Min24Mar201910:55

Apa Pengertian dari Penyakit Kandidiasis?

Penyakit kandidiasis merupakan penyakit yang terjadi akibat infeksi jamur bernama Candida albicans. Biasanya, penyakit ini mempengaruhi organ kelamin, mulut, kulit, dan juga darah. Penyakit candidiasis menyebabkan ketidaknyamanan, namun bukan merupakan kondisi yang membahayakan nyawa. Infeksi jamur lebih sering dialami oleh wanita, terutama ketika hamil karena sistem imun tubuh sedang melamah.
penyakit kandidiasis
penyakit kandidiasis

Apa Saja Gejala Akibat Infeksi Kandidiasis?

Gejala penyakit kandidiasis akan muncul berbeda-beda bergantung pada lokasinya. Biasanya, penyakit kandidiasis ditandai dengan gejala berupa ruam pada kulit yang disertai rasa gatal, pecah-pecah, serta kulit kering. Tak hanya itu, penyakit kandidiasis juga bisa mengakibatkan kulit mengalami lepuhan dan terdapat nanah. Perbedaan gejala penyakit kandidiasis pada beberapa bagian tubuh, adalah sebagai berikut:


• Organ genital

Gejala akibat infeksi jamur Candida juga akan muncul di organ genital penderitanya. Biasanya, penyakit ini mengakibatkan kemaluan terasa gatal yang ekstrem, kulit kemerahan, keluarnya cairan kental berwarna putih, dan sakit ketika melakukan hubungan seksual.


• Mulut serta kerongkongan

Biasanya gejala ditandai dengan bercak-bercak putih pada lidah dan mulut. Gusi penderitanya juga akan mengalami pembengkakan dengan luka berwarna merah dan putih. Selain itu, jamur Candida bisa mempengaruhi kerongkongan sehingga muncul rasa sakit dan sulit menelan.


• Aliran darah

Tak hanya organ kelamin dan bagian mulut, infeksi jamur Candida juga bisa mengakibatkan masalah pada aliran darah. Biasanya, kondisi ini dikenal dengan candidemia yang mengakibatkan demam hingga menggigil.


Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Kandidiasis?

Kandidiasis bisa diobati dengan menggunakan obat antijamur sesuai resep dokter. Dokter akan merekomendasikan pengobatan bergantung pada letak infeksi jamur. Pengobatan kandidiasis ringan biasanya berupa krim yang dioleskan di kulit yang terinfeksi. Namun, jika infeksi sudah menyebar ke seluruh tubuh maka pemberian obat oral sangat diperlukan. Penyakit ini dapat dicegah dengan pengobatan sederhana, yakni menjaga kebersihan pribadi dengan baik serta mengubah pola hidup. Beberapa tindak pencegahan yang bisa Anda lakukan, meliputi:
 

• Hindari menggunakan pakaian yang sudah lembap terlalu lama.
• Konsumsi pribiotik secara teratur dan sesuai dengan resep dokter.
• Segera ganti kaos kaki dan pakaian dalam secara teratur.
• Kenakan pakaian dalam yang tidak terlalu ketat atau berbahan katun.
• Bersihkan area kulit yang terinfeksi dengan air hangat dan sabun.
• Pastikan kadar gula darah dalam tubuh terkendali dengan baik.
• Rutin melakukan kumur dengan air garam yang hangat.

Kandidiasis tak hanya diderita oleh organ dewasa, namun juga anak-anak hingga bayi. Bayi yang menderita penyakit ini ditandai dengan geala berupa kemerahan pada kulit dan sariawan di mulut yang disertai dengan bercak-bercak berwarna putih serta bibir pecah. Dokter biasanya akan memberikan obat antijamur tetes ke mulut bayi beberapa kali dalam sehari guna mengobati kandidiasis mulut.


Lakukan Penanganan Bersama Klinik Utama Sentosa

Gejala penyakit kandidiasis bisa disembuhkan jika segera melakukan perawatan medis di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di klinik ini, Anda akan mendapatkan kesembuhan maksimal karena ditangani langsung oleh dokter ahli berpengalaman dan berkompeten di bidangnya.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan kemudahan dengan adanya layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi ini, pasien dapat mengetahui penyebab panyakit secara pasti serta jenis perawatan yang cocok untuk dilakukan. Tak perlu ragu, karena klinik ini menawarkan keringanan biaya perawatan sehingga terjangkau bagi semua kalangan. Infomasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.