Kam28Feb201911:21

Berikut, 5 Penyakit Menular Seksual

Penyakit menular seksual (PMS), kini dikenal dengan infeksi menular seksual (IMS) merupakan penyakit atau infeksi umumnya ditularkan melalui aktivitas hubungan seksual yang tidak sehat. Penyebaran dapat melalui darah, sperma, cairan vagina, atau cairan tubuh lain.
Berikut, 5 Penyakit Menular Seksual
Berikut, 5 Penyakit Menular Seksual
Selain itu, penyebaran tanpa melakukan hubungan seksual dapat terjadi dari ibu penderita penderita penyakit menular seksual kepada bayinya. Baik ketika kehamilan atau proses persalinan, pemakaian jarum suntik yang berulang dan bergantian juga berisko menularkan infeksi.




Mengenal 5 penyakit menular seksual

Gonore atau kencing nanah
Penyakit gonore atau kencing nanah adalah penyakit menular seksual yang disebabkakn infeksi bakteri Neisseria gonorhoea. Beberapa dari penderita penyakit gonore tidak menunjukkan adanya gejala, sehingga sulit diketahui jika dirinya telah terinfeksi. Jika gonore menimbulkan gejala, dapat ditemukan:

Gejala gonore pada pria, antara lain:
• Ujung penis keluar cairan berwarna kuning, putih, atau kehijauan.
• Sakit atau perih ketika buang air kecil.
• Terjadi peradangan pada ujung penis.
• Terkadang muncul rasa sakit pada area buah zakar.

Gejala gonore pada wanita, antara lain:
• Cairan vagina encer berwarna kuning atau kehajauan.
• Frekuensi buang air kecil meningkat.
• Sakit pada perut bagian bawah ketika atau setelah melakukan hubungan seksual.
• Terjadinya pendarahan ketika atau setelah melakukan hubunagn seksual.
• Gatal pada area kelamin.

Gonore atau kencing nanah dapat disembuhkan jika mendapatkan pengobatan yang tepat. Namun, jika gonore tidak diatasi akan menimbulkan komplikasi berupa kemandulan.

Sifilis
Penyakit sifilis atau penyakit raja singa merupakan penyakit yang disebabkan infeksi bakteri Treponema pallidum. Gejala awal munculnya penyakit ini adalah muncul luka atau lesi pada alat kelamin atau mulut. Luka yang muncul tidak terasa sakit, namun sangat mudah menularkan infeksi.

Jika sifilis tidak diatasi, infeksi akan berlanjut pada tahap berikutnya. Pada tahap ini gejala akan muncul berupa demam, nyeri sendi, kerontokan rambut dan sakit kepala. Jika terus dibiarkan, infeksi sifilis dapat bertahan dalam tubuh. Yang perlu diwaspadai, selama masa itu bakteri menyebar ke bagian tubuh yang lain dan menyebabkan kondisi yang serius.

Simak: Jenis Penyakit Kelamin Pria dan Penanganannya* Klik Disini

Herpes Genital
Herpes genital merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan virus herpes simpleks (HSV). Gejala penyakit ini muncul beberapa hari setelah terinfeksi. Luka meleouh berwarna kemerahan dan rasa sakit pada area genital.

Diagnosis herpes genital dilakukan mengambil sampel cairan dari luka dengan melakukan tes darah. Jika mengalami penyakit ini, sebaiknya untuk segera melakukan pemeriksaan agar dapat ditangani sejak dini untuk memperkecil risiko atau bahaya yang akan terjadi jika penyakit semakin parah.

Kutil Kelamin
Kutil kelamin atau disebut jengger ayam adalah penyakit menular seksual yang disebabkan virus Humaan papilloma virus (HPV). Terdapat beberapa tipe HPV yang bisa menyerang alat kelamin, namun sebagian besar kutil kelamin disebabkan infeksi HPV tipe 6 dan tipe 11.

Umumnya kutil kelamin muncul dengan rasa gatal, merah dan terkadang berdarah. Pada beberapa penderita kutil kelamin, kutil dapat tumbuh tunggal, dan sebagian tumbuh bergerombol terlihat seperti bentuk kembang kol.

Kutu Rambut Kemaluan
Kutu kelamin adalah serangga parasit kecil hidup pada rambut kelamin. gejala utama yang terjadi berupa rasa gatal pada area yang terinfeksi, akibatnya terjadi peradangan atau iritasi. Jika gejala seperti ini muncul sebaiknya untuk tidak melakukan hubungan seksual agar pasangan tidak tertular.




Konsultasikan keluhan Anda pada klinik Utama Sentosa

Tahukah Anda bahwa nfeksi menular seksual dapat disembuhkan dengan pengobatan yang tepat, terlebih jika gejala awal terdeteksi sejak dini. Maka jika saat ini sedang mengalami gejala penyakit menular seksual, atau bahkan Anda seseorang yang berisiko mengalami infeksi menular seksual, lakukan pemeriksaan sejak dini.

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin yang akan membantu mengatasi penyakit kelamin Anda, kami memiliki dokter ahli kelamin profesional sehingga Anda tidak perlu khawatir. Kami memberikan perawatan medis prima, di dukung peralatan medis modern canggih dan laboratorium yang steril.

Penyakit kelamin bukan suatu penyakit yang dapat dianggap remeh, sebab bahaya penyakit kelamin akan selalu mengintai Anda yang dapat menimbulkan bahaya yang serius bagi kesehatan organ kelamin Anda.

Untuk informasi lebih lanjut terkait penyakit menular seksual yang mungkin saat ini Anda alami, silahkan hubungi kami di 081366657878.