Jum24Mei201914:24

Apa Penyebab Gatal Di Alat Kelamin Pria?

Mengetahui apa yang menjadi penyebab gatal di alat kelamin pria adalah langkah utama untuk menentukan tindakan pengobatan yang aman, dan dengan mengetahui penyebab, maka tindakan pencegahan dapat dilakukan untuk menghindari penyakit tersebut.
Apa Penyebab Gatal Di Alat Kelamin Pria?
Apa Penyebab Gatal Di Alat Kelamin Pria?
Alat kelamin yang gatal akan terasa tidak nyaman, menjengkelkan, mengkhawatirkan, dan sangat memalukan. Akan tetapi, sementara itu mungkin sering diabaikan, yang terbaik adalah menentukan penyebab masalah dengan cepat untuk mendapatkan penanganan sehingga kembali normal. Dan ingat, menggaruk area alat kelamin yang gatal hanya akan memperburuk kondisi, jadi lepas tangan Anda!

Balanitis adalah kondisi yang umum, melibatkan pembengkakan pada kepala penis, menyebabkan rasa gatal yang tidak nyaman. Pria dengan kulit khatan (tidak disunat) rentan terhadap kondisi ini, meskipun pria tanpa kulit khatan bisa juga mendapatkannya. Penyebab gatal di alat kelamin pria yang lainnya, antara lain:

Kutil kelamin
Benjolan kecil pada alat kelamin ini disebabkan infeksi human papilloma virus (HPV), ini adalah infeksi menular seksual (IMS). Kutil kelamin berwarna daging, menyerupai bentuk kembang kol, terkadang gatal dan berdarah ketika berhubungan seksual.

Balanitis
Balanitis merupakan radang kelenjar penis, gejala lain kondisi ini adalah rasa sakit, gatal, kemerahan serta bengkak. Beberapa pria juga mengalami buang air kecil yang terasa menyakitkan.

Herpes genital
Penyebab gatal di alat kelamin pria yaitu herpes genital yang disebabkan infeksi herpes simplex virus (HSV) yang dapat memicu rasa sakit dan gatal di area genital dan pada penis. Bersamaan dengan rasa gatal yang muncul, wabah dapat menghasilkan kelompok kecil berisi cairan.



Cara mengatasi gatal pada kemaluan

Gatal pada alat kelamin perlu diatasi sesuai dengan penyebab gatal di alat kelamin pria untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika gatal di alat kelamin terasa mengganggu, sebaiknya untuk tidak ragu konsultasi dengan tenaga medis kesehatan. Dengan pemeriksaan yang lengkap, penyebab gatal di alat kelamin pria dapat dipastikan dan tindakan pengobatan akan disesuaikan.

Kebiasaan buruk ketika merasakan gatal di bagian tubuh mana saja adalah buru-buru menggaruknya, tapi hati-hati jika gatal muncul pada area alat kelamin, sebab hal ini dapat menyebabkan infeksi. Dan mengoleskan krim pada alat kelamin yang dijual bebas tanpa anjuran dokter juga dapat memperparah keadaan, sebab alat kelamin sangat sensitif.

Lihat Juga: Benjolan di Alat Kelamin Pria, Apa Penyebabnya?

Akan lebih baik untuk selalu periksa jika merasa tidak nyaman pada bagian alat kelamin, sebab luka bisa menjadi gerbang virus dan bakteri yang dapat menjadi penyebab gatal di alat kelamin pria. Jika sudah terlanjur mengalami infeksi, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang aman hingga tuntas.

Jika saat ini Anda mengalami gatal pada alat kelamin disertai dengan bengkak, terutama bagi Anda yang belum disunat, saat ini tersedia sunat dewasa dengan metode terbaru untuk mengatasi masalah Anda.

Jika gatal disebabkan infeksi menular seksual (IMS), pastikan Anda mendapatkan pengobatan yang aman dan sesuai dengan kondisi penyakit Anda. Melakukan pemeriksaan adalah langkah awal untuk menentukan penyebab, selanjutnya metode pengobatan akan dilakukan, dan dokter akan memberikan apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan.



Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit menular seksual (PMS), Andrologi, dan Ginekologi, juga melayani sunat dewasa dengan metode terbaru. Memiliki dokter ahli kelamin terlatih yang sudah berpengalaman dibidangnya sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Hingga saat ini sudah banyak yang datang melakukan pengobatan penyakit kelamin dan puas dengan pelayanan yang kami berikan. Jika saat ini Anda mengalami gatal atau bengkak pada alat kelamin, atau sedang mencari klinik yang melayani sunat dewasa, Klinik Utama Sentosa solusi yang tepat bagi Anda.

Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait penyebab gatal di alat kelamin pria, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.