Kam25Apr201911:05

Apakah Penyebab Trikomoniasis Sulit Diketahui?


Penyebab trikomoniasis disebabkan oleh parasit yang dapat menyerang pria maupun wanita. Penularan penyakit ini terjadi melalui hubungan intim yang tidak aman. Kebanyakan orang tidak menyadari jika sudah terinfeksi penyakit trikomoniasis karena gejala tidak muncul dengan jelas. Infeksi penyakit pada pria juga lebih sulit dideteksi dibandingkan wanita. Penyakit ini rentan dialami oleh para wanita yang berusia 16 sampai 35 tahun.
penyebab trikomoniasis
penyebab trikomoniasis

Penyebab Penyakit Trikomoniasis Beserta Gejalanya

Penyakit trikomoniasis merupakan salah satu infeksi menular seksual yang tidak fatal, namun dapat memicu komplikasi. Penyebab trikomoniasis paling utama, yakni parasit bernama Trichomonas vaginalis. Parasit ini biasanya ditemukan di organ kelamin wanita serta jaringan uretra. Sementara pada pria, penyebab trikomoniasis berupa parasit akan menyerang uretra, area kemaluan terutama kulup, dan kelenjar prostat.
 


Selain parasit, faktor risiko yang dapat meningkatkan potensi seseorang terserang infeksi trikomoniasis adalah berhubungan seks tanpa pelindung atau kondom, sering bergonta ganti pasangan, pernah mengalami trikomoniasis sebelumnya, dan memiliki riwayat penyakit menular seksual lain. Beberapa gejala trikomoniasis pada pria dan wanita dapat berbeda-beda, di antaranya:


• Gejala trikomoniasis wanita

Seorang wanita yang terinfeksi penyakit trikomoniasis akan mengalami gejala, berupa sakit pada perut bagian bawah, merasakan tidak nyaman saat buang air kecil, keluarnya cairan keputihan yang bertekstur kental serta berwarna kekuningan, dan timbul nyeri hingga gatal di area genital.


• Gejala trikomoniasis pria

Sementara itu, gejala trikomoniasis pada pria akan ditandai dengan meningkatnya keinginan buang air kecil, muncul cairan putih dari organ kelamin, dan terasa sakit serta terjadinya pembengkakan hingga kemerahan pada ujung kemaluan.

Penanganan Tepat Terhadap Gejala Trikomoniasis

Penyebab trikomoniasis dapat ditangani dengan menggunakan obat antibiotik yang harus dikonsumsi selama 5 hingga 7 hari. Selama masa penanganan, penderitanya disarankan untuk tidak melakukan hubungan seksual hingga dinyatakan sembuh oleh dokter. Penderita trikomoniasis juga harus menghindari konsumsi alkohol selama 24 atau 72 jam setelah mengonsumsi obat. Untuk mendapatkan kesembuhan secara maksimal, beberapa langkah pencegahan harus disertai yaitu dengan cara sebagai berikut:
 

• Tidak bergonta ganti pasangan seksual atau setia pada satu orang saja.
• Selalu gunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seksual.
• Hindari berbagi pemakaian alat atau mainan seks dengan orang lain.
• Ikuti arahan dokter untuk dosis obat yang harus dikonsumsi setiap hari.

Jika Anda sudah mengetahui penyebab trikomoniasis dan merasakan gejalanya, segera hubungi dokter dan hindari kontak seksual untuk sementara waktu. Pasangan seksual juga harus mendapatkan pengobatan untuk menghindari terjadinya penularan penyakit lebih lanjut. Penyakit trikomoniasis harus segera ditangani sebelum menyebabkan beberapa komplikasi, seperti ketidaksuburan, infeksi jaringan kutlit kelamin atau selulitis, dan infeksi saat masa kehamilan.
 

Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Penyebab trikomoniasis dapat diketahui setelah melakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan mendapatkan kepuasaan karena dilengkapi fasilitas lengkap, seperti peralatan medis yang canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa berlokasi sangat strategis serta memberikan keringanan pada biaya perawatan sehingga pasien tidak perlu khawatir untuk melakukan penanganan penyakit. Segera lakukan pemeriksaan jika mengalami gejala sebelum penyakit bertambah serius hingga menyebabkan komplikasi serius. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.