Sen27Mei201910:17

5 Tanda Fisik Mengidap Penyakit Menular Seksual

Anda mungkin tidak dapat berfikir logis pada saat yang paling Anda butuhkan ketika mengalami gejala atau tanda fisik mengidap penyakit menular seksual (PMS). Namun, Anda tidak sendirian, siapa saja yang aktif secara seksual dapat memperoleh PMS dan ada medis profesional terlatih yang tugasnya untuk membantu Anda.
5 Tanda Fisik Mengidap Penyakit Menular Seksual
5 Tanda Fisik Mengidap Penyakit Menular Seksual
Gagasan bahwa PMS adalah kondisi yang menjijikkan dan mengubah hidup ini juga sangat menstigmatisasi, belum lagi sebagian besar yang tidak akurat. Pada kenyataannya, banyak penyakit menular seksual yang dapat disembuhkan dengan pengobatan yang tepat dan cepat. Dan Anda mungkin tidak pernah tahu bahwa Anda mengidap PMS, karena beberapa tanda fisik mengidap penyakit menular seksual begitu halus atau bahkan tanpa gejala sama sekali.

Terkadang, penyakit seksual bahkan tidak menimbulkan gejala pada awalnya. Orang yang terinfeksi terkadang sering salah kira dengan penyakit PMS, karena gejala yang ditimbulkan berupa demam, dan nyeri sendi. Jadi, sebaiknya waspada tanda fisik mengidap penyakit menular seksual dengan mengenali gejalanya, terutama bagi Anda yang aktif secara seksual dan memiliki pasangan seksual lebih dari satu.



Berikut, 5 tanda fisik mengidap penyakit menular seksual (PMS), antara lain:

Alat kelamin gatal
Pada wanita, PMS dapat menyebabkan alat kelamin gatal atau terasa panas. Namun, gejala ini bisa juga disebabkan masalah kesehatan lainnya seperti infeksi atau iritasi. Walaupun begitu, jika merasakan adanya sensasi yang tidak biasa pada organ kelamin, akan lebih baik untuk membicarakannya dengan dokter.

Keluar cairan dari alat kelamin
Salah satu tanda fisik mengidap penyakit seksual adalah keluarnya cairan yang tidak normal dari alat kelamin. umumnya gejala ini lebih sering terjadi kepada pria, yaitu penis mengeluarkan zat atau cairan yang tidak normal. Jenis penyakit seksual yang umum menimbulkan gejala ini adalah infeksi gonore (kencing nanah), klamidia, dan trichomoniasis.

Keputihan tidak normal
Secara umum, gejala ini dapat disebabkan beberapa masalah kesehatan, salah satunya PMS. Keputihan normal biasanya tidak berbau dan tidak berwarna. Namun jika alat kelamin mengeluarkan keputihan dalam jumlah yang tidak biasa, berbau tidak sedap dan berwarna putih kehijauan, bisa jadi Anda terinfeksi penyakit gonore.

Baca Juga: Mewaspadai PMS dari gejalanya, klik disini

Nyeri ketika buang air kecil
Pada pria atau wanita, sakit ketika buang air kecil juga disertai dengan keluarnya cairan seperti nanah kental berwarna kuning kehijauan. Jika kondisi ini terjadi, maka ada 3 jenis penyakit seksual yang dicurigai menjadi penyebabnya, yaitu gonore, klamidia, dan trichomoniasis.

Kutil atau memar
Sebaiknya untuk hati-hati jika muncul benjolan yang tidak biasa atau memar di area alat kelamin, sebab bisa jadi merupakan tanda atau gejala awal penyakit menular seksual, seperti herpes genital, kutil kelamin, dan sifilis. Walaupun kutil atau benjolan sudah hilang, tetap disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter, karena potensi memiliki virus di dalam darah dan dapat menyebabkan infeksi.

Terlepas dari gejala atau tanda fisik mengidap penyakit menular seksual, satu-satunya cara yang paling akurat untuk mengetahui apakah tertular infeksi kelamin adalah dengan melakukan tes dan pemeriksaan laboratorium sejak dini. Pengobatan penyakit menular seksual dengan cepat akan membantu proses penyembuhan dan menghindari terjadinya komplikasi.



Konsultasikah keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Sebagian besar PMS dapat disembuhkan dengan penanganan yang cepat dan tepat, namun tidak dengan obat rumahan atau obat-obatan yang dijual bebas, sebab penanganan yang tepat ditentukan berdasarkan penyebab utama penyakit tersebut. Untuk mendapatkan perawatan yang aman hingga tuntas. Kunjungi Klinik Utama Sentosa.

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kesehatan kelamin yang khusus menangani penyakit menular seksual, Andrologi, dan Ginekologi. Jika saat ini Anda mengalami gejala atau tanda fisik mengidap penyakit menular seksual, rekomendasi dengan dokter ahli kelamin terlatih dan sudah berpengalaman dibidangnya dapat Anda temukan hanya di Klinik Utama Sentosa.

Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait tanda fisik mengidap penyakit menular seksual (PMS), konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.