Kam18Apr201915:38

3 Gejala Penyakit Menular Seksual Wanita Diabaikan

Gejala penyakit menular seksual seringkali diabaikan, terutama pada wanita yang disebabkan gejalanya yang mungkin terlalu ringan sehingga penderita tidak menyadarinya. Tak jarang, didiagnosis setelah komplikasinya muncul.
3 Gejala Penyakit Menular Seksual Wanita Diabaikan
3 Gejala Penyakit Menular Seksual Wanita Diabaikan
Penyakit menular seksual atau penyakit kelamin adalah penyakit atau infeksi yang umumnya ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak aman. Penyebaran dapat melalui sperma, cairan vagina, darah, atau cairan tubuh yang lainnya.

Gejala penyakit menular seksual tidak selalu jelas. Jika Anda merasa memiliki gejala atau terpapar, segera kunjungi dokter. Beberapa IMS dapat dengan mudah diobati dan disembuhkan, namun yang lain membutuhkan perawatan yang rumit untuk mengelolanya.

Jika tidak diobati, IMS dapat meningkatkan risiko tertular IMS lain seperti HIV. Ini terjadi karena IMS dapat menstimulasi respon imun di area genital atau menyebabkan luka, yang keduanya dapat meningkatkan risiko penularan HIV. Selain itu, IMS yang tidak diobati dapat menyebabkan infertilitas, kerusakan organ, beberapa jenis kanker, atau bahkan kematian.



Berikut, 3 gejala penyakit menular seksual wanita sering diabaikan

Gonore, tidak ada gejala apapun di awal penularan
Gonore atau biasa disebut penyakit kencing nanah adalah penyakit menular seksual disebabkan infeksi bakteri Neisseria gonorhoeae. Beberapa penderita penyakit ini tidak menunjukkan gejala yang signifikan, sehingga menyebabkan tidak diketahui sama sekali jenis infeksinya. Beberapa gejala penyakit menular seksual gonore yaitu, cairan vagina encer berwarna kuning atau hijau, gatal sekitar kelamin, sakit saat buang air kecil, dan pendarahan saat melakukan hubungan seksual.

Luka di alat kelamin tidak sakit, bisa jadi gejala sifilis tahap awal
Sifilis disebabkan infeksi bakteri Treponema pallidum, gejala penyakit menular seksual sifilis awal berupa munculnya lesi atau luka pada area alat kelamin atau mulut. Luka ini tidak terasa sakit, namun sangat mudah untuk menularkan infeksi.

Perubahan cairan vagina bisa jadi gejala klamidia
Klamidia disebabkan infeksi bakteri chlamydia trachomatis, merupakan penyakit menular seksual yang paling umum terjadi, beberapa orang tidak merasakan gejala sama sekali, sehingga penularan dapat terjadi tanpa disadari. Gejala penyakit menular seksual pada wanita berupa menstruasi yang banyak, cairan vagina abnormal, nyeri perut bawah dan sakit atau perih ketika buang air kecil.

Baca Juga: Bagaimana Penanganan IMS Pada Wanita? Klik Disini

Pengobatan penyakit menular seksual

Infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan infeksi bakteri lebih mudah untuk diobati dan disembuhkan. Infeksi virus dapat diobati namun tidak selalu sembuh. Jika Anda sedang hamil dan memiliki IMS, perawatan yang cepat dapat mencegah atau mengurangi risiko infeksi pada bayi.

Semakin cepat Anda memulai perawatan yang efektif, maka akan semakin lebihbaik untuk mendapatkan pengobatan yang maksimal. Konsultasilah dengan dokter untuk mendapatakn perawatan yang tepat untuk mengatasi penyakit kelamin Anda.

Obat alami atau rumahan yang Anda lakukan tidak terbukti efektif untuk membasmi bakteri atau virus penyebab penyakit kelamin. Walau mungkin sembuh, akan berulang kembali dan menimbulkan gejala yang mungkin lebih parah.



Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin yang khusus menangani penyakit menular seksual (PMS), Andrologi, dan Ginekologi hingga tuntas. Memiliki dokter ahli kelamin profesional yang sudah terlatih dan sudah banyak menangani penyakit kelamin yang puas dengan pelayanan yang kami berikan.

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin, memiliki dokter ahli yang sudah berpenglaman dibidangnya. Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait efek gejala penyakit kelamin pada wanita, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.