Sen28Jan201916:38

Phimosis dan Paraphimosis

 

Phimosis merupakan keadaan dimana preputium (kulit penis) melekat pada glans (bagian kepala penis) yang mengakibatkan lubang saluran air seni tersumbat, sehingga sulit dan merasakan sakit ketika buang air kecil.

Phimosis dan Paraphimosis
Phimosis dan Paraphimosis

Ketika anak laki-laki belum sunat, sebaiknya untuk membiasakan menarik serta mengulur kulup penis ke pangkal dan ke ujung yang berfungsi untuk menghindari lengket. Pada beberapa orang, mungkin tidak mampu untuk menarik kulup sepenuhnya hingga ke pangkal, ketika hal ini terjadi disebut dengan phimosis.

Sedangkan parafimosis adalah kondisi dimana kulup penis ditarik ke pangkal tetapi tidak dapat dikembalikan ke ujung penis, sehingga kulup menjepit batang penis, hal ini merupakan kondisi gawat darurat sebab penjepitan batang penis oleh kulup akan menimbulkan bendungan aliran darah serta pembengkakan pada ujung penis, yang dapat berujung kematian pada jaringan penis akibat darah tidak mampu untuk mengalir di penis.

Seiring berjalannya waktu, anak laki-laki yang menjelang pubertas akan mengalami pemendekan kulup (retraksi kulup) sehingga kepala penis akan tampak dengan alami. Perawatan akan dibutuhkan jika fimosis terjadi setelah kulup tertarik ke belakang (pria yang telah melewati masa pubertas). Atau meski kulup belum tertarik, akan tetapi  kepala penis mengalami nyeri, kemerahan, atau bengkak, tindakan penanganan harus segera dilakukan dengan cepat dan tepat dengan jalan sunat atau sirkumsisi.


 <<KONSULTASI ONLINE 24 JAM GRATIS HANYA DI KLINIK UTAMA SENTOSA>>

Penyebab phimosis dan parafimosis

Penyebab phimosis

Berbagai kemungkinan yang dapat menyebabkan phimosis, termasuk infeksi atau juga kondisi kulit. Diagnosis berdasarkan riwayat medis penderita. Fimosis menyerang anak laki-laki atau pria yang tidak sunat.

Phimosis normal pada bayi yang tidak sunat dan balita, karena kulup masih menempel pada kelenjar. Hal ini akan mulai melepas secara alami antara 2-6 bulan, meski itu akan terjadi nanti. Phimosis kemungkinan terjadi pada pria disebabkan oleh:

  • ISK (infeksi saluran kemih) berulang.
  • Infeksi pada kulup.
  • Penanganan ulang kulit khitan.
  • Trauma pada kulup.

Pada orang dewasa, faktor risiko phimosis termasuk infeksi menular seksual (IMS). Phimosis juga dapat disebabkan kondisi kulit, seperti;

  • Kondisi jangka panjang menyebabkan kulit merah, gatal, kering, serta pecah-pecah.
  • Kondisi kulit yang menyebabkan bercak kulit menjadi bersisik, merah, serta berkerak.
  • Lichen planus. Ruam gatal yang mempengaruhi daerah tubuh yang berbeda. Tidak menular.
  • Lichen sclerosus. Kondisi ini akan menyebabkan jaringan parut pada kulup, dapat menyebabkan phimosis. Kemungkinan disebakan iritasi urine.

Penyebab Parafimosis

Gangguan penis ini disebabkan salah satu kondisi kegiatan, seperti:

  • Kulup yang tersisa ditarik cukup lama dapat menyebabkan pembengkakan. Hal ini dapat terjadi selama melakukan pemeriksaan medis, setelah dibersihkan atau setelah buang air kecil.
  • Kulup ketat ditarik menyebabkan pensi bengkak. Hal ini akan menyebabkan kulup tidak dapat kembali pada posisi semula.
  • Aktivitas seksual yang kuat, penggunaan cincin penis yang menyempit akan meningkatkan ereksi kompresi, dan menusuk penis.

Parafimosis pada pria yang berusia lebih tua disebabkan oleh:

  • Diabetes, akan menyebabkan peradangan yang kronis pada penis serta kulup.
  • Katerisasi dilakukan tanpa kulup dikembalikan pada posisi alami.

Parafimosis lainnya juga dapat disebabkan beberapa faktor seperti:

  • Penaganan kulup yang salah.
  • Ketika berhubungan seksual.
  • Kondisi penis lainnya, penyakit lain pada penis dapat menyebabkan masalah pada kulup. Contohnya phimosis dapat menyebabkan parafimosis.

 
<<KONSULTASI ONLINE 24 JAM GRATIS HANYA DI KLINIK UTAMA SENTOSA>>

Diagnosis serta pengobatan phimosis dan parafimosis

Pada umunya dokter akan mengetahui apakah Anda memiliki salah satu kondisi ini dengan mendengarkan penjelasan yang Anda sampaikan dan melakukan pemeriksaan fisik. Anda tidak perlu malu atau merasa bersalah atas kondisi Anda, sebab mungkin dokter sudah terbiasa dengan kondisi yang seperti Anda alami.

Mengobati phimosis

Tindakan pengobatan phimosis akan dilakukan tergantung pada tingkat eparahan serta kondisi pasien. Dokter juga akan mempertimbangkan penyebab masalah serta solusi yang mungkin Anda inginkan. Tindakan sunat efektif untuk mengatasi phimosis. Peting untuk diketahu phimosis tidak bisa dibiarkan begitu saja. Sebab, penderita phimosis yang tidak melakukan tindakan penanganan akan lebih mungkin untuk mengalami kanker penis, dapat menyebabkan pembengkakan yang meningkat, jaringan mati, dan akahirnya akan kehilangan penis.

Mengobati Parafimosis

Kondisi parafimosis sering dirawat di unit gawat darurat. Tindakan penanganan parafimosis, dokter akan memberikan bantuan seperti:

  • Menerapkan obat oles pada penis untuk mengurangi bengkak. Kemudian dokter akan melepaskan kulup dari posisinya secara manual.
  • Jarum untuk membuat lubang di kulup, untuk memungkinkan cairan yang menyebabkan bengkak agar keluar.
  • Tindakan sunat.

 
SIMAK BIAYA PENGOBATAN PARAFIMOSIS* KLIK DISINI

Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Anda mengalami kondisi phimosis atau parafimosis dan sedang mencari cara untuk mengatasinya? Anda tidak perlu khawatir, karena kini Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode dan tindakan sunat terbaru yang tidak akan Anda dapatkan ditempat lain. Disini Anda ditangani langsung oleh dokter ahli profesional yang sudah berpengalaman bidang penyakit kelamin. sudah banyak yang datang melakukan metode sunat ke Klinik Utama Sentosa dengan hasil yang memuaskan dan puas dengan layanan dan perawatan yang kami berikan. Anda tidak perlu malu dan khawatir, sebab tindakan sunat tidak terasa sakit, tidak menimbulkan efek samping dikemudia hari. Karena kami memiliki dokter ahli kelamin, di dukung peralatan medis modern yang canggih, dengan biaya sunat yang relatif terjangkau. Kami memberikan pelayanan dan perawatan medis prima untuk kepuasan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut terkait phimosis dan parafimosis dan untuk mengatasinya dengan cepat dan tepat, silahkan klik website kami untuk konsultasi terlebih dahulu, atau hubungi kami di 0813 6665 7878. Tuntaskan penyakit phimosis dan parafimosis Anda bersama Klinik Utama Sentosa sekarang juga!