Sab05Jan201912:37

Cara Mengobati Penyakit Menular Seksual

Cara mengobati penyakit menular seksual dapat berbeda sesuai dengan jenis infeksi yang sedang terjadi. Penyakit menular seksual atau PMS merupakan infeksi yang umum terjadi pada wanita maupun pria. Penyebab utama penyebaran virus penyebab penyakit menular seksual adalah kontak langsung dengan penderitanya. Selain itu, penularan juga dapat terjadi lewat darah akibat penggunaan jarum suntik secara bergantian.

cara mengobati penyakit menular seksual
cara mengobati penyakit menular seksual

Beberapa Faktor Lain Penularan Infeksi Menular Seksual

Penyebab penyakit menular seksual sangat beragam mulai dari virus, bakteri, parasit, hingga jamur. Tak hanya itu, munculnya masalah pada seksual ini dapat dipicu oleh beberapa faktor risiko. Terdapat banyak faktor risiko yang menyebabkan penyakit menular seksual, antara lain:

• Memiliki lebih dari satu pasangan seksual
• Tidak menggunakan pelindung atau kondom.
• Kebiasan konsumsi obat-obatan terlarang.
• Sering berbagi jarum suntik yang sama.
• Bekerja sebagai pekerja seks komersial.

Penularan peanyakit seksual berpotensi besar terjadi akibat penggunaan mainan seks secara bergantian. Mainan seks ini merupakan salah satu media penyebaran penyakit dari cairan organ kelamin yang terinfeksi dan masih menempel. Risiko penularan penyakit sangat tinggi ketika mainan seks dipakai oleh orang lain tanpa mencucinya terlebih dahulu. Karena itu, untuk terhindar dari penyakit menular seksual maka lakukan kegiatan seks yang aman.

Bagaimana Diagnosis yang Dokter Lakukan?

Diagnosis yang dilakukan dokter guna mengetahui ada tidaknya infeksi akibat penyakit menular seksual adalah melakukan tes laboratorium. Tes atau pemeriksaan ini mampu mengidentifikasikan penyebab, cara mengobati penyakit menular seksual, dan bagaimana penularan dapat terjadi. Pasien akan disarankan untuk menjalani beberapa pemeriksaan, seperti:

• Pemeriksaan darah, dilakukan untuk memastikan hasil diagnosis pada penyakit HIV dan sifilis atau raja singa.

• Pemeriksaan urin, bertujuan untuk mengindikasikan beberapa jenis penyakit menular seksual dari sampel urin.

• Pemeriksaan cairan, berguna untuk mendiagnosis jenis infeksi dengan melakukan tes laboratorium dari cairan luka di daerah kelamin.

Penanganan Tepat Terhadap Penyakit Menular Seksual

Cara terbaik untuk menghindari penularan penyaki menular seksual adalah dengan tidak melakukan hubungan intim bersama sembarang orang. Usahakan selalu menghindari hubungan seksual yang tidak aman dengan menggunakan pelindung atau kondom. Namun, jika gejala sudah mulai terasa maka cara mengobati penyakit menular seksual adalah dengan melakukan perawatan bersama dokter ahli. Dokter biasanya akan meresepkan beberapa obat-obatan, seperti:
 

• Obat antibiotik

Merupakan cara mengobati penyakit menular seksual yang paling efektif. Pemberian obat ini dapat menyembuhkan berbagai infeksi menular seksual akibat bakteri dan parasit, terutama gonore, sifilis, trikomoniasis, dan klamidia.


• Obat antivirus

Salah satu cara mengobati penyakit menular seksual lainnya adalah konsumsi obat antivirus sesuai resep dokter. Obat ini mampu mengurangi risiko terjadinya infeksi atau kekambuhan penyakit. Karena itu, konsumsi obat sebelum terlambat efektif menyembuhkan penyakit lebih cepat.

Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Cara mengobati penyakit menular seksual dapat Anda lakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah klinik kesehetan yang khusus menangani masalah kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan karena didukung oleh tim dokter berpengalaman dan peralatan medis yang canggih serta modern.
 
Selain itu, Anda juga tak perlu khawatir mengenai biaya karena dapat dipastikan terjangkau untuk semua kalangan. Fasilitas unggulan di Klinik Utama Sentosa, yakni konsultasi online sehingga memudahkan pasien untuk mengonsultasikan masalah yang dimiliki. Karena itu, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878. Menunda perawatan hanya akan memperparah kondisi penyakit, segera periksakan kesehatan Anda di Klinik Utama Sentosa.