Sab02Mar201909:28

Dampak Penyakit Menular Seksual Bagi Kesehatan

Dampak penyakit menular seksual bagi kesehatan akan selalu mengintai para pelakukan hubungan seksual bebas, melakukan hubungan seksual tanpa pengaman seperti kondom, dan sering berganti-ganti pasangan.
Dampak Penyakit Menular Seksual Bagi Kesehatan
Dampak Penyakit Menular Seksual Bagi Kesehatan
Penyakit menular seksual adalah infeksi yang disebabkan bakteri atau infeksi virus yang dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui kontak seksual. Penyakit menular seksual umum dikenal dengan penyakit kelamin.

Bakteri atau virus penyebab penyakit hidup di kulit pada kelamin atau selaput lendir, misalnya dinding vagina. Pasalnya, area genital lembab serta hangat menjadi tempat yang ideal bagi jamur, virus, dan bakteri berkembang biak. Kemungkina, organisme penyebab infeksi terdapat dalam air mani, cairan vagina, atau darah yang mungkin keluar ketika hubungan seksual.




Gejala penyakit menular seksual

Gejala penyakit menular seksual (PMS) beragam dan tergantung jenisnya. Pada umumnya ada yang tidak menimbulkan gejala. Hal ini menyebabkan sulit didiagnosis hingga komplikasi muncul dan serius. Namun, ada beberapa gejala yang harusnya diwaspadai, antara lain:

• Benjolan kulit, luka atau bentol berisi air di alata kelamin atau dubur.
• Sakit ketika buang air kecil.
• Penis atau vagina mengeluarkan cairan tidak normal dan berbau.
• Terjadi pendarahan pada wanita diluar siklus menstruasi.
• Sakit atau neyri ketika melakukan hubungan seksual.
• Pembengkakan pada kelenjar getah bening di selangkangan.
• Nyeri pada perut bagian bawah.
• Demam.

Penting untuk Anda ketahui bahwa gejala penyakit kelamin dapat berbeda pada setiap orang. Beberapa gejala dapat langsung muncul beberapa hari setelah terinfeksi bakteri atau virus penyebab. Maka, jika Anda merasakan ada keanehan yang muncul pada alat kelamin Anda, sebaiknya untuk segera melakukan pemeriksaan agar dampak penyakit menular seksual dapat diminimalisir. Akan lebih baik jika langsung melakukan tes bersama dengan pasangan agar pengobatan lebih efektif.

Simak: Berikut, 5 Penyakit Menular Seksual* Klik Disini

Langkah untuk mencegah penyakit menular seksual

Agar dampak penyakit menular seksual dapat dihindari, sebaiknya untuk melakan pencegahan sejak dini. Beberapa pencegahan penyakit menular seksual yang dapat dilakukan, antara lain:
• Hindari pola hubungan seksual bebas. sebaiknya untuk tidak melakukan kontak seksual dengan berganti-ganti pasangan, dan tidak melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang tidaj jelas diketahui riwayat seksualnya.
• Setia kepada pasangan. Setia kepada pasangan adalah cara terbaik untuk menurunkan risiko penyakit menular seksual. Dengan langkan ini Anda tidak akan mengalami dampak penyakit menular seksual, bahkan sama sekali tidak mengalaminya.
• Gunakan kondom. Kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi yang dapat mencegah penyakit menular seksual (PMS). Meskipun tidak 100 persen efektif, penggunaan kondom tetap penting untuk dilakukan.

Namun, ada kalanya Anda mengalami penyakit kelamin, jika mengalami gejala sebaiknya untuk melakukan tindakan pengobatan, apalagi jika Anda seseorang yang berisiko tinggi mengalami penyakit menular seksual. Beberapa penyakit kelamin dapat disembuhkan, bahkan sembuh permanen dengan pengobatan yang tepat dari dokter ahli.




Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Jika saat ini Anda sedang mengalami penyakit kelamin baik pria atau wanita, segera lakukan pemeriksaan dan kunjungi Klinik Utama Sentosa untuk mencegah dampak penyakit menular seksual terjadi pada Anda.

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin yang memiliki dokter ahli kelamin profesional sehingga Anda tidak perlu khawatir. Kami khusus melayani penyakit menular seksual (PMS), Andrologi dan Ginekologi. Memberikan perawatan medis prima yang didukung peralatan medis modern canggih dan laboratorium steril dengan biaya pengobatan terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut terkait dampak penyakit menular seksual bagi kesehatan, silahkan klik website kami untuk konsultasi, atau hubungi kami di 081366657878 .