Min24Mar201915:39

Apa yang Harus Dilakukan Untuk Pencegahan IMS?


Pencegahan IMS atau infeksi menular seksual harus dilakukan selama masa perawatan. Infeksi menular seksual biasanya disebabkan oleh bakteri, virus, maupun parasit. Beberapa jenis penyakit menular seksual akibat adanya infeksi virus adalah HIV/AIDS, herpes, kutil kelamin, dan hepatitis. Untuk infeksi yang terjadi karena bakteri, dapat berupa gonore, sifilis, dan klamidia. Sementara itu, infeksi parasit akan mengakibatkan munculnya penyakit trikomoniasis.
pencegahan IMS
pencegahan IMS

Bagaimana Gejala Umum Infeksi Menular Seksual?

Sebelum pencegahan IMS dilakukan, Anda perlu mengetahui gejala penyakit terlebih dahulu. Gejala penyakit menular seksual muncul secara beragam dan bergantung dengan jenisnya. Terkadang penyakit ini tidak menimbulkan gejala sama sekali sehingga pengobatan kerap dilakukan secara terlambat. Beberapa gejala atau tanda umum dari infeksi menular seksual, adalah sebagai berikut:


• Munculnya luka, benjolan, atau lenting berisi cairan pada kemaluan.
• Merasakan sakit dan nyeri ketika buang air kecil.
• Organ kelamin mengeluarkan cairan aneh yang berbau menyengat.
• Terjadi pendarahan di luar masa menstruasi.
• Keluarnya cairan keputihan tidak normal dari kemaluan wanita.
• Terasa nyeri pada perut bagian bawah sera mengalami demam.
• Adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening di selangkangan.

Gejala penyakit infeksi menular seksual biasanya muncul beberapa hari setelah paparan pertama kali terjadi. Namun tak jarang, beberapa penderitanya baru merasakan gejala penyakit setelah bertahun-tahun. Karena itu, memeriksakan kondisi kesehatan secara rutin perlu dilakukan guna menghindari penyebaran penyakit yang tidak disadari. 


Beberapa Cara Mencegah Penyakit IMS dengan Tepat

Jika Anda memiliki infeksi menular seksual di dalam tubuh, segera hentikan kegiatan seksual dan konsultasikan dengan dokter. Tak hanya Anda, pasangan seksual juga perlu melakukan pemeriksaan sebagai bentuk pencegahan IMS. Pencegahan IMS merupakan salah satu cara menghindari penularan penyakit kepada orang lain. Beberapa tips pencegahan IMS yang bisa Anda terapkan, antara lain:


• Gunakan pelindung atau kondom ketika melakukan hubungan seksual.
• Batasi jumlah pasangan seksual atau setia pada satu orang saja.
• Hindari konsumsi alkohol serta obat-obatan terlarang sebelum seks dilakukan.
• Hindari berhubungan seksual dengan orang yang tidak diketahui riwayat seksnya.
• Lakukan vaksinasi HPV, terutama wanita dewasa yang berusia 26 tahun.
• Lakukan sunat bagi laki laki guna membantu mencegah penularan IMS dan HPV.

Beberapa orang yang tidak menyadari gejala infeksi menular seksual sehingga penyakit sudah menyebar ke organ penting tubuh. Karena itu, pencegahan IMS dapat dilakukan dengan lebih waspada dalam menjalani hubungan seksual. Anda dan pasangan juga harus rutin memeriksakan kondisi kesehatan seksual bersama dokter. Pemeriksaan dapat membantu mengetahui apakah terdapat infeksi menular seksual. Tidak memperhatikan kesehatan seksual sama saja dengan membahayakan diri sendiri dan orang lain.



Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Untuk mengetahui tips pencegahan IMS, lakukan konsultasi dengan Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan ditangani oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis berteknologi modern.
 
Pelayanan kesehatan Klinik Utama Sentosa diberikan secara maksimal sehingga pasien merasakan kepuasaan dan kenyamanan selama melakukan perawatan. Tak hanya itu, klinik ini juga memiliki fasilitas unggulan berupa layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi, pasien dapat mengetahui penyebab penyakit serta jenis penanganan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.