


Bahaya penyakit menular seksual dapat disebabkan oleh adanya infeksi virus maupun bakteri. Untuk gonore dan sifilis, keduanya disebabkan oleh bakteri yaitu bakteri Neisseria gonorrhoeae dan bakteri treponema pallidum. Berbeda dengan kutil kelamin dan herpes yang disebabkan oleh virus. Sayangnya, tidak hanya infeksi bakteri dan virus saja yang menjadi penyebab penyakit menular seksual. Ada pula beberapa faktor penyebab yang dapat memicu terjadinya infeksi menular seksual, seperti:

• Melakukan seks bebas.
• Berhubungan intim dengan penderita penyakit menular seksual.
• Sering bergonta-ganti pasangan seksual.
• Berbagi barang yang sama dengan penderita seperti handuk, toilet, maupun pakaian. Penyebab yang satu ini hanya terjadi pada jenis PMS tertentu.


Setiap penyakit menular seksual dapat menular melalui hubungan seksual, untuk itu hindari berhubungan seksual dengan pasangan yang tidak Anda ketahui riwayat aktivitas seksualnya. Namun, bahaya penyakit menular seksual dapat dicegah dengan menghindari penyebab PMS itu sendiri. Sedangkan untuk mencegah komplikasi maupun bahaya penularannya, pilihlah pengobatan yang tepat. Agar tidak salam menggunakan cara untuk menyembuhkan penyakit menular seksual, silahkan datang langsung ke Klinik Utama sentosa dan berkonsultasi dengan dokter kami. Klinik kami juga memiliki layanan konsultasi online yang dapat digunakan untuk menyampaikan keluhan kesehatan yang Anda rasakan lewat nomor 081366657878 .