Min20Jan201916:47

Cara Mencegah Penyakit Kelamin

Cara mencegah penyakit kelamin paling mudah adalah tidak melakukan hubungan seksual dengan sembarang orang. Orang yang sering bergonta-ganti pasangan seksual serta melakukan hubungan seks sesama jenis berisiko besar terkena penyakit kelamin. Penyakit kelamin atau infeksi menular sekusal bisa muncul tanpa gejala yang jelas. Karena itu, penderitanya terkadang tidak menyadari jika sudah terinfeksi penyakit kelamin.

cara mencegah penyakit kelamin
cara mencegah penyakit kelamin

>>>klik disini untuk melakukan konsultasi<<<

Beberapa Gejala Penyakit Kelamin Secara Umum


Penyakit kelamin dapat diatasi dengan mengurangi faktor risiko yang memicu terjadinya infeksi. Meski lebih sering muncul tanpa gejala yang jelas, penyakit kelamin memiliki ciri umum. Gejala penyakit kelamin secara umum ditandai dengan munculnya benjolan di organ kelamin atau area mulut serta dubur. Beberapa gejala penyakit kelamin lainnya secara umum, dapat berupa:

• Sensasi panas dan nyeri ketika buang air kecil.
• Keluarnya cairan asing dari organ kelamin.
• Merasakan sakit ketika berhubungan seksual.
• Pembengkakan pada kelenjar getah bening.
• Muncul rasa sakit pada perut bagian bawah.
• Terdapat ruam pada kaki dan juga tangan.
• Adanya gejala flu, seperti demam dan lesu.

Penyakit kelamin dapat terjadi pada seseorang yang aktif secara seksual. Karena itu, penyebab utama menularnya infeksi penyebab penyakit kelamin adalah berhubungan seksual, baik secara oral, anal, maupun vaginal. Berbagai jenis penyakit kelamin yang dapat menginfeksi wanita dan pria adalah klamidia, gonore, atau kencing nanah, HIV/AIDS, sifilis, epididimitis, penyakit radang panggul, dan lainnya.

JENIS PENYAKIT KELAMIN WANITA KLIK DISINI*

Cara Tepat Mencegah Infeksi Penyakit Kelamin

Penyakit menular sekual disebabkan oleh virus, bakteri, dan juga parasit. Dalam beberapa kasus, wanita yang menderita penyakit ini bisa mengalami masalah kesehatan lebih parah dibanding pria. Hal ini juga mengakibatkan komplikasi serius jika dialami oleh wanita hamil. Karena itu, untuk menghindarinya maka Anda perlu melakukan beberapa cara mencegah penyakit kelamin, seperti berikut ini.


• Tidak bergonta ganti pasangan seksual

Cara mencegah penyakit kelamin adalah berhubungan seksual dengan satu orang saja atau tidak bergonta ganti pasangan seksual. Selain itu, mengetahui riwayat seksual pasangan masing-masing sangat penting guna menghindari penularan penyakit. Dalam beberapa kondisi, tidak melakukan hubungan seks sama sekali bisa menjadi cara mencegah penyakit kelamin yang efektif.


• Menggunakan pelindung atau kondom

Penggunaan pelindung atau kondom bisa menjadi cara mencegah penyakit kelamin yang paling mudah. Meski tidak melindungi tubuh dari infeksi sepenuhnya, namun bisa mencegah secara efektif jika digunakan dengan benar. Pelindung atau kondom yang paling disarankan adalah jenis lateks karena jarang menyebabkan kebocoran.


• Lakukan vaksinasi dewasa

Cara mencegah penyakit kelamin dapat dilakukan dengan pemberian vaksinasi dewasa. Vaksin bisa diberikan pada beberapa penyakit kelamin, seperti hepatitis B, kutil kelamin, dan juga kanker serviks. Vaksinasi ini direkomendasikan bagi anak perempuan berusia 9 hingga 13 tahun. Namun, bagi wanita berusia di bawah 26 tahun juga perlu mendapatkan vaksin guna mencegah penyakit kanker serviks.
 

• Hindari alkohol dan obat-obatan terlarang

Seseorang yang berada di bawah pengaruh alkohol serta obat-obatan terlarang akan mengakibatkan perilaku seksual menjadi tidak terkontrol. Pengaruh alkohol dalam tubuh dapat meningkatkan risiko untuk melakukan hubungan seksual yang tidak aman. Selain itu, pengguna narkoba suntik juga berpotensi besar terkena penyakit menular seksual.

 

 

Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Penyakit kelamin dapat ditangani dengan mudah bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani masalah kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan karena fasilitas yang lengkap dan peralatan medis berteknologi modern. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.