Jum17Mei201911:40

Cara Mengobati Penyakit Kelamin Secara Tepat

Mengobati penyakit kelamin harus dilakukan dengan tepat sebelum menyebabkan komplikasi lebih parah. Penyakit kelamin bisa diderita oleh pria maupun wanita yang aktif secara seksual. Namun, biasanya penyakit kelamin pada wanita seringkali bersifat asimtomatis yang berarti tanpa gejala. Penyebab utama seseorang terkena penyakit kelamin adalah penyebaran bakteri melalui hubungan seksual tidak aman atau penggunaan jarum suntik tidak steril.
mengobati penyakit kelamin
mengobati penyakit kelamin

Macam Penyakit Kelamin Serta Diagnosisnya

Jika Anda ingin mengetahui cara mengobati penyakit kelamin, gejala harus dikenali terlebih dahulu. Terdapat berbagai jenis penyakit kelamin dan memiliki gejala yang berbeda-beda. Meski gejala yang muncul beragam, beberapa orang terkadang tidak menyadari adanya infeksi karena gejala serupa dengan penyakit lain. Beberapa penyakit kelamin yang umum terjadi beserta gejalanya, antara lain:


• Penyakit klamidia

Klamidia merupakan salah satu penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Gejala yang akan dirasakan penderitanya adalah sakit saat buang air kecil, nyeri pada perut bagian bawah, keluarnya cairan tidak normal dari kemaluan, dan sakit ketika seks.


• Penyakit gonore

Gonore termasuk penyakit kelamin yang umum menyerang mulut, tenggorokan, mata, dan anus. Beberapa gejala yang menandakan adanya infeksi gonore, yakni keluarnya cairan kental seperti nanah dari kemaluan, nyeri serta bengkak pada testis, gatal pada anus, dan nyeri saat berkemih.


• Penyakit trikomonasis

Jika Anda memiliki kebiasaan tidak memakai kondom ketika seks, maka risiko tertular penyakit trikomoniasis akan tinggi. Gejala penyakit, dapat berupa keluar cairan dari organ kelamin, bau menyengat dari kemaluan, sakit ketika senggama, dan gatal atau iritasi pada kemaluan.
 

• Penyakit herpes genital

Penyakit herpes disebabkan oleh virus herpes simpleks yang masuk ke dalam tubuh melalui luka kecil di kulit atau selaput lendir. Penderitanya akan memiliki gejala, berupa sakit atau gatal di sekitar kemaluan dan muncul benjolan kecil atau bisul yang disertai sakit ketika berkemih.
 
Sebelum dokter mengobati penyakit kelamin, diagnosis akan dilakukan dengan menanyakan riwayat seksual yang dimiliki. Setelah itu, barulah pemeriksaan dijalani melalui tes darah dan tes urin. Kedua tes ini berguna untuk mendeteksi virus atau bakteri penyebab penyakit kelamin. Dokter juga akan melakukan tes usap untuk mengambil sampel cairan tubuh yang kemudian diperiksa di laboratorium.

Bagaimana Cara Penyakit Kelamin Diobati?

Jika hasil diagnosis sudah diketahui, beberapa langkah mengobati penyakit kelamin bisa dilakukan menggunakan obat-obatan. Obat yang diberikan pada penderitanya adalah antibiotik, antivirus, dan antijamur. Obat antibiotik berguna untuk mengobati berbagai penyakit kelamin yang disebabkan bakteri. Antivirus bertujuan dalam membantu meredakan gejala dan mengurangui risiko penyebaran. Sementara, antijamur diberikan untuk menyembuhkan penyakit yang diakibatkan oleh jamur. Beberapa tindak pencegahan juga perlu dilakukan, seperti:

• Rutin lakukan vaksinasi, terutama vaksin HPV dan hepatitis B.
• Hindari penggunaan obat-obatan terlarang, serta penggunaan jarum suntik.
• Ketahui riwayat seksual masing-masing pasangan.
• Lakukan pemeriksaan kesehatan seksual secara rutin.


Lakukan Penanganan Bersama Klinik Utama Sentosa

Cara mengobati penyakit kelamin dapat dilakukan setelah berkonsultasi bersama Klinik Utama Sentosa. Anda akan mendapatkan perawatan terbaik karena ditangani oleh dokter ahli berpengalaman serta berkompeten di bidangnya. Selain itu, penanganan juga dilakukan dengan cepat karena dilengkapi dengan peralatan medis yang canggih serta serta menggunakan teknologi modern.
 
Kepuasan serta kenyamanan bisa Anda rasakan selama melakukan perawatan karena Klinik Utama Sentosa mengutamakan pelayanan medis yang optimal. Anda juga bisa melakukan konsultasi online untuk mengetahui penyebab dan cara mengobati penyakit kelamin yang diderita. Tak perlu ragu, segera konsultasikan penyakit yang Anda derita dengan Klinik Utama Sentosa. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Kami di nomor 081366657878.