Sen29Jul201916:36

Cara Menghilangkan Gatal Pada kemaluan

 

Menghilangkan gatal pada kemaluan tidak cukup jika hanya menggunakan obat gatal biasa karena kita harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Gatal di bagian kemaluan bisa jadi hanya gatal biasa, namun bisa juga salah satu gejala penyakit yang berbahaya. Apalagi kemaluan merupakan bagian tubuh dimana virus, jamur, maupun bakteri dengan mudah masuk ke dalam tubuh dan akhirnya menyebar.

menghilangkan gatal pada kemaluan
menghilangkan gatal pada kemaluan


Mengetahui penyebab gatalnya akan lebih baik daripada Anda asal menggunakan obat gatal. Setidaknya Anda tahu bagaimana harus memberikan perawatan dan pengobatan yang tepat agar gejalanya berhenti dan tidak lagi menyebabkan ketidaknyamanan. Mengatasi penyebabnya untuk menghilangkan gatal pada kemaluan jauh lebih efektif daripada Anda menggunakan sembarang obat gatal untuk menghilangkan gatal yang Anda rasakan.

Bagaimana Mengatasi Rasa Gatal?



Rasa gatal pada kemaluan dapat diatasi dengan beberapa langkah. Langkah pertama adalah mengetahui penyebabnya. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan kemaluan gatal, dan untuk mengetahui penyebabnya Anda dapat menyimak daftar penyebab kemaluan yang gatal di bawah ini. Sayangnya dengan mengenali gejala lain yang menyertai gatal pada kemaluan belum cukup untuk memastikan penyebab gatal yang Anda rasakan. Jadi langkah selanjutnya adalah memeriksakan diri ke dokter dan menghilangkan gatal pada kemaluan.

Konsultasi serta pemeriksaan jika diperlukan dapat anda jalani jika ingin mengetahui penyebab rasa gatal pada kemaluan, baru setelah Anda mengetahui penyebabnya, Anda bisa memilih obat yang paling tepat untuk menyembuhkan gejala gatal kemaluan yang Anda alami. Jika penyebabnya merupakan infeksi jamur, maka pengobatan dengan obat jamur mungkin akan cukup. Namun, beda urusannya jika gatal pada kemaluan ternyata disebabkan oleh penyakit yang menular apalagi penyakit menular seksual. Tentunya bukan hanya Anda saja yang terganggu akan gejala gatal pada kemaluan. Orang yang anda tulari juga akan merasakan gejala gatal yang sama mengganggu dan menyebabkan ketidaknyamanan. Untuk menghilangkan gatal pada kemaluan sebaiknya jangan garuk bagian yang gatal. Pasalnya menggaruk dengan jari yang kotor justru berisiko memicu adanya iritasi maupun infeksi lain. Sebelum menggunakan obat untuk mengatasi gatal di kemaluan, mari kita ketahui terlebih dahulu apa saja penyebab kemaluan terasa gatal.

menghilangkan gatal pada kemaluan
menghilangkan gatal pada kemaluan

Apa Saja Penyebab Kemaluan Terasa Gatal?



Mengalami gatal di kemaluan merupakan hal yang sangat mengganggu. Apalagi jika gatalnya muncul saat Anda di tempat umum, tentunya kurang sopan jika kita menggaruk kemaluan begitu saja. Namun, membiarkan rasa gatalnya juga tak kalah menjengkelkan. Dan inilah penyebab dari gejala gatal pada kemaluan yang perlu Anda ketahui untuk bisa menghilangkan gatal pada kemaluan. Penyebab gatal pada kemaluan wanita dan pria bisa saja berbeda, jadi inilah beberapa penyebab gatal pada kemaluan pada pria dan wanita.

Penyebab gatal di kemaluan pria:

• Infeksi jamur, contohnya kurap.
• Penyakit menular seksual seperti penyakit herpes genital, sipilis, gonore, klamidia, maupun trikomoniasis.
• Memakai pakaian dalam yang ketat.
• Reaksi akibat alergi.
• Iritasi.
• Balanitis atau pembengkakan pada penis.
• Dermatitis Kudis.
• Kutu kemaluan.

Sedangkan gatal pada kemaluan wanita dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut ini :

• Tingkat hormon estrogen yang tidak seimbang.
• Pembalut yang kurang cocok.
• Akibat bahan kimia dari sabun maupun produk pembersih tubuh maupun kewanitaan.
• Keputihan.
• Kudis.
• Eksim dan psoriasis.
• Penggunaan deterjen.
• Pemakaian kertas toilet.
• Gangguan psikologis seperti stress dan depresi.
• Pakaian dalam yang ketat dan terbuat dari bahan yang kurang nyaman, contohnya yang tidak dapat menyerap keringat dengan baik. Penyakit menular seksual seperti chlamydia, kutil, dan herpes.

