Sab04Mei201915:33

Penanganan Parafimosis Yang Aman Hingga Tuntas

Penanganan parafimosis yang aman dan efektif akan bervariasi dan tergantung pada usia dan tingkat keparahan kondisi. Secara umum, langkah pertama yang dilakukan sebagai penanganan parafimosis adalah mengurangi pembengkakan.
Penanganan Parafimosis Yang Aman Hingga Tuntas
Penanganan Parafimosis Yang Aman Hingga Tuntas
Parafimosis adalah keadaan darurat, terjadi pada pria yang tidak disunat dimana kulit khatan terperangkap di belakang korona, membentuk pita yang ketak dari jaringan konstriksi. Parafimosis dapat dicegah dengan mengembalikan preputium untuk menutupi kelenjar setelah manipulasi penis.

Penyebab parafimosis termasuk akibat kesalahan medis, kondisi ini sering terjadi setelah dilakukan pemeriksaan pada penis. Saat kulit khatan terjebak di balik korona (lingkar kepala penis) dalam waktu yang lama, dapat terbentuk jaringan yang mengencang serta menyempit. Cincin jaringan yang melingkar tersebut akan mengganggu aliran darah dan aliran limfatik dari penis dan kulit khatan.

Kurangnya pasokan darah ke penis dan terjadinya pembengkakan pembuluh darah, kepala penis akan menjadi bengkak. Jika tidak segera mendapatkan penanganan parafimosis, dapat menyebabkan matinya sel-sel penis, dan penisdapat teramputasi.



gejala dan diagnosis parafimosis

Gejala utama parafimosis berupa tidak kembalinya kulit selubung pada penis ke posisi normal (melebihi ujung penis). Kulit dan ujung penis dapat mendadak bengkak serta terasa sakit. Ujung penis juga menjadi berubah warna menjadi merah atau biru akibat berkurangnya darah yang mengalir ke area penis.

Pemeriksaan fisik fokus pada penis, dan skrotum. Bagian penis harus diperiksa, yaitu kulup, warna kelenjar, tingkat penyempitan sekitar korona penis, dari preputium. Setelah itu, tindakan penanganan akan dilakukan.

Baca juga: Apa itu Penyakit paraphimosis? Klik Disini

Tindakan pengobatan parafimosis

Penanganan parafimosis dimulai dengan pengurangan bengkak (edema), berbagai pilihan termasuk kompres mekanis, terapi farmakologis, serta celah dorsal. Pencegahan dini merupakan elemen kunci dalam perawatan parafimosis. Beberapa langkah penanganan parafimosis yang dapat dilakukan, antara lain:

*Pengurangan edema/bengkak penis dengan suntikan
Bertujuan untuk mengembalikan kulit khatan ke posisi awalnya, baik dengan metode invasif atau non invasif. Karena rasa nyeri yang ekstrem, pasien memerlukan blok saraf ketika manipulasi penis dilakukan. Sebaiknya untuk tidak sembarangan mengoleskan krim pada area alat kelamin Anda tanpa anjuran dokter.

*Kompres dengan es
Hal ini berguna untuk mengurangi pembengkakan penis dan kulit khatan.

*Terapi minimal invasif
Teknik tusukan merupakan terapi minimal invasif dimana jarum digunakan menusuk area yang membengkak secara langsung. Drainase eksternal dari cairan yang terperangkap akan mengurangi parafimosis secara manual. Teknik ini harus dilakukan oleh dokter ahli kelamin berpengalaman dalam melakukan metode ini.

*Terapi bedah
Jika jaringan mengalami penyempitan sangat kencang dan menghalangi semua bentuk terapi invasif atau minimal invasif, langkah penanganan selanjutnya adalah pembedahan harus dilakukan. Tindakan ini harus dilakukan dokter berpengalaman dengan prosedur ini.

*Penyunatan
Metode sunat sebagai terapi definitif, dilakukan untuk mencegah terjadi dikemudian hari, terlepas dari metode pengurangan pembengkakan apapun yang telah dilakukan.



Parafimosis? Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Jika saat ini sedang mencari cara untuk mengatasi parafimosis yang Anda alami, atau Anda berniat untuk melakukan tindakan sunat dewasa untuk mencegah parafimosis berulang, kunjungi Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin yang khusus menangani penyakit kelamin, memiliki dokter ahli kelamin profesional terlatih yang sudah banyak menangani metode sunat dewasa.

Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode sunat dewasa dan pengobatan terbaru, tanpa rasa sakit dan efek samping untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait penanganan parafimosis yang aman dan akurat, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.