Sab09Feb201915:11

Bahayakah Mengabaikan Gejala Trikomoniasis?

Gejala trikomoniasis sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan tepat. Trikomoniasis merupakan salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan infeksi bakteri bernama Trichomonas vaginalis. Penyakit ini dapat diderita oleh wanita maupun pria yang aktif secara seksual. Infeksi penyebab trikomoniasis tidak fatal namun dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak segera ditangani.

gejala trikomoniasis
gejala trikomoniasis

Apa Saja Gejala Trikomoniasis Secara Umum?

Pada wanita, gejala trikomoniasis secara umum seperti keluarnya cairan tidak normal dari organ kelamin, muncul bau dari sekitar kemaluan, adanya rasa gatal, pembengkakan pada organ genital. Sementara, gejala trikomoniasis pada pria menyebabkan munculnya rasa sakit dan panas ketika buang air kecil.
 
Gejala trikomoniasis pada wanita akan berdampak pada organ kelamin dan saluran urin atau uretra. Sementara pada pria, gejala trikomoniasis akan menyerang uretra, kulup kelamin, dan kelenjar prostat. Pada wanita dan pria, gejala penyakit trikomoniasis dapat muncul berbeda-beda. Beberapa perbedaan gejala trikomoniasis antara pria dan wanita, adalah sebagai berikut:



• Pada wanita
 
Wanita yang menderita penyakit trikomoniasis akan mengalami sakit pada perut bagian bawah, ketidaknyamanan ketika melakukan hubungan seksual, keluarnya cairan keputihan tidak normal, serta merasakan sakit atau nyeri pada area kewanitaan.
 

• Pada pria

Gejala penyakit trikomoniasis pada pria ditandai dengan keluarnya cairan putih dari organ kelamin. Selain itu, rasa sakit juga akan dirasakan ketika buang air kecil dan saat ejakulasi. Hal ini dikarenakan oleh adanya pembengkakan pada organ genital pria.


Bahaya Trikomoniasis dan Cara Pencegahannya


Bahaya atau komplikasi trikomoniasis dapat terjadi jika tidak ditangani dengan tepat. Pada wanita hamil, penyakit trikomoniasis dapat menular pada bayi yang dikandungnya. Bayi yang lahir dan telah terinfeksi bakteri trikomoniasis berisiko lahir dengan prematur atau berat badan kurang dari normal. Untuk menghindari komplikasi penyakit, pencegahan yang dapat dilakukan, antara lain:

• Setia pada pasangan

Salah satu cara mencegah infeksi penyakit trikomoniasis adalah dengan setia pada satu pasangan seksual. Karena itu, usahakan untuk tidak bergonta ganti pasangan untuk menghindari risiko penularan bakteri penyebab penyakit menular.

• Gunakan pelindung atau kondom

Menggunakan pelindung itu kondom ketika melakukan hubungan seksual merupakan cara yang tepat untuk melindungi diri dari penularan bakteri. Anda dan pasangan juga harus menghindari penggunaan mainan seks secara bergantian.

• Komunikasikan dengan pasangan

Berkomunikasi dengan pasangan mengenai riwayat penyakit seksual merupakan cara yang tepat untuk mencegah penularan bakteri trikomoniasis. Jika sudah merasa terinfeksi segera hubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

• Batasi kontak seksual

Anda dan pasangan juga harus melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi adanya penyakit trikomoniasis dalam tubuh. Jika salah satu memiliki gejala penyakit trikomoniasis, maka hindari atau batasi kontak seksual agar bakteri tidak menyebar lebih luas.



Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Cara menangani penyakit trikomoniasis adalah dengan melakukan Konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik spesialis yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, berbagai keuntungan bisa anda dapatkan, seperti layanan konsultasi online.
 
Melalui konsultasi, Anda dapat mengetahui penyebab penyakit serta jenis penanganan yang dapat dilakukan. Proses penyembuhan akan berjalan dengan cepat karena klinik ini telah menggunakan peralatan medis yang canggih serta berteknologi modern. Informasi lebih lanjut penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa segera menghubungi online Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.