Terkadang gejala gatal yang terjadi pada pria maupun wanita disertai dengan berbagai gejala lainnya. Salah satunya rasa nyeri maupun sakit pada bagian kemaluan. Ketika gejala ini muncul, jangan tunggu hingga gejalanya bertambah parah. Lakukan pemeriksaan ke dokter agar dapat segera diketahui penyebab gatal yang Anda alami pada kemaluan. Selain itu Anda juga dapat segera menghilangkan gatal pada kemaluan dengan cara yang tepat. Mengalami gatal pada kemaluan merupakan hal yang sangat mengganggu. Tak hanya memberikan ketidaknyamanan, namun gejala ini juga dapat mengganggu kehidupan seksual Anda dengan pasangan jika menyebab rasa nyeri ketika berhubungan seksual. Pada perempuan, gejala yang dapat mengiringi gatal pada kemaluan adalah keputihan.

Selain gejala tersebut, gatal di kemaluan bisa saja disebabkan oleh kutu kemaluan. Apa itu kutu kemaluan? Serangga parasit yang menyukai rambut kasar sebagai tempat hidupnya ini dapat hidup di kemaluan kita. Bagian tubuh lain yang ditumbuhi rambut kasar seperti kaki, alis, bulu mata, maupun ketika merupakan tempat yang ideal bagi kutu kemaluan untuk hidup. Dengan menghisap darah pada inangnya, kutu kemaluan tumbuh dan berkembang biak sebelum mulai menular. Penularan kutu kemaluan terjadi dengan kontak seksual yaitu dengan berpindah dari rambut ke rambut. Telur kutu tidak dapat bertahan hidup terlalu lama jika tidak menempel di rambut.


Gatal Kemaluan Karena Penyakit Menular Seksual

Jangan remehkan jika penyebab gatal pada kemaluan adalah penyakit menular seksual. Pasalnya jika penyakit menular telah menginfeksi, maka akan sulit untuk sembuh. Meskipun sembuh, penyakit ini dapat kambuh kembali ketika kekebalan tubuh penderitanya lemah. Lalu penyakit menular apa saja yang dapat menyebabkan gatal pada kemaluan? Ada herpes genital, gonore, klamidia, trikomoniasis, hingga penyakit kutil kelamin yang dapat menginfeksi baik pria maupun wanita. Gejala selain gatal pada kemaluan juga dapat berbeda pada setiap orang. Ada yang disertai dengan rasa sakit dan nyeri di kemaluan, jika ini terjadi maka menghilangkan gatal pada kemaluan harus segera dilakukan.
 
Ada pula yang merasakan penis maupun vagina terasa terbakar ketika digunakan untuk buang air kecil maupun berhubungan seksual. Ketika gejala gatal kemaluan bersamaan muncul dengan gejala yang mirip dengan gejala penyakit menular seksual, maka segeralah kunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Pengobatan untuk menghilangkan gatal pada kemaluan dapat dilakukan di klinik kelamin terdekat.

Mengobati Gatal Pada Kemaluan


Pengobatan penyakit menular seksual dapat dilakukan dengan cara menggunakan metode dan cara yang tepat. Jangan asal menggunakan obat karena obat yang dijual di pasaran belum tentu aman. Terlebih lagi dosis yang tidak sesuai dapat menyebabkan kebal jika gatal pada kemaluan disebabkan oleh virus maupun bakteri. Selain melakukan pengobatan dengan bantuan dokter, Anda juga dapat melakukan berbagai hal yang dapat mencegah sekaligus menghilangkan gatal pada kemaluan yang Anda rasakan. Salah satu caranya adalah dengan menjaga kebersihan tubuh dengan baik terutama kebersihan alat kelamin.


Memakai pakaian yang tidak terlalu tepat juga dapat membantu bagian kemaluan mendapatkan suhu udara yang cukup agar tidak terlalu lembab. Ketika area alat kelamin lembab, maka perkembangan mikroorganisme baik maupun jahat yang berlebih dapat terjadi. Ingat, jika ingin menghilangkan gatal pada kemaluan maka lakukan dengan mendiagnosis penyebabnya terlebih dahulu. Setelah itu lakukan pengobatan dan perawatan tepat di Klinik Utama Sentosa. Kami juga menyediakan konsultasi gratis di layanan hotline di nomor 081366657878 .