Sab02Feb201914:01

Bagaimana Cara Penularan Trikomoniasis?

Cara penularan trikonomiasis umumnya terjadi melalui hubungan seksual yang tidak aman. Trikomoniasis merupakan salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit bernama Trichomonas vaginalis. Penyakit ini dapat menyerang baik wanita maupun pria yang aktif secara seksual. Meski tidak menyebabkan infeksi fatal, namun komplikasi dapat muncul berupa ketidaksuburan dan infeksi pada jaringan kulit organ kelamin wanita.

cara penularan trikomoniasis
cara penularan trikomoniasis


Gejala Umum Penyakit Trikomoniasis


Infeksi trikomoniasis yang terjadi pada wanita akan berdampak pada organ kelamin dan saluran pembuangan urin atau uretra. Gejala umum yang dirasakan oleh wanita, dapat berupa bau tidak sedap pada organ kelamin, keluarnya cairan asing berwarna kehijauan, rasa gatal serta bengkak pada kemaluan, sakit ketika melakukan hubungan seksual, dan nyeri saat buang air kecil. Beberapa gejala lain yang dirasakan penderita wanita, antara lain:

• Adanya rasa sakit pada perut bagian bawah.
• Keluarnya cairan keputihan yang tidak normal.
• Timbul rasa gatal di paha bagian dalam.



Sementara jika parasit menginfeksi pria, biasanya dapat menyerang uretra, area sekitar kelamin dan kelenjar prostat. Gejala yang dirasakan penderita pria secara umum tidak jauh berbeda. Beberapa gejala penyakit trikomoniasis pada pria, meliputi keinginan buang air kecil meningkat, keluarnya cairan putih dari organ kelamin, dan terasa sakit atau nyeri ketika buang air kecil serta saat ejakulasi.

Gejala trikomoniasis dapat dialami baik pada wanita maupun pria karena adanya faktor risiko yang memicu. Risiko infeksi trikomoniasis akan meningkat jika seseorang melakukan hubungan seksual tanpa pelindung atau kondom, sering bergonta ganti pasangan seksual, pernah mengalami trikomoniasis sebelumnya, dan memiliki riwayat penyakit menular seksual.

APA BAHAYA TRICHOMONAS JIKA TAK DITANGANI* 

Penanganan Terhadap Penularan Trikomoniasis

Selain melalui hubungan seksual, cara penularan trikomoniasis bisa juga lewat penggunaan mainan seks yang telah terkontaminasi dan saat masa kehamilan. Cara penularan trikomoniasis dari wanita hamil kepada bayi dalam kandungannya akan mengakibatkan kelahiran bayi secara prematur dan memiliki berat badan yang ringan. Beberapa cara penularan trikomoniasis ini dapat dihindari dengan mengurangi risiko infeksi, seperti:

• Setia pada satu pasangan seksual saja.
• Gunakan selalu pelindung atau kondom saat berhubungan seksual.
• Pastikan mainan seks bersih dan steril sebelum digunakan.
• Lakukan pemeriksaan rutin dengan dokter jika terinfeksi.
• Pastikan pasangan memeriksakan kesehatan guna mencegah penularan.

Cara penularan trikomoniasis melalui hubungan seks yang tidak aman dapat ditangani dengan mengonsumsi antibiotik sesuai resep dokter. Antibiotik diberikan pada penderita trikomoniasis guna mengurangi rasa sakit akibat infeksi yang terjadi. Pemberian obat ini terkadang menimbulkan efek samping, seperti mual, muntah, diare, kram di daerah perut, dan rasa logam di dalam mulut.
 
Karena itu, penanganan secara mandiri harus dilakukan guna menghindari komplikasi lebih serius, yakni seperti menghindari konsumsi alkohol, tidak melakukan hubungan seksual sebelum dinyatakan sembuh, tidak menggunakan pembersih organ kelamin yang mengandung bahan kimia tinggi, dan pastikan organ kelamin bebas dari parasit serta bakteri sebelum melakukan hubungan seksual.



Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Untuk mengetahui cara penularan trikomoniasis, Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Anda akan mendapatkan perawatan terbaik karena klinik ini menggunakan peralatan medis yang telah canggih dan modern.
 
Klinik Utama Sentosa berlokasi sangat strategis sehingga memudahkan pasien baru yang ingin melakukan perawatan penyakitnya. Tak hanya itu, klinik ini juga memberikan keringanan biaya terhadap biaya penanganan jadi Anda tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.