Sab27Apr201914:47

Apa Saja Cara Pencegahan Klamidiasis?


Pencegahan klamidiasis dapat dilakukan guna mempercepat proses penyembuhan penyakit. Klamidia merupakan salah satu infeksi menular seksual yang terjadi akibat bakteri Chlamydia trachomatis. Penyakit ini bisa diderita oleh pria maupun wanita yang aktif secara seksual. Jika tak ditangani dengan tuntas, klamidia bisa mengakibatkan munculnya gangguan kesehatan yang lebih serius.
pencegahan klamidiasis
pencegahan klamidiasis

Faktor Risiko Infeksi Klamidiasis Beserta Gejalanya

Penularan infeksi bakteri klamidiasis mudah terjadi ketika berhubungan seksual tanpa menggunakan pelindung atau kondom. Meski mudah menular, bakteri klamidia tidak akan berpindah karena berbagi kolam renang yang sama dengan penderita, melakukan kontak fisik berupa ciuman atau berpelukan, menggunakan dudukan toilet yang sama, dan berada di dekat orang yang terinfeksi. Sebelum melakukan pencegahan klamidiasis lebih lanjut, faktor risiko harus diketahui sejak dini.
 


Penyakit klamidiasis dapat terjadi pada seseorang yang telah aktif secara seksual sejak muda atau sebelum berusia 25 tahun. Beberapa faktor risiko lainnya yang berpotensi mengakibatkan mudahnya infeksi klamidiasis masuk adalah sering bergonta ganti pasangan seksual, tidak menggunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan intim, dan memiliki riwayat penyakit kelamin lainnya. Infeksi penyakit menyebabkan munculnya gejala yang berbeda antara pria dan wanita, yaitu sebagai berikut:


• Gejala klamidiasis pria

Gejala klamidiasis pria yang mungkin dirasakan adalah rasa sakit serta sensasi terbakar ketika berkemih, organ kelamin mengeluarkan cairan menyerupai nanah, pembengkakan pada testis atau nyeri saat ditekan, dan iritasi di rektum.


• Gejala klamidiasis wanita

Infeksi bakteri klamdia pada wanita akan memunculkan berbagai gejala, seperti sakit pada perut bagian bawah, terjadinya pendarahan di antara siklus haid, tubuh mengalami demam ringan, rasa terbakar ketika buang air kecil, pembengkakan di organ kelamin, dan iritasi di rektum.

Penanganan Tepat Terhadap Penyakit Klamidiasis

Pencegahan klamidiasis bisa dilakukan selama masa perawatan penyakit dilakukan. Penanganan penyakit klamidiasis biasanya menggunakan obat antibiotik berdasarkan tingkat keparahan. Antibiotik dalam bentuk pil harus dikonsumsi satu kali atau beberapa kali sehari. Pengobatan rumahan juga bisa dilakukan untuk membantu meringankan gejala klamidia. Selama masa perawatan, penderitanya bisa melakukan beberapa pencegahan klamidiasis berupa:


• Gunakan kondom atau pelindung

Pencegahan klamidiasis yang paling utama adalah menggunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seksual. Kondom berguna untuk mencegah perpindahan bakteri melalui cairan organ kelamin dan air mani pasangan masing-masing.


• Batasi jumlah pasangan seksual

Melakukan hubungan seksual dengan orang yang berbeda-beda berisiko menyebabkan tertularnya infeksi kelamin, termasuk klamidiasis. Karena itu, usahakan untuk berhubungan seks dengan satu orang saja atau setiap pada pasangan Anda.


• Hindari teknik douching

Pencegahan klamidiasis bisa pula dilakukan dengan tidak melakukan teknik mencuci kemaluan, terutama wanita dengan menyemprotkan larutan khusus. Larutan tersebut biasanya mengandung parfum dan bahan kimia lain yang dapat menyebabkan organ kelamin rentan terkena infeksi.


Segera Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Beberapa cara pencegahan klamidiasis bisa diketahui setelah berkonsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan ditangani oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan biaya sehingga pasien tidak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dikeluarkan. Sebelum perawatan dilakukan, pasien dapat berkonsultasi secara online guna mengetahui penyebab penyakit secara pasti dan jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainya, Anda dapat menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.