Rab20Feb201911:44

Apa Penyebab Gatal Pada Selangkangan?

Apa penyebab gatal selangkangan? Mungkin hal ini muncul dalam pikiran Anda yang mengalami kondisi ini. Rasa gatal pada selangkangan memang wajar dialami setiap orang yang sama halnya dengan gatal dibagian tubuh lainnya. Akan tetapi gatal selangkangan akan lebih menyusahkan dibandingkan di tubuh lain.
Apa Penyebab Gatal Pada Selangkangan?
Apa Penyebab Gatal Pada Selangkangan?

Gatal pada area selangkangan, pada umumnya tampak kemerahan atau tampak mengelupas. Selain itu, pada gatal selangkangan bagian pinggir dapat tampak sebagaimana kulit yang lecet. Umumnya, gatal selangkangan merupakan infeksi bagian terluar kulit, infeksi yang dikenal juga dengan tinea cruris.

Selangkan salah satu lokasi jamur berkembang biak dengan sangat cepat sebab area ini lembab dan hangat. Orang yang aktif secara seksual, gatal di selangkangan dapat terjadi akibat penyakit menular seksual (PMS) seperti penyakit herpes genital, sifilis, dan infeksi kutu atau kutil.
Ada banyak hal yang menjadi penyebab gatal selangkangan baik pada pria maupun wanita, diantaranya:

1. Tidak menjaga alat kebersihan kelamin
Selangkangan merupakan area tubuh yang selalu tertutup. Selangkangn ditutupi lebih dari satu lapisan pakaian, maka akan membuat udara pada area ini jauh lebih hangat. Jika tidak rutin untuk membersihakn area genital akan menyebabkan area tersebut berkeringat serta lembab. Selain itu, adanya rambut kemaluan membuat keringat, sel kulit mati, serta kuman rentan berkembang biak. Hal ini merupakan salah satu pemicu penyebab gatal pada selangkangan.

2. Kutu kemaluan
Kutu, kutu adalah parasit yang dapat menyebabkan gatal, termasuk penyebab gatal pada selangkangan. Jika mengalami rasa gatal atau iritasi, serta muncul bintik putih yang kecil di rambut kelamin, bisa jadi terkena kutu kemaluan.
Kutu kelamin atau phthirus pubis merupakan serangga parasit kecil yang hidup di rambut kasar manusia, salah satunya rambut kemaluan.




3. Herpes genital
Bagi sebagian orang, gatal yang muncul pada selangkangan dapat menjadi tanda atau gejala awal dari penyakit menular seksual yang disebabkan virus herpes. Hal ini akan menyebabkan area kelamin bengkak, terasa pans, nyeri, dan berwarna kemerahan.

4. Penyakit menular seksual
Hubungan seksual yang tidak sehat dapat menyebabkan munculnya infeksi menular seksual, banyak dari penyakit yang dapat menyebabkan gatal selangkangan, seperti penyakit klamidia, trikomoniasis, dan infeksi penyakit gonore atau kencing nanah.

Sensasi rasa gatal pada selangkangan bisa berkembang menjadi rasa nyeri atau terbakar. jika mengalami selangkangan gatal dan diikuti gejala klasik lain dari penyakit yang lain, seperti vagina gatal, nyeri ketika buang air kecil, keputihan yang berbau busuk, serta sakit ketika melakukan hubungan seksual, sebaiknya untuk segera menghubungi dokter dan melakukan pemeriksaan.

<<<Simak, Bagaimana cara Mencegah Penyakit Menular Seksual?* Klik disini>>>

Bagaimana cara mengatasi gatal selangkangan?

Setelah mengenal penyebab gatal pada selangkangan ini, lalu bagaimana cara untuk mengatasi gatal selangkangan? Sebaiknya untuk selalu memastikan alat kelamin kering dan bersih dan jangan digaruk.

Kulit yang basah serta lembab sekitar selangkangan bisa menyebabkan gatal akan semakin parah. Berusahalan untuk tidak menggaruk area tersebut. Sebab, menggaruk selangkangan yang gatal dapat menyebabkan kulit iritasi dan akan menyebabkan infeksi baru yang lainnya.

Jika selangkangan masih terasa gatal, sebaiknya untuk konsultasi ke dokter, tindakan penanganan akan dilakukan sesuai dengan penyebab gatal pada selangkangan. Pemeriksaan fisik lengkap serta tes medis berupa tes urine, nantinya akan diketahui penyebab dasar munculnya gatal diselangkangan serta pengobatan yang sesuai untuk mengatasi kondisi tersebut.



Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Mengalami gatal pada selangkangan dan sudah melakukan penanganan namun kondisi tidak kunjung membaik? Kami merekomendasikan Anda untuk mengunjungi Klinik Utama Sekarang juga.

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin yang akan membantu mengatasi masalah Anda hingga tuntas. Kami memiliki metode terbaru untuk mengatasi penyakit kelamin baik pada pria atau wanita, disini Anda ditangani langsung oleh dokter ahli kelamin berpengalaman. Kami memberikan perawatan medis prima yang cepat, tepat, dan akurat hingga tuntas yang di dukung peralatan medis modern canggih dan laboratorium yang steril dengan biaya pengobatan terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut terkait apa penyebab gatal pada selangkangan, dan untuk mendapatkan pengobatan hingga tuntas dan sembuh permaen, silahkan hubungi kami di 081366657878 .