Sel14Mei201909:21

3 Gejala Penyakit Menular Seksual Pada Wanita

Sebagian besar tidak menghasilkan gejala penyakit menular seksual pada wanita, jika terjadi menghasilkan gejala flu yang samar-samar atau umum yang dapat disebabkan berbagai kondisi. Mungkin sulit untuk menentukan penyebab karena penyakit menular seksual (PMS) tanpa dites.
3 Gejala Penyakit Menular Seksual Pada Wanita
3 Gejala Penyakit Menular Seksual Pada Wanita
Gejala penyakit menular seksual pada wanita atau tanda-tanda PMS yang terlihat, infeksi seringkali tidak diketahui dan tidak diobati, sehingga dapat menyebabkan efek jangka panjang, bahkan menimbulkan komplikasi karena pengobatan yang terlambat.

Penyakit menular seksual (PMS) adalah penyakit atau infeksi yang umumnya ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak aman. Penyebaran dapat melalui sperma, cairan vagina, atau cairan tubuh lainnya.



Berikut, 3 gejala penyakit menular seksual pada wanita yang seringkali tidak disadari oleh penderita

1. Muncul luka pada alat kelamin dan tidak sakit
Penyakit sifilis atau dikenal juga dengan penyakit raja singa merupakan infeksi menular seksual yang disebabkan bakteri Treponema pallidum, gejala awal penyakit ini adalah munculnya lesi atau luka (chancre) pada area alat kelamin atau mulut. Luka yang muncul tidak terasa sakit, namun sangat menular.

2. Perubahan cairan vagina
Klamidia merupakan jenis penyakit seksual disebabkan infeksi bakteri Chlamydia trachomatis. Beberapa orang tidak merasakan gejala sama sekali, sehingga penularan terjadi tanpa disadari. Gejala penyakit menular seksual chlamydia pada wanita yaitu cairan vagina yang tidak seperti biasa, perih atau sakit ketika buang air kecil, sakit ketika berhubungan intim, dan pendarahan diluar siklus menstruasi.

3. Penyakit gonore atau kencing nanah tidak menunjukkan gejala pada awal penularan
Penyakit menular seksual gonore disebabkan infeksi Neisseria gonorhoeae. Beberapa wanita tidak menunjukkan gejala apapun sehingga tidak dapat diketahui sama sekali jika terinfeksi. Berikut beberapa gejala penyakit menular seksual pada wanita yang terinfeksi, antara lain:

• Cairan vagina encer berwarna kuning atau hijau.
• Frekuensi buang air kecil meningkat dari biasanya dan terasa perih atau terbakar.
• Sakit pada bagian perut bagian bawah ketika melakukan hubungan seksual atau setelahnya.
• Gatal pada area alat kelamin.

Jika Anda merasakan gejala penyakit menular seksual terutama bagi Anda yang berisiko tinggi, sebaiknya untuk tidak mengabaikannya dan segera lakukan pemeriksaan untuk mendapatkan diagnosis. Beberapa penyakit menular seksual dapat disembuhkan hingga tuntas dengan pengobatan yang tepat.

Baca Juga: Faktor Penyebab Terjadinya Penyakit Menular Seksual (PMS)! Klik Disini

Diagnosis dan pencegahan

Diagnosis dilakukan dengan melakukan tes laboratorium untuk menentukan penyebab penyakit menular seksual Anda. Penting untuk di uji untuk PMS lain dan apakah vaksinasi HPV dibutuhkan. Untuk pencegahan yang efektif sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual bebas.

Untuk tindakan pengobatan, hal ini bergantung pada faktor risiko serta riwayat medisnya, tenaga medis kesehatan akan mengambil tindakan dan metode pengobatan yang sesuai dengan kebutuhan penyakit Anda. Saat ini yang terpenting adalah jika mengalami gejala penyakit menular seksual pada wanita atau pria, konsultasikan terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan pengobatan apa saja.



Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit menular seksual (PMS), Andrologi, dan Ginekologi. Memiliki dokter ahli kelamin profesional terlatih yang sudah berpengalaman dibidangnya sehingga Anda tidak perli khawatir, sebab kami memberikan pelayanan terbaik, kenyamanan selama tindakan pengobatan, kesehatan dan kesembuhan setiap pasien yang mempercayakan pengobatan adalah prioritas bagi kami.

Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait gejala penyakit menular seksual pada wanita dan mengatasinya hingga tuntas, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.