Sab16Mar201909:18

Apa Itu Penyakit Klamidia?

Penyakit klamidia merupakan salah satu infeksi menular seksual yang terjadi akibat infeksi bakteri bernama Chlamydia trachomatis. Penderita penyakit klamidia terkadang tidak menyadari telah terinfeksi karena gejala muncul tanpa disadari. Namun, beberapa gejala umum yang akan dirasakan adalah sakit pada organ genital dan keluarnya cairan dari organ genital. Penyakit klamidia dapat menginfeksi beberapa bagian tubuh, seperti serviks, saluran kencing, mata, dan tenggorokan.
penyakit klamidia
penyakit klamidia

Penyebab Klamidia dan Gejala yang Menyertai

Penyebab penyakit klamidia adalah bakteri yang disebut Chlamydia trachomatis. Bakteri ini mudah menyebar melalui hubungan seksual, seperti anal, oral, dan vaginal. Risiko seseorang menderita infeksi klamidia dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti sudah aktif secara seksual sejak muda, melakukan kegiatan seksual yang tidak aman, berusia di bawah 24 tahun, dan memiliki riwayat infeksi menular seksual. Penyakit klamidia yang diderita wanita akan menyebabkan kemandulan atau infertilitas. Beberapa komplikasi penyakit klamidia yang tidak segera ditangani, seperti:
 

• Pelvic inflammatory disease atau radang panggul.
• Cystitis atau peradangan pada kandung kemih.
• Prostatitis atau radang pada kelenjar prostat pria.
• Reiter’s syndrome yang menyebabkan radang sendi.
• Infeksi pada mata, dubur, serta masalah saluran kemih.

Meski penyakit klamidia tidak menunjukkan gejala pada tahap awal, namun biasanya akan ditandai dengan demam ringan, pembengkakan di area organ kelamin atau testis, sakit pada perut bagian bawah, keluarnya cairan tidak normal dari kemaluan, nyeri ketika berhubungan seskual, dan mengalami pendarahan setelah berhubungan seksual.


Bagaimana Penanganan Terhadap Infeksi Klamidia

Penanganan terbaik pada infeksi klamidia adalah berkonsultasi bersama dokter. Dokter biasanya akan mendiagnosis klamidia dengan melakukan pemeriksaan cairan urin penderitanya. Jika hasil diagnosis sudah diketahui, penanganan klamidia bisa dilanjutkan dengan pemberian obat antibiotik sesuai resep dokter. Untuk mencegah penularan infeksi bakteri klamidia, hindari kontak seksual selama masa perawatan.
 
Jika pasangan seksual terdiagnosis klamidia, maka pengobatan harus segera dilakukan guna menurunkan risiko komplikasi dan kekambuhan penyakit. Untuk mendapatkan kesembuhan yang optimal, Anda bisa melakukan beberapa metode pengobatan rumahan. Cara penanganan rumahan yang dapat Anda lakukan secara mandiri, adalah sebagai berikut:


• Tidak melakukan seks

Untuk menghindari infeksi menular seksual, termasuk klamidia maka hindari segala kegiatan seksual dengan orang yang tidak diketahui riwayat seksualnya. Selain itu, Anda juga perlu mempratikkan seks yang aman, seperti menggunakan pelindung atau kondom.
 

• Setia pada satu pasangan

Cara bakteri penyebab klamidia menular adalah karena memiliki lebih dari satu pasangan atau sering bergonta ganti pasangan dalam kegiatan seksual. Anda dan pasangan juga diharuskan untuk berkomunikasi secara terbuka guna menghindari penyebaran penyakit lebih lanjut.
 

• Komunikasikan dengan pasangan

Lakukan diskusi jujur dengan pasangan dapat membantu Anda terhindari dari segala macam infeksi menular seksual, terutama klamidia. Periksakan pula kesehatan seksual Anda maupun pasangan secara rutin agar penyakit bisa terdiagnosis sejak gejala awal.


Segera Lakukan Konsultasi di Klinik Utama Sentosa

Penanganan terhadap penyakit klamidia dapat Anda lakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan ditangani oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis canggih serta modern.|
 
Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan biaya sehingga pasien tidak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dikeluarkan. Sebelum perawatan dilakukan, pasien dapat berkonsultasi secara online guna mengetahui penyebab penyakit secara pasti dan jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainya, Anda dapat menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.