Kam07Feb201916:09

Apa Saja Penyakit Kelamin Pria dan Wanita?

Penyakit kelamin pria dan wanita umumnya disebabkan oleh adanya infeksi jamur, virus, bakteri, serta parasit. Penularan penyakit ini dapat terjadi dengan mudah melalui hubungan seksual tanpa menggunakan pelindung atau kondom. Kebiasaan sering bergonta ganti pasangan menjadi faktor penyebab tertinggi dari infeksi penyakit kelamin. Gejala penyakit biasanya tidak terlihat dengan jelas, namun dapat muncul lebih parah pada wanita dibandingkan pria.

penyakit kelamin pria dan wanita
penyakit kelamin pria dan wanita

Beberapa Penyakit Kelamin yang Sering Terjadi

Penyakit kelamin pria dan wanita memiliki gejala umum, seperti nyeri ketika buang air kecil, adanya darah dalam urin, terjadi pembengkakan pada kelenjar, muncul rasa gatal hingga kemerahan pada kepala kelamin pria, keluarnya cairan keputihan tidak normal pada wanita, sakit serta adanya sensasi terbakar ketika berkemih, dan pendarahan di luar periode menstruasi. Untuk mengetahui gejala lebih lanjut, berikut beberapa penyakit kelamin pria dan wanita yang perlu diketahui.
 


• Klamidia
 
Salah satu penyakit kelamin pria dan wanita yang sering diderita adalah klamidia. Klamidia terjadi akibat infeksi bakteri bernama Chlamydia trachomatis yang muncul dengan gejala, seperti sakit saat buang air kecil atau ketika berhubungan seksual, nyeri pada perut bagian bawah, dan keluarnya cairan tidak normal dari organ kelamin.
 

• Gonore

Gonore merupakan penyakit kelamin pria dan wanita yang disebabkan oleh berpindahnya bakteri melalui hubungan seksual. Gejala gonore biasanya baru akan muncul 10 hari setelah infeksi pertama kali terjadi. Beberapa gejala umum penyakit gonore, meliputi keluarnya cairan menyerupai nanah dari organ genital, adanya rasa gatal pada anus, dan nyeri ketika berkemih.


• Trikomoniasis

Penyakit menular seksual yang diderita baik wanita maupun pria satu ini terjadi akibat infeksi parasit bersel satu bernama Trichomonas vaginalis. Gejala yang akan muncul ketika Anda menderita penyakit ini, antara lain gatal hingga iritasi pada organ kelamin, keluarnya cairan dari alat vital, sakit ketika buang air kecil, dan adanya bau menyengat dari area kemaluan.


• Herpes genital

Penyakit herpes genital menginfeksi tubuh melalui luka kecil di kulit atau selaput lendir. Terkadang banyak yang tidak menyadari sudah terinfeksi karena gejala tidak terlihat jelas Namun, terdapat beberapa gejala umum yang bisa mendeteksi adanya penyakit kelamin, seperti benjolan kecil di sekitar kelamin dan sakit atau gatal di area bokong serta paha bagian dalam.

Bagaimana Penanganan Pada Infeksi Penyakit Kelamin?

Penyakit kelamin termasuk penyakit yang berbahaya jika tidak segera ditangani. Karena itu, biasanya dokter menyarankan beberapa perawatan, seperti konsumsi antibiotik dan antivirus. Obat antibiotik berguna untuk menyembuhkan infeksi menular seksual akibat bakteri dan parasit. Sementara, antivirus diberikan karena mampu mengurangi risiko infeksi dan kekambuhan jika dikonsumsi secara rutin. Selain perawatan bersama dokter, Anda juga perlu melakukan beberapa tindak pencegahan, berupa:
 

• Setia pada satu pasangan seksual.
• Tidak mengonsumsi alkohol dan obat terlarang.
• Gunakan pelindung atau kondom saat seks.
• Menjaga kebersihan genital sebelum dan sesudah seks.
• Lakukan vaksinasi untuk menghindari risiko infeksi.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Gejala penyakit kelamin pria dan wanita dapat ditangani dengan melakukan perawatan di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan ditangani oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis berteknologi modern.
 
Pelayanan kesehatan Klinik Utama Sentosa diberikan secara maksimal sehingga pasien merasakan kepuasaan dan kenyamanan selama melakukan perawatan. Tak hanya itu, klinik ini juga memiliki fasilitas unggulan berupa layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi, pasien dapat mengetahui penyebab serta jenis penanganan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Kami di nomor 081366657878.