Sel19Mar201913:09

Bahaya Penyakit Kelamin yang Dibiarkan

Bahaya penyakit kelamin sangat bervariasi dari yang paling ringan hingga paling berat. Penyakit kelamin bisa dialami oleh wanita maupun pria yang aktif secara seksual. Penyebab penyakit kelamin adalah infeksi bakteri atau virus yang biasanya bersarang pada cairan tubuh. Perpindahan bakteri ini dapat terjadi ketika melakukan hubungan seksual tanpa pelindung atau kondom dan juga melalui permukaan kulit yang terbuka atau luka.
bahaya penyakit kelamin
bahaya penyakit kelamin

Beberapa Komplikasi Berdasarkan Jenis Penyakitnya

Komplikasi atau bahaya penyakit kelamin berisiko tinggi terjadi jika Anda memiliki kebiasaan bergonta ganti pasangan seksual. Untuk menghindari bahaya penyakit kelamin, hindari berbagai faktor pemicunya dan lakukan pencegahan, seperti menggunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seksual. Sebagian besar wanita yang menderita penyakit kelamin akan mengalami radang panggul karena infeksi mneyebar ke organ reproduksi. Selain itu, bahaya penyakit kelamin bisa berbeda-beda berdasarkan jenisnya, seperti:

• Human papillomavirus atau HPV

Bahaya penyakit kelamin yang disebabkan oleh human papillomavirus, dapat berupa infeksi kulit sekunder atau jaringan parut. Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor, seperti penggunaan obat topikal serta tindakan bedah untuk kutil kelamin. Komplikasi atau bahaya penyakit kelamin jenis ini adalah papillomatosis pernapasan pada bayi yang ditularkan melalui proses persalinan dan berbagai penyakit kanker.


• Herpes simpleks virus atau HSV

Komplikasi dari penyakit kelamin yang kerap ditemukan akibat virus HSV, yakni infeksi kulit sekunder. Infeksi biasanya terjadi akibat menggaruk kulit yang terinfeksi secara terus menerus. Pada wanita hamil, infeksi virus herpes bisa menyebabkan banyak komplikasi, di antaranya keguguran, persalinan dini, serta bayi lahir secara prematur. Dalam beberapa kasus, komplikasi yang terjadi pada janin dapat menyebar ke otak dan sistem saraf.
 

• Human immunodeficiensy virus stau HIV

Penyakit HIV yang menyerang sistem kekbalan tubuh ini sering mengakibatkan munculnya komplikasi, yakni infeksi. Jika penyakit sudah sampai pada tahap akhir, komplikasi yang mungkin terjadi adalah infeksi oportunistik, terutama pada paru-paru, otak, serta menimbulkan kanker yang dalam waktu singkat akan berakibat fatal.


Penanganan Tepat Terhadap Penyakit Kelamin

Perawatan terbaik yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan infeksi penyakit kelamin adalah mengonsumsi obat antibiotik dan antivirus. Obat antibiotik merupakan cara paling efektif untuk menyembuhkan infeksi menular seksual akibat bakteri dan parasit. Sementara antivirus dapat membantu mengurangi risiko infeksi atau kekambuhan jika dikonsumsi secara rutin sesuai resep dokter. Untuk mendapatkan kesembuhan maksimal, beberapa langkah pencegahan perlu dilakukan, seperti:
 
• Setia pada satu pasangan seksual saja.
• Tidak mengonsumsi minuman yang beralkohol.
• Segera lakukan vaksinasi terhadap HPV, terutama wanita.
• Selalu gunakan pelindung atau kondom saat berhubungan intim.
• Jaga kebersihan kemaluan sebelum atau sesudah berhubungan seks.


Konsultasikan Segera Bersama Klinik Utama Sentosa

Bahaya penyakit kelamin bisa Anda ketahui jika berkonsultasi dengan dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di wilayah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, proses penyembuhan berlangsung cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan biaya sehingga pasien tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan untuk perawatan maupun pemeriksaan rutin. Sebelum melakukan penanganan, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu secara online dan gratis. Konsultasi ini bertujuan untuk mengetahui penyebab penyakit lebih lengkap serta jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.