Sen11Mar201916:23

Bintik Pada Kelamin, Indikasi Penyakit Apa?

Bintik pada kelamin harus diwaspadai karena bisa mengindikasikan adanya penyakit menular seksual. Penyebab munculnya bintik pada kelamin ini paling sering terjadi karena melakukan kegiatan seksual yang tidak aman. Bakteri atau virus penyebab penyakit menular seksual akan bersarang pada cairan tubuh yang keluar. Selain hubungan seksual, cairan juga dapat berpindah kepada oirang lain melalui permukaan kulit yang terbuka atau luka.
bintik pada kelamin
bintik pada kelamin

Gejala Penyakit Kelamin Berdasarkan Jenisnya

Selain bintik pada kelamin, gejala penyakit kelamin dapat beragam berdasarkan jenisnya. Gejala biasanya akan muncul lebih parah pada wanita dibandingkan pria. Penyakit menular sesual yangd diderita oleh wanita hamil akan berdampak serius karena bisa mengakibatkan munculnya masalah pada kesehatan bayi dalam kandungan. Beberapa penyakit kelamin yang ditandai dengan bintik pada kelamin, di antaranya:
 

• Herpes genital

Herpes genital merupakan salah satu penyakit kelamin yang disebabkan oleh virus herpes simpleks atau HSV. Penyakit herpes ditandai dengan munculnya bintik pada kelamin yang berwarna kemerahan. Tak hanya pada kelamin, bintik juga bisa tumbuh di buah zakar, paha, bokong, dan juga mulut.


• Sipilis

Bintik pada kelamin merupakan salah satu gejala yang muncul akibat infeksi bakteri Treponema pallidum. Bakteri penyebab penyakit sipilis atau raja singa ini menyebar melalui hubungan seksual tanpa pelindung atau kondom. Gejala lain yang menyertai adalah benjolan berisi cairan, pembengkakan pada kelenjar getah bening, sakit kepala, hingga kelumpuhan.


• Infeksi jamur

Infeksi jamur yang menyebabkan penyakit kelamin bernama Candida ini muncul dengan gejala, berupa bintik pada kemaluan. Infeksi jamur candida ini biasa menginfeksi seseorang karena tidak menjaga kebersihan organ kelamin atau melakukan hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi.


Beberapa Cara Menyembuhkan Penyakit Menular Seksual

Dalam menyembuhkan penyakit kelamin, dokter biasanya menyarankan beberapa perawatan dengan menggunakan antibiotik dan anrivirus. Obat antibiotik paling efektif untuk menyembuhkan berbagai infeksi menular seksual akibat bakteri dan parasit. Sementara, antivirus diberikan pada penderita penyakit kelamin karena mampu mengurangi risiko infeksi dan kekambuhan. Selain mengonsumsi obat, cara ampuh yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit, yakni sebagai berikut:


• Setia pada pasangan

Risiko tertular penyakit kelamin dapat diperkecil jika berhubungan seksual dengan satu orang saja. Selain itu, lakukanlah hubungan seksual yang aman, yakni selalu menggunakan pelindung atau kondom.
 

• Tidak konsumsi alkohol

Mengurangi dan menjauhi konsumsi alkohol menjadi salah satu bentuk pencegahan terhadap penyakit menular seksual. Alkohol dapat mempengaruhi tubuh sehingga risiko melakukan seks yang tidak aman akan meningkat.


• Lakukan vaksinasi

Vaksinasi HPV yang dilakukan sebelun usia aktif secara seksual sangat bagus karena mampu mengurangi risiko menderita penyakit kelamin. Vaksin HPV bisa diberikan pada wanita berumur 14 hingga 24 tahun.


Segera Lakukan Konsultasi di Klinik Utama Sentosa

Untuk menghilangkan bintik pada kelamin, Anda dapat melakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan konsultasi di klinik ini, anda akan mendapatkan perawatan terbaik karena ditangani oleh dokter berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern.
 
Selain itu, klinik ini juga memiliki fasilitas unggulan seperti, layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi, anda dapat mengetahui penyebab penyakit secara pasti serta jenis perawatan yang cocok untuk dilakukan. Penyakit menular sekual pada pria maupun wanita harus segera ditangani sebelum menyebabkan komplikasi yang serius. Untuk itu, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.