Sel12Feb201913:10

Bagaimana Penularan Kandidiasis Paling Mudah?

Penularan kandidiasis biasanya terjadi melalui kontak seksual sehingga penyakit ini termasuk infeksi menular seksual. Kandidiasis disebabkan oleh infeksi jamur Candida yang biasa hidup di kulit manusia. Bagian tubuh manusia yang paling sering mengalami infeksi akibat jamur ini adalah mulut dan sekitar organ intim. Selain itu, infeksi juga dapat menyerang kuku, esophagus, saluran pencernaan, dan daerah di sekitar anus.

penularan kandidiasis
penularan kandidiasis

Gejala serta Penyebab Penyakit Kandidiasis

Jika penularan kandidiasis terjadi, gejala dapat terlihat namun muncul berbeda-beda tergantung lokasi infeksinya. Gejala yang paling umum muncul adalah ruam pada kulit. Ruam akibat infeksi jamur Candida ini menyebabkan kulit menjadi gatal, pecah-pecah, dan kering. Selain itu, penyakit kandidiasis dapat menimbulkan adanya lepuhan dan nanah pada kulit yang terinfeksi. Gejala ini biasanya terjadi di daerah lipatan kulit, seperti ketiak, selangkangan, sela jari, dan bawah payudara. Perbedaan gejala penyakit kandidiasis yang perlu Anda ketahui, antara lain:



• Kandidiasis mulut
 
Penularan kandidiasis dapat terjadi di mulut sehingga menyebabkan munculnya jenis kandidiasis mulut. Gejala umum yang akan terlihat, meliputi bintik berwarna putih di dalam mulut dan lidah, kulit di sudut mulut mengalami pecah-pecah, dan adanya kemerahan pada rongga mulut. Selain itu, gejala lain yang akan dirasakan penderitanya adalah mengalami kesulitan ketika akan menelan makanan.

• Kandidiasis organ kelamin
 
Kandidiasis merupakan penyebab utama adanya iritasi pada organ kelamin wanita. Seorang pria juga dapat menderita penyakit ini, terutama yang belum melakukan sunat. Pada wanita, gejala yang akan dirasakan, dapat berupa gatal luar biasa di sekitar kemaluan, timbul kemerahan serta perih pada sekeliling organ intim, dan keputihan tidak normal. Gejala pada penderita pria ditandai dengan ruam merah di kelamin, gatal, dan sensasi terbakar di ujung kelamin.
 
Pada dasarnya, jamur memang sudah ada di permukaan kulit dan tidak berbahaya. Namun, jika sudah berkembang biak secara berlebihan terutama pada tubuh yang lembap, maka akan memicu adanya infeksi. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi dan menyebabkan penularan kandidiasis lebih mudah, antara lain:

• Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.
• Sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.
• Wanita yang memiliki kadar estrogen tinggi.
• Memiliki riwayat penyakit kronis, seperti diabetes.
• Seseorang yang aktif secara seksual sejak muda.
• Sedang menjalani kemoterapi atau terapi radiasi kanker.
• Memiliki kebiasaan tidak menjaga kebersihan tubuh dengan baik.
• Sering menggunakan pakaian yang telalu ketat.
• Kulit yang lembap akibat tidak dikeringkan dengan benar.


Bagaimana Penanganan yang Dapat Dilakukan?

Pengobatan untuk menghindari penularan kandidiasis adalah dengan menggunakan obat topikal antijamur berbentuk krim. Obat ini dioleskan pada kulit yang terinfeksi guna menghambat penyebaran infeksi serta membunuh jamur Candida. Namun, jika infeksi sudah berkembang hingga menyerang seluruh tubuh, maka pemberian obat antijamur dalam bentuk oral dapat dilakukan. Selain penanganan dengan obat, beberapa tindak pencegahan juga diperlukan untuk mendapatkan kesembuhan maksimal, yakni:

• Rutin mengganti kaos kaki serta pakaian dalam.
• Ganti pakaian yang telah lembab dengan segera.
• Mengenakan pakaian yang longgar atau tidak ketat.
• Menjaga kadar gula darah dalam tubuh.
• Konsumsi antibiotik sesuai resep dokter.
• Bersihkan area kulit yang terinfeksi dengan teratur.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Untuk mengetahui penularan kandidiasis, Anda perlu melakukan konsultasi bersama dokter di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Klinik telah menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern sehingga proses penyembuhan dapat berjalan dengan cepat.
 
Tak hanya itu, Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan pada pasien dengan biaya perawatan yang terjangkau. Pasien juga akan merasakan kepuasaan karena pelayanan kesehatan diberikan secara maksimal. Anda dapat melakukan konsultasi secara online dengan staf medis ahli di bidangnya sebelum memutuskan untuk berobat. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.