Rab20Mar201911:43

Apa Saja Pengobatan Penyakit Kelamin?

Pengobatan penyakit kelamin harus segera dijalani penderitanya sebelum menyebabkan komplikasi yang serius. Penyakit kelamin atau yang kini dikenal dengan PMS merupakan infeksi yang ditularkan melalui hubungan seks tidak aman. Penyebaran penyakit ini bisa terjadi lewat berbagai cara lainnya, seperti darah, sperma, dan juga cairan dari kemaluan wanita. Tak hanya itu, penyebaran penyakit tanpa hubungan seksual juga dapat terjadi dari seorang ibu ke bayi dalam kandungannya.
pengobatan penyakit kelamin
pengobatan penyakit kelamin

Beberapa Gejala dari Penyakit Kelamin

Tidak semua penyakit kelamin menunjukkan gejala yang jelas, namun tetap terdapat beberapa tanda khusus. Penyakit kelamin juga sulit terdeteksi dengan kasat mata dan bahkan baru terdeteksi setelah bertahun-tahun menginfeksi tubuh. Meski begitu, ciri-ciri yang bisa menjadi petunjuk awal Anda menderita penyakit kelamin, adalah sebagai berikut:


• Sakit saat buang air kecil
 
Adanya rasa sakit dan sensasi perih seperti terbakar ketika buang air kecil merupakan salah satu gejala penyakit kelamin yang paling umum. Beberapa penyakit kelamin yang ditandai dengan gejala ini adalah klamidia, gonore dan, trikomoniasis.


• Keluar cairan asing dari kemaluan

Keluarnya cairan asing berhubungan seksual atau buang air kecil kemungkinan menandakan sebagai gejala penyakit kelamin. Cairan berbau busuk dan amis ini merupakan pertanda penyakit kelamin klamidia, gonore, serta trikomoniasis.


• Organ kelamin terasa gatal dan panas

Organ kelamin yang terasa gatal dan panas disebabkan oleh bacterial vaginosis dan kutu kemaluan. Karena itu jika anda mendeteksi adanya sensasi yang tidak biasa di sekitar kemaluan segera konsultasikan bersama dokter ahli.


• Nyeri ketika berhubungan seks

Nyeri saat berhubungan seksual seringkali diabaikan sehingga penyakit tidak ditangani dengan segera. Rasa nyeri yang dimaksud bisa didiagnosis jika baru pertama kali terjadi, timbul setelah berganti pasangan seksual, atau setelah berganti kebiasaan seksual.


• Luka atau kutil pada kelamin

Luka atau kutil pada organ kelamin yang muncul secara tiba-tiba bisa menjadi pertanda adanya penyakit menular seksual. Beberapa penyakit menular seksual yang ditandai dengan gejala ini adalah herpes genital, HPV, sifilis, dan molloscum contagiosum.

Pengobatan Tepat Terhadap Infeksi Menular Seksual

Untuk pengobatan penyakit kelamin, dokter biasanya memberikan dua jenis obat. Obat yang diresepkan oleh dokter adalah antibiotik dan juga antivirus. Antibiotik digunakan sebagai pengobatan penyakit kelamin karena mampu menyembuhkan penyakit menular seksual yang disebabkan oleb bakteri dan parasit. Sementara pengobatan penyakit kelamin dengan antivirus bertujuan untuk mengurangi risiko infeksi serta kekambuhan. Selama masa pengobatan penyakit kelamin, beberapa pencegahan juga bisa dilakukan, yakni:

• Tidak berhubungan seksual dengan yang berbeda.
• Selalu menggunakan pelindung atau kondom.
• Lakukan vaksinasi sebelum berusia 26 tahun.


Segera Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Pengobatan penyakit kelamin paling tepat adalah bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Perawatan penyakit di klinik ini, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan salah satunya proses penyembuhan penyakit berlangsung dengan cepat karena peralatan medis yang digunakan sudah canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan biaya kepada semua pasien sehingga tidak perlu mengkhawatirkan berapa banyak uang yang harus dikeluarkan. Selain itu, sebelum melakukan perawatan Anda juga bisa berkonsultasi secara online gratis bersama staf medis yang telah berpengalaman. Informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.