Kam07Feb201912:56

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Menular Seksual?

Cara mencegah penyakit menular seksual adalah menghindari hubungan seksual dengan orang yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan penyakit menular seksual didapat melalui penetrasi seks tanpa pelindung atau kondom. Perlu diketahui, infeksi penyakit ini bisa berpindah secara tidak langsung, seperti pegangan tangga, gagang pintu, serta keran air yang terdapat di tempat umum. Karena itu, usahakan untuk selalu mencuci tangan setelah berpergian ke luar rumah.
cara mencegah penyakit menular seksual
cara mencegah penyakit menular seksual

Gejala Umum Pada Penyakit Menular Seksual


Meski beberapa penyakit menular seksual tidak menunjukkan gejala yang pasti, terdapat tanda umum yang patut diwaspadai jika muncul saat berhubungan seksual. Salah satunya adalah pendarahan pada organ kelamin ketika atau setelah melakukan hubungan seks. Jika pendarahan terjadi dalam keadaan sehat, maka hal ini bisa diakibatkan karena adanya gesekan atau kurang pelumas. Gejala lain yang muncul karena infeksi menular seksual, antara lain:


• Mengalami mual, muntah, serta pusing.
• Terjadi perubahan pada warna urin.
• Adanya rasa sakit ketika buang air kecil.
• Keluarnya cairan dari organ kelamin.
• Muncul kutil atau memar di sekitar kemaluan.
• Sakit pada panggul atau perut bagian bawah.

Karena itu, untuk mengetahui gejala serta ada tidaknya infeksi pada organ kelamin maka tes laboratorium perlu dilakukan. Pemeriksaan bersama dokter melalui tes laboratorium ini mampu mengindentifikasi penyebab serta mendeteksi masalah utama yang menyebabkan penularan penyakit. Beberapa tes atau pemeriksaan lain yang berguna untuk memperkuat hasil diagnosis, meliputi:

• Tes darah, bertujuan untuk memastikan diagnosis penyakit seksual.
• Tes urin, berguna untuk memastikan jenis infeksi yang diderita.
• Tes sampel cairan, bertujuan untuk mendiagnosis jenis infeksi.

JENIS PENYAKIT MENULAR SEKSUAL YANG PERLU DIKETAHUI*

Apa Pencegahan Tepat yang Dapat Dilakukan?


Cara mencegah penyakit menular seksual yang paling ampuh adalah tidak berhubungan seksual, baik secara oral, anal, maupun vaginal. Anda juga harus setia pada satu pasangan saja guna mengurangi risiko penularan infeksi. Selain itu, beberapa cara mencegah penyakit menular seksual baik pria maupun wanita, adalah sebagai berikut:

• Tidak mengonsumsi alkohol

Menjauhi alkohol termasuk salah satu cara mencegah penyakit menular seksual. Seseorang yang berada dalam pengaruh alkohol berisiko tinggi melakukan hubungan seksual yang tidak aman. Karena itu, hindari konsumsi alkohol sebelum berhubungan seks.

• Gunakan pelindung atau kondom

Cara mencegah penyakit menular seksual bisa dilakukan dengan selalu menggunakan kondom ketika berhubungan seksual. Beberapa pelindung atau kondom juga sudah memiliki kandungan yang dapat membunuh mikroorganisme penyebab penyakit menular seksual.

• Menjaga kebersihan organ vital

Membersihkan organ kelamin sebelum atau sesudah melakukan hubungan seks dapat menjadi cara mencegah penularan penyakit menular seksual. Organ vital yang terjaga kebersihannya dapat mencegah serangan mikrooranisme penyebab penyakit.

• Lakukan vaksinasi

Untuk mencegah infeksi penyakit menular seksual, Anda bisa melakukan vaksinasi HPV guna mengurangi risiko penyebaran virus. Vaksin HPV ini terbukti telah berhasil menurunkan risiko penularan hingga 50%.


Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Untuk mengetahui cara mencegah penyakit menular seksual lebih lanjut, Anda bisa melakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan merasakan kepuasaan karena ditangani oleh dokter berpengalaman dan dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan medis secara optimal sehingga kesembuhan penyakit pasien bisa didapatkan dengan cepat. Tak hanya itu, klinik ini juga dilengkapi dengan layanan konsultasi gratis sehingga memudahkan pasien untuk mengetahui penyebab serta jenis penanganan yang cocok dilakukan. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.