Sel09Apr201914:18

Apa Saja Gejala Candidiasis Wanita?

Gejala candidiasis dapat muncul di lokasi bagian tubuh yang berbeda-beda. Candidiasis merupakan infeksi yang diakibatkan oleh jamur bernama Candida albicans. Infeksi jamur candida lebih sering muncul di berbagai bagian tubuh, seperti mulut dan sekitar organ kelamin. Namun, terdapat beberapa lokasi yang memungkinkan adanya gejala candidiasis, yakni kuku, esophagus, daerah sekitar anus, dan saluran pencernaan.
gejala candidiasis
gejala candidiasis

Beberapa Gejala Akibat Infeksi Jamur Candida

Biasanya, gejala candidiasis akan muncul berbeda-beda tergantung pada lokasinya. Namun, secara umum gejala candidiasis ditandai dengan adanya ruam pada kulit yang terasa gatal, pecah-pecah, dan kering. Ruam ini terjadi pada kulit di bagian tubuh manapun, namun umumnya terdapat pada daerah lipatan kulit, seperti ketiak, selangkangan, sela jari, bawah payudara, tepian kuku, dan di sudut mulut. Beberapa gejala candidiasis yang mungkin terjadi, antara lain:
 

• Area kulit, ditandai dengan adanya kulit berwarna menjadi kemerahan atau putih yang terasa gatal, perih, dan meradang.

• Area genital, biasanya menyebabkan gejala berupa rasa gatal yang ekstrem, kemerahan, serta rasa sakit pada area genital.

• Area mulut dan tenggorokan, ditandai dengan munculnya bercak-bercak putih pada lidah, mulut, serta pembengkakan atau luka di gusi.

• Aliran darah, atau biasa dikenal sebagai candidemia yang mengakibatkan munculnya demam hingga menggigil.

Munculnya gejala candidiasis tak hanya dipengaruhi oleh infeksi jamur, namun juga faktor risiko yang dapat memicu. Beberapa faktor risiko yang dapat mengakibatkan penyakit candidiasis adalah memiliki sistem imun yang lemah, sedang dalam pengobatan tertentu, sedang menjalani kemoterapi atau radiasi untuk penyakit kanker, mengalami kondisi yang menyebabkan kulit menjadi kering, dan aktif secara seksual.

PENYEBAB PENYAKIT CANDIDIASIS SECARA UMUM*

Bagaimana Cara Menangani Penyakit Candidiasis

Pengobatan terhadap penyakit candidiasis dapat diawali dengan melakukan diagnosis. Dokter akan melihat sejarah medis dan melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh. Untuk kasus yang lebih besar, biasanya menggunakan Ultrasound atau CT Scan guna memeriksa otak, ginjal, liver, atau limfa apakah terdapat luka candida atau tidak. Beberapa cara pengobatan candidiasis yang bisa dilakukan, adalah sebagai berikut:

• Candidiasis mulut dapat ditangani dengan menggunakan antijamur berbentuk obat kumur atau gel. Masa pengobatan biasanya berlangsung selama satu hingga dua minggu.

• Candidiasis di kelamin bisa diobati dengan obat antijamur dalam bentuk krim dan juga tablet atau minum.

• Candidiasis akibat ruam popok, biasanya bisa diobati dengan memberikan obat antijamur dalam bentuk krim, salep, serta bedak.

Untuk mempercepat kesembuhan infeksi candida, Anda dapat melakukan langkah penanganan, seperti jaga kebersihan gigi dengan baik, rutin kumur dengan menggunakan air garam hangat, kenakan pakaian dalam yang terbuat dari katun, hindari penggunaan sabun yang mengandung pewangi, dan jaga selalu kadar gula darah terutama jika memiliki riwayat penyakit diabetes.


Konsultasikan Segera Bersama Klinik Utama Sentosa

Gejala candidiasis dapat menghilang jika segera ditangani oleh dokter ahli berpengalaman di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit berlangsung dengan cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih dan berteknologi modern.

Klinik Utama Sentosa menjadi pilihan banyak orang untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan kelamin karena didukung oleh fasilitas yang lengkap. Salah fasilitas unggulan yang dimiliki klinik ini, yakni layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi, pasien dapat mengetahui penyebab penyakit secara pasti dan jenis perawatan yang cocok untuk dilakukan. Informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.