Kam28Feb201915:34

5 Cara Mencegah Infeksi Kelamin

 
Infeksi kelamin terjadi akibat melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan pelindung atau kondom. Bakteri maupun virus yang menjadi penyebab infeksi kelamin dapat bersarang pada cairan tubuh yang keluar saat kegiatan seksual. Cairan ini kemudian mudah berpindah melalui permukaan tubuh yang terbuka, seperti luka. Gejala infeksi kelamin terkadang sulit terdeteksi sehingga pemeriksaan pada kesehatan seksual perlu dilakukan secara rutin.
infeksi kelamin
infeksi kelamin

Jenis Penyakit Menular Seksual Serta Gejalanya

Gejala dari infeksi kelamin tidak selalu terlihat dengan jelas sehingga terkadang penderita sudah menderita penyakit tanpa disadari. Namun, perlu diketahui jika gejala infeksi kelamin pada wanita bisa lebih parah dibandingkan pria. Pada wanita yang sedang hamil, infeksi ini bisa berdampak buruk karena menyebabkan masalah kesehatan serius bagi bayi dalam kandungan. Gejala infeksi kelamin dapat berbeda-beda berdasarkan jenis penyakitnya, yakni:


• Klamidia

Klamidia merupakan salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Gejala umum dari penyakit klamidia adalah sakit saat buang air kecil, keluarnya cairan asing dari organ kelamin, nyeri ketika berhubungan seksual, terjadi pendarahan di luar periode menstruasi, dan nyeri pada testis.
 
• Gonore
 
Gejala penyakit gonore atau kencing nanah akan muncul dalam 10 hari setelah terinfeksi. Beberapa gejala yang dirasakan penderitanya, meliputi keluarnya cairan kental dari organ kelamin, adanya sensasi terbakar atau nyeri ketika buang air kecil, pendarahan di luar periode haid, gatal pada anus, dan pembengkakan pada testis.


• Herpes genital

Penyakit herpes genital terjadi akibat infeksi virus herpes simpleks yang memasuki tubuh melalui luka kecil di kulit. Terkadang, penyakit ini tidak memunculkan gejala yang pasti, namun beberapa tanda yang perlu Anda ketahui adalah adanya benjolan, kulit melepuh pada sekitar anal, sakit di sekitar organ genital, serta ketika buang air kecil.
 

Pencegahan Tepat Terhadap Penyakit Menular Seksual

Cara paling ampuh untuk mencegah infeksi penyebab penyakit kelamin adalah tidak melakukan hubungan seksual dengan orang yang berbeda-beda. Hubungan seksual yang dimaksud, dapat berupa vaginal, anal, dan juga oral. Tak hanya itu, beberapa pencegahan yang dapat Anda lakukan, adalah sebagai berikut:


• Setia pada pasangan seksual

Risiko penularan infeksi penyebab penyakit menular sekual salah satunya adalah setia pada satu pasangan seksual saja. Selain itu, pastikan jika pasangan dan Anda terbebas dari infeksi virus yang menyebabkan penyakit kelamin.


• Tidak mengonsumsi alkohol

Alkohol dapat meningkatkan seseorang untuk melakukan seks yang tidak aman akibat tidak sadarkan diri atau mabuk. Mengonsumsi alkohol yang berlebihan juga akan mengakibatkan pengaruh buruk pada tubuh.


• Melakukan vaksinasi

Vakninasi dilakukan guna mengurangi risiko terkena virus HPV, terutama pada wanita. Vaksin HPV diketahui berhasil menurunkan potensi seseorang terinfeksi penyakit menular sebanyak 50 persen.


• Gunakan pelindung atau kondom

Sebagian besar penggunaan pelindung atau kondom saat berhubungan seksual mampu mencegah infeksi menular seksual. Beberapa kondom bahkan sudah memiliki kandungan yang dapat membunuh mikroorganisme penyebab penyakit.
 
• Jaga kebersihan organ kelamin
 
Organ kelamin yang bersih dan terjaga kebersihannya dapat mencegah mikroorganisme untuk menyerang tubuh. Pencegahan ini bisa Anda lakukan dengan membersihkan kemaluan sebelum atau sesudah melakukan hubungan seksual.
 

Konsultasikan Segera Bersama Klinik Utama Sentosa

Infeksi kelamin dapat ditangani dengan melakukan konsultasi penyakit bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit berlangsung cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan pada biaya perawatan sehingga pasien tidak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dikeluarkan. Sebelum menentukan perawatan lebih lanjut, pasien dapat berkonsultasi secara online dan gratis guna mengetahui penyebab penyakit serta jenis penanganan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.