Min05Mei201916:29

Faktor Penyebab Terjadinya Penyakit Menular Seksual

Penyebab penyakit menular seksual adalah jika Anda pernah melakukan hubungan seksual, Anda mungkin berisiko terinfeksi infeksi menular seksual (IMS). Risiko akan meningkat tertular penyebab penyakit menular seksual jika memiliki pasangan seksual lebih dari satu.
Faktor Penyebab Terjadinya Penyakit Menular Seksual
Faktor Penyebab Terjadinya Penyakit Menular Seksual
Penyakit menular seksual (PMS) merupakan infeksi yang diperoleh dengan melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang telah terinfeksi. Infeksi ini ditularkan dari orang ke orang melalui hubungan seksual. Dapat menular melalui hubungan seks vaginal, anal, atau oral.

Penyebab penyakit menular seksual adalah virus atau bakteri. PMS yang disebabkan oleh virus termasuk herpes genital, Human Papilloma Virus (HPV), dan hepatitis B. PMS yang disebabkan bakteri termasuk penyakit gonore atau kencing nanah, sifilis, dan klamidia.



Bagaimana penyebab penyakit menular seksual menyebar?

Banyak penyakit menular seksual menyebar melalui kontak dengan cairan tubuh yang terinfeksi, seperti cairan vagina, darah, atau air mani. Bakteri atau virus penyebab penyakit menular seksual juga dapat menyebar melalui kontak kulit yang terinfeksi atau selaput lendir, seperti luka pada mulut.

Anda mungkin terpapar cairan tubuh dan kulit yang terinfeksi melalui hubungan seksual vaginal, anal, atau oral. Seks anal berisiko menyebabkan pendarahan. Berbagi jarum suntik untuk penggunaan obat terlarang, tindik telinga, dan tato.

Sebagian besar penyakit menular seksual hanya menyebar melalui kontak langsung dengan orang yang telah terinfeksi. Namun, kutu kelamin dan kudis dapat menyebar melalui kontak pribadi yang dekat dengan orang terinfeksi atau dengan pakaian seperti seprai atau handuk.

Baca Juga: Penyakit kelamin wanita beserta gejalanya! klik disini

Gejala penyakit menular seksual yang harus diketahui

• Gatal sekitar area vagina dan atau keluar cairan dari vagina wanita.
• Debit dari penis.
• Sakit ketika berhubungan seksual atau ketika buang air kecil.
• Nyeri pada area panggul.
• Sakit tenggorokan (orang yang melakukan seks oral).
• Nyeri di dalam atau sekitar anus (orang yang melakukan seks anal).
• Luka (chancre) pada area genital, anus, lidah atau tenggorokan.
• Ruam bersisik pada telapak tangan dan kaki.
• Urin gelap, berwarna muda, dan mata serta kulit yang kuning.
• Lepuh kecil berubah menjadi koreng pada area genital.
• Kelenjar bengkak, demam, serta sakit pada tubuh.
• Infeksi yang tidak biasa, kelelahan.
• Kulit lembut berwarna daging pada daerah genital.



Pengobatan penyakit menular seksual

Tindakan penanganan penyakit menular seksual dilakukan tergantung pada penyebab penyakit menular seksual, konsultasilah dengan dokter untuk mengetahui jenis penyakit dan mengetahui apa yang menjadi penyebabnya. Jangan menunggu untuk dirawat, sebab perawatan sejak dini akan membantu mencegah masalah kesehatan yang serius akibat penyakit menular seksual.

Tidak ada yang bisa Anda lalukan dirumah untuk mengatasi penyakit menular seksual (PMS), termasuk obat rumahan atau obat yang dijual bebas tanpa resep dokter, sebab hal itu tidak terbukti efektif untuk membasmi penyebab penyakit Anda.

Penyakit menular seksuaql dapat disembuhkan tergantung pada jenisnya, konsultasilah dengan dokter untk mendapatkan pengobatan yang aman hingga tuntas.

Simak: Ciri-ciri IMS Pada Pria dan Wanita!

Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit menular seksual (PMS), Andrologi dan Ginekologi, memiliki dokter ahli kelamin terlatih yang sudah berpengalaman dibidangnya dan hingga saat ini sudah banyak membantu mengatasi penyakit kelamin hingga tuntas.

Disini Anda ditangani langsung oleh dokter ahli sehingga Anda tidak perlu khawatir, tenaga medis kesehatan profesional yang selalu berusahan memberikan pelayanan medis terbaik, kesehatan dan kesembuhan penyakit kelamin setiap pasien yang mempercayakan pengobatan pada Klinik Utama Sentosa adalah prioritas kami.

Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait penyebab penyakit menular seksual, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.