Min06Jan201914:45

Parafimosis adalah Bahaya Akibat Tidak Sunat

Parafimosis adalah kelainan dimana kulup kelamin tidak dapat dikembalikan ke depan atau kepala kelamin. Keadaan kulup yang tersangkut ini akan menyebabkan pembengkakan karena mencegah peredaran darah ke ujung kelamin. Parafimosis mudah terjadi karena tidak melakukan sunat, terutama pada anak-anak dan pria lanjut usia. Jika tak segera ditangani, kondisi ini akan berujung pada komplikasi yang lebih serius dan berbahaya.

parafimosis adalah
parafimosis adalah

Beberapa Tanda yang Dirasakan Penderitanya

Gejala utama yang dirasakan penderita parafimosis adalah rasa sakit akibat pembengkakan yang terjadi. Pembengkakan berasal dari tidak dapat kembalinya kulit kulup pada kelamin ke posisi semula atau ujung kepala kelamin. Ujung kelamin akan berubah menjadi kemerahan hingga biru akibat darah tidak mengalir dengan lancar ke daerah yang terhambat kulup kelamin. Karena itu, kondisi ini dapat menimbulkan beberapa komplikasi serius, seperti:


• Infeksi berat

Salah satu komplikasi akibat parafimosis adalah infeksi berat pada organ kelamin. Hal ini disebabkan oleh penurunan aliran darah yang kemudian mengakibatkan kadar oksigen dalam jaringan berkurang.
 

• Adanya gangrene

Gangrene atau kematian pada jaringan merupakan komplikasi lain yang bisa dialami oleh pria dengan kondisi parafimosis. Kerusakan pada ujung kelamin ini dapat berujung pada hilangnya ujung kelamin akibat jaringan yang tidak berfungsi.

Penyebab Masalah Parafimosis Pada Pria

Pemicu utama masalah parafimosis adalah lupa mengembalikan kulit kulup seperti semula sesudah membersihkan organ kelamin atau setelah melakukan pemeriksaan medis. Selain itu, terdapat berbagai penyebab parafimosis pada pria lainnya. Beberapa penyebab yang memicu masalah parafimosis adalah sebagai berikut:


• Penarikan kulit kulup yang terlalu kuat.
• Memiliki trauma fisik di sekitar organ kelamin.
• Kelainan pada kulup, yakni terlalu ketat.
• Kulup kelamin ditarik ke belakang cukup lama.
• Menindik kelamin hingga menyebabkan infeksi.
• Penggunaan kateter dalam jangka waktu lama.

Penyebab lain dari parafimosis adalah aktivitas seksual yang terlalu kuat sehingga kulup tertarik ke belakang. Selain itu risiko yang dapat mengakibatkan munculnya masalah ini, seperti gigitan serangga, sunat tidak dilakukan dengan benar, dan penyakit diabetes. Untuk menghindari terjadinya kondisi tersebut, Anda dapat melakukan berberapa tindak pencegahan, seperti berikut ini.
 
• Bilas organ kelamin dengan air hangat secara rutin.
• Tidak menarik kulup kelamin terlalu keras.
• Hindari penggunaan bedak pada organ kelamin.
• Tidak memakai sabun pembersih berbahan kimia.

Lakukan Penanganan Bersama Klinik Utama Sentosa

Parafimosis pada pria bisa ditangani oleh dokter dengan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Namun, biasanya sebelum pemeriksaan dilakukan dokter akan mendiagnosis penyakit dengan melihat gejala yang dirasakan. Jika sudah diketahui, penanganan dapat dilakukan berdasarkan tingkat keparahannya. Cara menangani parafimosis yang terdeteksi dini dapat Anda lakukan, dengan cara:


• Kompres bagian yang mengalami pembengkakan dengan es.
• Bungkus erat organ kelamin dengan menggunakan perban.
• Keluarkan nanah atau darah akibat pembengkakan dengan jarum.
• Suntik kelamin dengan obat guna mengurangi pembengkakan.

Pada kasus yang sudah semakin parah, biasanya dokter akan melakukan tindakan penyayatan guna mengurangi tekanan pada organ kelamin. Umumnya, parafimosis mudah diatasi dengan melakukan perubahan pada gaya hidup. Selain itu, penanganan secara mandiri juga bisa dilakukan, seperti membersihkan daerah kemaluan setiap hari, selalu menarik kulup ke posisi semula, dan lakukan pemeriksaan secara berkala pada kesehatan organ kelamin.
 
Pemeriksaan terhadap masalah parafimosis dapat Anda lakukan di Klinik Utama Sentosa. Klinik ini merupakan salah satu klinik kesehatan khusus menangani masalah kulit dan kelamin yang terletak di daerah Jakarta. Pelayanan medis di klinik ini terbukti memuaskan karena dilengkapi oleh peralatan medis yang canggih dan modern. Tak perlu menunggu waktu lama, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.