Sel12Feb201912:02

Apa yang Dimaksud dengan Penyakit Candidiasis?

Penyakit candidiasis adalah penyakit yang terjadi akibat infeksi jamur bernama Candida albicans. Penyakit candidiasis ini dapat mempengaruhi area sekitar organ kelamin, kulit, mulut, dan juga darah. Gejala candidiasis akan muncul berbeda-beda bergantung area yang terinfeksi. Infeksi jamur ini biasanya menjadi penyebab utama adanya iritasi pada organ kelamin wanita. Tak hanya wanita, pria juga dapat menderita penyakit candidiasis terutama yang tidak melakukan sunat atau khitan.
penyakit candidiasis
penyakit candidiasis


Gejala Utama Akibat Infeksi Jamur Candida

Candidiasis muncul dengan gejala yang bervariasi dan bergantung pada area yang terinfeksi. Infeksi yang terjadi di organ kelamin wanita biasanya menyebabkan rasa gatal luar biasa, adanya kemerahan yang terasa perih di sekitar organ kelamin, dan keluar cairan keputihan yang menggumpal seperti keju. Sementara pada pria, gejala penyakit candidiasis, dapat berupa munculnya ruam kemerahan pada kemaluan, sensasi perih di ujung kelamin, dan disertai dengan bau tidak sedap. Beberapa gejala lain berdasarkan area yang terinfeksi, adalah sebagai berikut.



• Area kulit, biasanya gejala akan ditandai dengan bagian kulit yang berwarna kemerahan atau putih. Kondisi ini dapat mengakibatkan rasa gatal, perih, dan peradangan.

• Mulut atau tenggorokan, biasanya akan memunculkan bercak-bercak putih pada lidah dan mulut, sakit pada tenggorokan, dan kesulitan saat menelan.

• Aliran darah, biasa dikenal sebagai candidemia yang menyebabkan tubuh menjadi demam hingga menggigil.

Penyebab infeksi penyakit ini tak hanya akibat jamur, namun beberapa faktor pemicu lainnya. Faktor risiko yang memicu infeksi penyakit adalah kebiasaan tidak menjaga kebersihan tubuh dengan baik, memiliki sistem imun yang lemah, sedang menjalani kemoterapi, wanita dengan kadar estrogen yang tinggi, dan aktif secara seksual sejak muda. Selain itu, memastikan penyebab secara pasti maka biasanya diagnosis akan dilakukan oleh dokter ahli.


Diagnosis Penyakit Candidiasis serta Pencegahannya

Diagnosis terhadap penyakit yang disebabkan oleh jamur candida dapat dilakukan guna mengidentifikasi ada tidaknya infeksi. Hasil diagnosis akan diketahui dengan melakukan beberapa tes atau pemeriksaan. Pemeriksaan yang dokter lakukan terhadap penderita candidiasis, antara lain:


• Tes fisik

Pemeriksaan fisik bertujuan untuk melihat secara visual bentuk dan penampakan ruam yang menjadi salah satu gejala penyakit. Selain itu, dokter juga akan memeriksakan kondisi kulit di sekitar daerah tersebut.


•Kultur kulit

Setelah melakukan pemeriksaan fisik, dokter akan melanjutkan diagnosis dengan swabbing atau apusan pada daerah kulit yang terinfeksi. Kulit yang telah di swabbing akan diperiksakan ke laboratotium guna memastikan keberadaan jamur Candida.


• Tes urin

Analisis cairan urin berguna untuk membantu melengkapkan hasil diagnosis dari penyakit akibat infeksi jamur candida. Urin akan dikultur guna mengecek keberadaan sel darah merah serta putih, protein, dan juga jamur penyebab penyakit.
 
Penyakit ini dapat dicegah dengan penanganan sederhana, seperti rutin menjaga kebersihan tubuh dan mengubah pola hidup. Selain itu, untuk mendapat kesembuhan maksimal maka Anda perlu melakukan beberapa tindak pencegahan, seperti tidak mengenakan pakaian yang terlalu ketat, segera mengganti pakaian lembab dengan pakaian kering, menjaga kadar gula darah, dan membersihkan area kulit yang terinfeksi dengan sabun tanpa kandungan bahan kimia.


Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Gejala penyakit candidiasis dapat dihilangkan dengan melakukan perawatan medis di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di klinik ini, Anda akan mendapatkan kesembuhan maksimal karena ditangani langsung oleh dokter ahli berpengalaman dan berkompeten di bidangnya.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan kemudahan dengan adanya layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi ini, pasien dapat mengetahui penyebab panyakit secara pasti serta jenis perawatan yang cocok untuk dilakukan. Tak perlu ragu, karena klinik ini menawarkan keringanan biaya perawatan sehingga terjangkau bagi semua kalangan. Infomasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.