Kam11Apr201910:13

Benarkah Penyebab Kandidiasis Paling Utama Jamur?

Penyebab kandidiasis paling utama adalah jamur Candida yang biasanya tidak berbahaya. Beberapa jenis jamur atau fungi dapat membantu kulit untuk melakukan fungsinya. Namun, jika jamur tersebut berkembang biak tak terkontrol maka bisa mengakibatkan terjadinya infeksi. Gejala kandidiasis akan muncul di sekitar organ kelamin dan mulut. Tak hanya itu, bagian tubuh lain juga bisa terinfeksi, seperti kuku, esophagus, daerah sekitar anus, dan saluran pencernaan.
penyebab kandidiasis
penyebab kandidiasis

Penyebab Penyakit Kandidiasis Serta Faktor Risiko

Kandidiasis bisa terjadi dikarenakan jamur Candida yang terdapat pada kulit berkembang biak tanpa terkendali. Jika dibiarkan dan tidak segera ditangani akan mengakibatkan infeksi lebih parah. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi jamur Candida adalah usia, sistem kekebalan tubuh yang lemah, memiliki penyakit kronis, dan mengonsumsi obat-obatan tertentu. Selain itu, penyebab kandidiasis bisa juga dipicu oleh beberapa hal, seperti:


• Sedang menjalani pengobatan kemoterapi atau terapi radiasi.
• Memiliki riwayat penyakit diabetes yang tidak terkendali.
• Mengalami kondisi yang mengakibatkan mulut menjadi kering.
• Wanita dengan kadar hormon estrogen yang cukup tinggi.
• Memiliki kebiasaan buruk, seperti tidak menjaga kebersihan mulut.
• Menderita sindrom cushing atau gangguan pada kelenjar endokrin.
• Mengenakan pakaian ketat atau jarang mengganti celana dalam.

Penyebab kandidiasis ini akan memunculkan gejala yang berbeda-beda tergantung pada lokasinya. Gejala umum yang sering muncul, yakni ruam pada kulit, adanya rasa gatal, pecah-pecah, dan kering. Beberapa gejala penyakit kandidiasis pada mulut ditandai dengan adanya rasa sakit ketika menelan, kemerahan atau nyeri pada mulut serta tenggorokan. Sementara itu, gejala yang akan dirasakan jika menderita kandidiasis vaginalis adalah gatal berlebihan di dalam kemaluan, tidak nyaman ketika berhubungan seksual, dan keluarnya keputihan tidak normal.

Bagaimana Cara Mengobati Infeksi Kandidiasis

Penyebab kandidiasis ini dapat dicegah dengan selalu menjaga kebersihan pribadi dengan baik serta mengubah pola hidup. Beberapa pola hidup sehat yang bisa Anda terapkan guna mencegah terjadinya infeksi kandidiasis, adalah sebagai berikut:


• Segera ganti pakaian yang sudah terasa lembap.
• Kenakan pakaian longgar dan tidak terlalu ketat.
• Konsumsi obat antibiotik secara teratur.
• Bersihkan area kulit yang terinfeksi Candida.
• Sering mengganti kaos kaki dan pakaian dalam.

Jika infeksi kandidiasis sudah semakin parah, maka cara terbaik yang bisa dilakukan adalah berkonsultasi bersama dokter. Biasanya, dokter akan memberikan obat antijamur berbentuk krim untuk dioleskan pada kulit yang terinfeksi. Pemberian obat ini bertujuan untuk menghambat penyebaran infeksi serta membunuh jamur candida. Namun, jika infeksi sudah menyerang seluruh tubuh, dapat diberikan obat-obatan dalam bentuk oral atau minum.


Segera Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Penyebab kandidiasis bisa diketahui setelah berkonsultasi bersama dengan dokter ahli berpengalaman di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit berlangsung dengan cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis yang canggih dan berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa menjadi pilihan banyak orang untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan kelamin karena didukung oleh fasilitas yang lengkap. Salah fasilitas unggulan yang dimiliki klinik ini, yakni layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi, pasien dapat mengetahui penyebab kandidiasis secara pasti dan jenis perawatan yang cocok untuk dilakukan. Informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.