Sel05Mar201914:38

5 Jenis Infeksi Menular Seksual Paling Umum

Infeksi menular seksual yang paling umum terjadi karena penetrasi seks tanpa menggunakan pelindung atau kondom. Infeksi ini dapat dialami oleh siapa saja, baik pria maupun wanita yang aktif secara seksual. Gejala dari infeksi menular seksual terkadang muncul tidak jelas, namun akan lebih berbahaya jika diderita oleh wanita. Selain itu, wanita yang sedang hamil berisiko menularkan infeksi pada bayi hingga menyebabkan masalah kesehatan cukup serius.
infeksi menular seksual
infeksi menular seksual

Beberapa Gejala Infeksi Menular Berdasarkan Jenisnya


Gejala umum dari infeksi menular seksual ditandai dengan benjolan di organ kelamin, sakit saat buang air kecil serta ketika berhubungan seksual, keluarnya cairan asing dari kemaluan, pembengkakan pada kelenjar getah bening, dan muncul ruam di anggota tubuh terutama tangan atau kaki. Gejala infeksi menular seksual dapat berbeda-beda berdasarkan jenis, yakni sebagai berikut:


• Klamidia

Salah satu jenis infeksi menular seksual yang sering menyerang tubuh adalah klamidia. Beberapa gejala yang muncul kibat penyakit ini, antara lain sakit saat buang air kecil, nyeri pada perut bagian bawah, keluarnya cairan tidak normal dari organ kelamin, nyeri pada testis, serta pendarahan di luar periode menstruasi.

• Gonore

Gonore adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae. Biasanya, gejala gonore baru akan muncul dalam 10 hari setelah terinfeksi. Gejala yang dirasakan penderitanya, antara lain pembengkakan pada testis, adanya rasa gatal si area anus, nyeri ketika buang air besar, dan sensasi terbakar atau perih saat buang air kecil.

• Trikomoniasis

Penyakit trikomoniasis merupakan infeksi menular yang diakibatkan karena adanya parasit bersel satu bernama Trichomonas vaginalis. Gejala yang akan dirasakan penderita penyakit ini, seperti keluarnya cairan asing dari kemaluan, adanya bau menyengat dari organ kelamin, gatal hingga iritasi pada kelamin pria, dan sakit ketika senggama atau saat buang air kecil.

• Herpes

Herpes diakibatkan oleh virus herpes simpleks atau HSV yang masuk ke dalam tubuh melalui luka kecil di kulit atau selaput lendir. Beberapa orang tidak menyadari infeksi karena penyakit muncul tanpa gejala yang jelas. Namun, terdapat beberapa gejala umum dari penyakit herpes, di antaranya benjolan kecil di sekitar organ genital yang terasa gatal dan muncul bisul disertai dengan sakit saat buang air kecil.

• HIV

Penyakit HIV menular akibat virus yang masuk melalui cairan tubuh dan menyerang sistem kekebalan tubuh. Jika kondisi ini berkembang semakin parah, maka virus akan berubah menjadi AIDS. Gejala HIV tidak terlalu tampak sehingga biasanya baru diketahui setelah memasuki tahap lanjutan, seperti bengkak pada kelenjar getah bening, diare, menurunnya berat badan, serta demam.

MACAM PENYAKIT MENULAR SEKSUAL BERDASARKAN PENYEBABNYA*

Penanganan Tepat yang Dapat Dilakukan


Dalam menangani penyakit menular seksual, biasanya dokter memberikan beberapa obat-obatan, berupa antibiotik dan antivirus. Obat antibiotik efektif menyembuhkan berbagai infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri, seperti gonore, klamidia, dan trikomoniasis. Sementara obat antivirus dapat membantu mengurangi risiko infeksi serta kekambuhan penyakit jika dikonsumsi secara rutin. Untuk mendapatkan kesembuhan maksimal, penderita infeksi menular seksual perlu melakukan tindak pencegahan, seperti:

• Perbanyak konsumsi makanan sehat.
• Hentikan kebiasaan merokok.
• Tidak menggunakan obat-obatan terlarang.
• Rutin melakukan olahraga.
• Lakukan kegiatan seksual yang aman.
• Periksakan kondisi kesehatan dengan dokter.
• Rutin konsumsi obat yang diresepkan dokter.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Untuk menghindari penularan infeksi menular seksual, Anda dapat melakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan konsultasi di klinik ini, anda akan mendapatkan perawatan terbaik karena ditangani oleh dokter berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern.
 
Selain itu, klinik ini juga memiliki fasilitas unggulan seperti, layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi, anda dapat mengetahui penyebab penyakit secara pasti serta jenis perawatan yang cocok untuk dilakukan. Penyakit menular sekual pada pria maupun wanita harus segera ditangani sebelum menyebabkan komplikasi yang serius. Untuk itu, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.