Kam25Jul201913:40

Apa Penyebab Penyakit Gatal Pada Kelamin Pria?


Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab penyakit gatal pada kelamin pria, dan salah satunya akibat jamur. Namun kita tidak dapat mengobati gatal pada penis hanya dengan melihat gejalanya saja. Kita perlu melakukan pemeriksaan untuk melakukan diagnosis penyebab gatal pada kelamin. Pasalnya gatal yang disebabkan oleh adanya jamur dan gatal yang terjadi karena adanya infeksi menular seksual tidak dapat kita samakan begitu saja pengobatannya.

penyakit gatal pada kelamin pria
penyakit gatal pada kelamin pria


Gatal pada penis bisa juga dianggap sebagai masalah yang biasa karena adanya infeksi ringan yang terjadi. Namun, gatal pada penis bisa juga mengindikasikan bahwa Anda terkena infeksi menular seksual yang berbahaya. Ketika Anda terkena penyakit menular seksual, maka salah satu gejala yang mungkin terjadi adalah gatal pada penis. Untuk menghindari bahaya yang mungkin muncul sebaiknya segera temui dokter jika merasakan gejala penyakit gatal pada kelamin pria.

Penyebab Gatal Pada Kelamin Pria


Agar tidak salah mengambil langkah pengobatan, maka mari kita kenali apa saja hal yang dapat menyebabkan gejala penyakit gatal pada kelamin pria.

• Akibat Infeksi jamur (kandidiasis)

Jika gatal yang dirasakan pada kelamin pria terjadi akibat adanya infeksi jamur, maka pengobatannya dapat dilakukan dengan menggunakan obat antijamur. Infeksi jamur yang terjadi pada kelamin pria ini dikenal dengan balanitis jamur.

• Infeksi menular seksual

Infeksi menular seksual yang terjadi pada alat kelamin seperti gonore, klamidia, herpes genital, maupun sipilis merupakan penyebab gatal pada kelamin. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi menular seksual ini dapat menular kepada pasangan. Untuk itu segera lakukan agar infeksinya tidak menular ke pasangan dan menyebabkan komplikasi.



Seseorang yang mengalami gangguan kesehatan tertentu, seperti diabetes misalnya akan memicu perkembangan jamur yang dapat menyebabkan berbagai infeksi berat. Jika penyebab gatal pada kelamin adalah penyakit menular seksual, maka gejalanya dapat muncul kembali bahkan ketika sudah sembuh. Pasalnya penyakit menular seksual merupakan penyakit yang suka kambuh. Dibutuhkan penanganan yang tepat terhadap penyebab penyakit menular seksual agar gejalanya tidak kembali muncul.

Selain karena penyebab di atas, beberapa faktor berikut dapat menjadi pemicu terjadinya penyakit gatal pada kelamin pria.

• Iritasi akibat urin.
• Iritasi akibat bahan pada sabun mandi.
• Kotoran penis.
• Infeksi bakteri.
• Penyakit kulit seperti psoriasis, lichen planus, dan eksim.
• Kadar gula darah yang tinggi.
• Kudis.

penyakit gatal pada kelamin pria
penyakit gatal pada kelamin pria

Akibat Gatal di Kelamin Pria


Gejala gatal pada kelamin pria dapat menyebabkan berbagai hal, salah satunya yaitu pembengkakan pada penis. Selain itu, jika penis mengalami luka, maka infeksi bakteri maupun virus lainnya menjadi lebih mudah terjadi. Jika penyebabnya adalah penyakit menular seksual, maka penyakit gatal pada kelamin pria dapat menyebabkan penularan melalui hubungan seksual kepada pasangan.
 

Mencegah Gatal Pada Kelamin Pria


Agar penyakit gatal pada kelamin pria tidak terjadi maka Anda harus menjaga kebersihan sekaligus kesehatan alat kelamin. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan sunat. Pasalnya gangguan kelamin jarang terjadi pada pria yang telah disunat. Hal ini karena sunat dapat memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan alat kelamin pria. Salah satunya adalah mencegah kulup panjang dan pembengkakan pada penis akibat balanitis.



Jika ingin melakukan sunat ketika dewasa, maka Anda bisa datang ke Klinik Utama Sentosa. Selain menjalani sunat atau khitan, mencegah penyakit gatal pada kelamin pria dapat dilakukan dengan menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan penyakit menular seksual seperti bergonta ganti pasangan seksual dan melakukan seks tanpa kondom. Untuk langkah pencegahan lainnya silahkan konsultasikan dengan dokter kami di nomor 081366657878 .