Jum12Apr201910:04

Cara Menangani Ciri Ciri Penyakit Kelamin Pria


Ciri ciri penyakit kelamin pria dapat terjadi akibat melakukan kegiatan seks yang tidak aman. Kegiatan seksual yang dimaksud adalah vaginal atau organ kelamin, anal atau dubur, dan oral atau mulut. Penularan penyakit kelamin disebabkan oleh bakteri atau virus yang bersarang pada cairan tubuh. Bakteri tersebut dapat berpindah dengan mudah ke orang lain ketika seks maupun melalui permukaan kulit yang terbuka atau luka.
ciri ciri penyakit kelamin pria
ciri ciri penyakit kelamin pria

Gejala atau Tanda Penyakit Kelamin Paling Umum

Gejala atau ciri ciri penyakit kelamin pria tidak selalu tampak jelas sehingga pengobatan sering terlambat dilakukan. Namun, biasanya gejala penyakit kelamin akan muncul lebih parah pada wanita dibandingkan pria. Ciri ciri penyakit kelamin pria terkadang tidak terlihat jelas, tapi dapat diketahui dengan mudah. Beberapa gejala akibat terinfeksi bakteri penyebab penyakit kelamin pada pria, adalah sebagai berikut:


• Perih saat berkemih

Adanya rasa perih atau sakit ketika buang air kecil merupakan salah satu ciri ciri penyakit kelamin pria. Penyakit kelamin yang ditandai dengan gejala ini, di antaranya klamidia, gonore, dan trikomoniasis.


• Keluar cairan asing dari kemaluan

Organ kelamin pria tidak seharusnya mengeluarkan cairan lain saat berejakulasi atau berkemih. Namun, jika cairan asing yang berbau amis atau busuk keluar dari organ kelamin maka menandakan adanya penyakit kelamin, seperti klamidia, gonore, dan trikomoniasis.


• Nyeri ketika seks

Ciri ciri penyakit kelamin pria yang mudah dikenali salah satunya adalah nyeri ketika melakukan hubungan seksual. Selain sakit ketika seks, gejala penyakit kelamin juga ditandai dengan nyeri ketika berejakulasi.


• Muncul luka atau kutil kelamin

Munculnya luka atau kutil kelamin secara tiba-tiba di area genital biasanya menandakan adanya infeksi penyakit kelamin. Beberapa penyakit kelamin tersebut, antara lain herpes genital, HPV, sipilis, dan molloscum contagiosum.
 

Penanganan Tepat Terhadap Penyakit Kelamin

Pengobatan tepat jika muncul ciri ciri penyakit kelamin pria adalah mengonsumsi obat antibiotik serta antivirus sesuai resep dokter. Antibiotik sangat efektis dalam menyembuhkan infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri dan parasit. Sementara antivirus, berguna untuk mengurangi risiko infeksi dan terjadinya kekambuhan penyakit jika dikonsumsi secara teratur setiap hari. Selain mengonsumsi obat, beberapa tindak pencegahan perlu disertai, dengan cara sebagai berikut:


• Setia pada pasangan seksual

Risiko tertular penyakit kelamin dapat berkurang jika Anda tidak bergonta ganti pasangan ketika berhubungan seksual. Selain itu, selama beraktivitas seksual gunakan pelindung atau kondom guna mencegah berpindahnya bakteri penyebab penyakit kelamin ke orang lain.


• Tidak mengonsumsi alkohol

Salah satu bentuk pencegahan terhadap infeksi kelamin adalah tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Hal ini dikarenakan, jika Anda melakukan seks dalam pengaruh alkohol maka berisiko menyebabkan terjadinya perilaku seksual yang tidak aman.


• Lakukan vaksinasi

Cara mencegah penularan penyakit kelamin lainnya, yakni dengan melakukan vaksinasi HPV, terutama bagi wanita. Vaksin HPV ini diketahui telah berhasil menurunkan tingkat risiko pada wanita berusia 14 hingga 24 tahun.
 

Segera Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Ciri ciri penyakit kelamin pria bisa disembuhkan dengan melakukan perawatan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan khusus menangani penyakit kulit dan kelamin yang berada di daerah Jakarta. Klinik ini sudah menjadi kepercayaan banyak orang karena mengutamakan kenyamanan pasien pada setiap perawatannya.
 
Anda akan ditangani langsung oleh dokter ahli yang telah berpengalaman di bidangnya dengan peralatan media yang canggih serta modern. Untuk itu, sebelum penyakit menyebabkan komplikasi serius maka, segera konsultasikan penyakit Anda dengan Klinik Utama Sentosa. Informasi lengkap mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa hubungi hotline kami di nomor 081366657878.