Rab15Mei201914:56

Benjolan Di Alat Kelamin Pria, Apa Penyebabnya?

Beberapa penyebab benjolan di alat kelamin dapat disebabkan infeksi menular seksual. Tahukah Anda bahwa Herpes simplex 2 (HSV-2) adalah penyakit menular seksual (PMS) yang paling umum sebagai penyebab benjolan di alat kelamin atau sekitar penis.
Benjolan Di Alat Kelamin Pria, Apa Penyebabnya?
Benjolan Di Alat Kelamin Pria, Apa Penyebabnya?
Menemukan benjolan yang tidak terduga dimana saja di area tubuh bisa menjadi suatu hal yang mengerikan, namun benjolan kecil itu memutuskan untuk muncul pada alat kelamin, hal ini terasa menjadi seperti pukulan ganda dan perasaan tidak enak.

Kabar baiknya untuk Anda adalah banyak penyebab benjolan di alat kelamin pria yang muncul mudah untuk diobati jika Anda mendapatkan penanganan yang tepat. Namun, ini ide yang baik bagi Anda untuk mencari bantuan tenaga medis kesehatan untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dibandingkan Anda melakukan tindakan pengobatan sembarangan pada alat kelamin.



Beberapa penyebab benjolan di alat kelamin pria

1. Kutil kelamin (Condiloma Acuminata)
Kutil kelamin merupakan pertumbuhan kecil atau benjolan yang dapat muncul pada batang dan terkadang tumbuh di kepala penis, atau di bawah kulit khatan. Penyebab kutil kelamin adalah infeksi Human Papilloma Virus (HPV) yang merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS). Kutil kelamin dapat tumbuh tunggal atau berkelompok, ukuran kecil atau besar, selain tumbuh di area penis, kutil kelamin dapat muncul di skrotum atau anus.

2. Sifilis (raja singa)
Penyebab benjolan di alat kelamin pria selanjutnya adalah infeksi menular seksual sifilis yang menyebabkan sakit atau borok pada penis. Sifilis merupakan infeksi bakteri Treponem pallidum yang menular melalui hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi. Penting bagi Anda untuk di tes dan diobati sejak dini terutama bagi Anda yang berisiko tinggi, sebab itu tidak akan hilang dengan sendirinya. Sifilis yang tidak dirawat dapat menyebabkan masalah yang serius hingga kematian.

3. Herpes genital
Infeksi menular seksual ini disebabkan virus herpes simpleks yang dapat menyebabkan lecet yang terasa menyakitkan pada penis, selain menular melalui hubungan seks, juga dapat menular melalui air liur atau seks oral.

Baca Juga: PMS Pada Pria Dan Cara Menyembuhkannya! Klik Disini

Kapan saya harus menemui dokter?

Akan lebih baik jika Anda segera menemui dokter jika melihat adanya benjolan atau bercak yang tidak biasa pada penis, terutama setelah melakukan hubungan seksual tanpa kondom atau setelah melakukan hubungan seksual pasangan baru. Gejala lain yang harus diperiksa dokter, termasuk:

• Sakit ketika ereksi atau ejakulasi.
• Rasa seperti terbakar ketika buang air kecil.
• Buang air kecil lebih sering dari biasanya.
• Keluar cairan yang tidak biasa atau bahkan berbau busuk dari ujung penis.
• Cairan berwarna atau berbau tidak sedap.
• Luka terbuka yang pecah dan berdarah.
• Penurunan berat badan yang tidak normal.

Satu-satunya cara untuk melindungi diri dari infeksi menular seksual (IMS) adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual bebas, hindari hubungan seksual tanpa pelindung, dan yang terpenting jika muncul sesuatu yang tidak biasa pada alat kelamin, segera konsultasikan diri Anda pada ahlinya dibandingkan Anda mengkonsumsi obat yang dijual bebas.



Muncul benjolan di alat kelamin? konsultasikan pada Klinik Utama Sentosa

Untuk mendapatkan pengobatan yang aman hingga tuntas, perawatan yang tepat adalah dengan membasmi virus atau bakteri penyebab benjolan di alat kelamin, itu sebabnya tidak ada yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengatasinya.

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit menular seksual (PMS), Andrologi, dan Ginekologi. Memiliki dokter ahli kelamin terlatih yang sudah banyak membantu menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas, sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait penyebab benjolan di alat kelamin pria, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.