Min02Jun201910:04

5 Penyakit Menular Seksual Yang Harus Diwaspadai

Penyakit menular seksual (PMS) menyebabkan banyak komplikasi klinis, seringkali tidak dapat dipulihkan dan mahal, seperti masalah kesehatan organ reproduksi, masalah kesehatan janin dan yang paling berbahaya adalah kanker.
5 Penyakit Menular Seksual Yang Harus Diwaspadai
5 Penyakit Menular Seksual Yang Harus Diwaspadai
Pencegahan PMS merupakan strategi perawatan primer yang sangat penting untuk kesehatan reproduksi. Terlepas dari beban, biaya, komplikasi, dan kenyataan bahwa PMS dapat dicegah, PMS merupakan masalah kesehatan yang signifikan saat ini.

Penyakit menular seksual yang tidak diobati dapat menyebabkan masalah atau konsekuensi kesehatan jangka panjang yang serius, bahkan permanen terutama bagi wanita. PMS yang tidak terdiagnosis dan tidak diobati menyebabkan wanita menjadi tidak subur.

Pada kenyataannya, banyak penyakit menular seksual yang dapat disembuhkan, sementara yang lain dapat diobati dengan obat-obatan. Dan kemungkinan Anda tidak mengetahui bahwa Anda mengidap PMS, baik karena gejala yang muncul begitu halus sehingga kurang diperhatikan, atau karena gejala tidak ada sama sekali.

Jika Anda aktif secara seksual, terinfeksi PMS adalah kemungkinan hal yang nyata. Itu sebabnya penting untuk di tes secara teratur untuk melindungi dir dari segala risiko PMS. Berikut, 5 penyakit menular seksual yang harus diwaspadai yang tidak memiliki gejala yang jelas, antara lain:



1. Gonore (kencing nanah)
Gonore atau kencing nanah adalah PMS yang disebabkan infeksi bakteri yang paling umum. Banyak orang dengan gonore tidak menunjukkan gejala. Jika gejala ada, termasuk keputihan kuning, krem atau berwarna hijau dari alat kelamin (penis atau vagina), rasa sakit atau tidak nyaman ketika berhubungan seksual atau buang air kecil terasa nyeri, gatal di area alat kelamin. Jika gonore tidak diobati dapat menyebabkan infertilitas, penyakit radang panggul, infeksi saluran kencing, kelenjar prostat, atau testis.

2. Herpes kelamin
Herpes kelamin disebabkan infeksi virus herpes simpleks (HSV), yang ditularkan melalui hubungan seksual. Gejala yang paling umum adalah munculnya luka lepuh yang berkembang di area alat kelamin. obat-obatan tersedia untuk membantu mengendalikan wabah dan mengurangi rasa sakit akibat herpes.

3. Human papilloma virus (HPV)
HPV adalah virus yang ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui kontak intim kulit ke kulit. Ada banyak jenis HPV, beberapa lebih berbahaya daripada yang lain. Gejala HPV yang paling umum adalah kutil pada alat kelamin, mulut, atau tenggorokan.

Baca Juga: Cara mengobati penyakit kelamin secara tepat!

Beberapa jenis HPV dapat menyebabkan kanker, termasuk kanker mulut, kanker serviks, kanker vulva, kanker penis, dan kanker dubur. Sementara sebagian besar kasus HPV tidak menjadi kanker.

4. Sifilis (raja singa)
Sifilis adalah infeksi bakteri Treponema pallidum yang diperoleh dari hubungan seksual yang tidak sehat, seringkali tidak diperhatikan pada tahap awal. Gejala pertama yang muncul adalah luka bulat kecil yang dikenal dengan chancre, berkembang pada alat kelamin, dubur atau mulut.

Sifilis yang terdeteksi sejak dini dapat dengan mudah diobati dan disembuhkan. Jika tidak, sifilis dapat berakibat fatal, sifilis yang diobati sejak awal infeksi akan mengurangi kerusakan pada tubuh.

5. Trikomoniasis
Disebabkan organisme protozoa kecil yang dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui kontak genital. Ketika gejala berkembang, termasuk cairan abnormal keluar dari penis atau vagina, rasa seperti terbakar atau gatal disekitar vagina atau penis, sakit atau tidak nyaman ketika buang air kecil atau berhubungan intim.



PMS? Konsultasikan pada Klinik Utama Sentosa

Untuk mendapatkan pengobatan yang aman penyakit menular seksual jika saat ini Anda menderita PMS, pastikan Anda mendapatkan penanganan yang aman dan efektif sehingga penyakit kelamin sembuh maksimal tanpa menimbulkan komplikasi yang serius.

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kelamin, menangani penyakit menular seksual (PMS), Andrologi, dan Ginekologi, dimana Anda ditangani langsung oleh dokter ahli kelamin profesional terlatih yang sudah berpengalaman dibidangnya dan hingga saat ini sudah banyak membantu menyembuhkan penyakit kelamin dan puas dengan pelayanan yang kami berikan.

Kami memberikan pelayanan medis prima yang akurat, pekayanan terarah, berfokus pada penyebab penyakit sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Di dukung peralatan medis modern yang canggih dengan biaya yang relatif terjangkau. Untuk informasi lebih lanjut jika saat ini Anda mengalami gejala penyakit menular seksual dan memiliki pertanyaan lain, silahkan konsultasikan keluhan Anda secara online gratis, atau hubungi kami di 081366657878.