Rab09Jan201916:37

Ketahui, Berikut Gejala Parafimosis

Gejala parafimosis yang sering dirasakan penderitanya adalah sakit di sekitar organ kelamin. Rasa sakit tersebut dikarenakan oleh adanya pembengkakan di organ kelamin. Penyakit parafimosis terjadi akibat belum melakukan sunat dimana kulit kulup tidak dapat kembali ke posisi awal atau ujung kepala kelamin. Kondisi kulup ini akan menyebabkan pembengkakan yang parah.

gejala parafimosis
gejala parafimosis
Pembengkakan pada organ kelamin disebabkan oleh tersumbatnya peredaran darah menuju kelamin akibat dari kulit kulup yang tersangkut. Penyebab tersangkutnya kulit kelamin dapat dipicu oleh beberapa hal lain, seperti penarikan paksa pada kulup ketat, aktivitas seksual terlalu kuat, dan menarik kulup terlalu berlebihan. Jika tak segera ditangani, masalah parafimosis dapat mengakibatkan infeksi serius, kematian jaringan, hingga amputansi di ujung kelamin.
 

Apa Saja Gejala Penyakit Parafimosis?

Gejala parafimosis sangat mudah dikenali karena ujung kelamin mengalami perubahan warna menjadi merah tua serta membiru. Hal ini terjadi akibat aliran darah menuju organ kelamin terhalang oleh kulit kulup yang tersangkut. Secara umum, gejala parafimosis pada pria dewasa akan sangat mengganggu jika tak segera ditangani. Beberapa tanda atau hejala parafimosis, antara lain:

• Terjadi pembengkakan pada organ kelamin.
• Adanya rasa nyeri dan sakit di sekitar organ kelamin.
• Kepala kelamin berwarna kemerahan dan menghitam.
• Mengalami kesulitan untuk buang air kecil.
• Sekitar organ kelamin terasa tidak nyaman.

PARAFIMOSIS ADALAH BAHAYA AKIBAT TIDAK SUNAT*


Diagnosis Serta Pencegahan Pada Parafimosis

Hasil diagnosis masalah parafimosis biasanya didapatkan berdasarkan pemeriksaan fisik yang telah dilakukan. Usia dan tingkat keparahan kondisi penyakit menjadi salah satu faktor untuk mempertimbangkan penanganan selanjutnya. Dokter akan menentukan diagnosis dengan melakukan wawancara guna mengetahui gejala parafimosis secara lebih tepat. Masalah lain berupa komplikasi penyakit yang lebih serius perlu dicari agar masalah dapat segera ditangani.
 
Gejala parafimosis yang sudah semakin parah harus diatasi dengan melakukan prosedur bedah guna menangani masalah dengan cepat. Penderita parafimosis kemungkinan akan kehilangan ujung kelamin karena infeksi serius. Untuk itu, gejala parafimosis harus dihindari dengan melakukan tindak pencegahan sesuai saran dokter. Beberapa cara mencegah yang dapat Anda lakukan di rumah, antara lain:

• Bersihkan organ kelamin dengan air hangat secara teratur.
• Tarik kembali kulup ke posisi senula setelah BAK atau melakukan seks.
• Tidak membiarkan kulit kelamin tertarik ke belakang dalam waktu lama.
• Hindari penggunaan sabun pembersih yang berbahan dasar zat kimia.
• Tidak menggunakan sabun pada kelamin karena akan memicu iritasi.
 

Penanganan Tepat yang Dapat Dilakukan

Penanganan parafimosis dapat Anda lakukan dengan khitan atau sunat. Sunat adalah prosedur pemotongan sebagian atau keseluruhan kulit kulup kelamin pada pria. Sunat memili banyak manfaat, salah satunya yakni dapat menghilangkan bakteri yang tersimpan di dalam kulup dan menghindari infeksi akibat penyakit menular seksual. Penderita parafimosis yang telah sunat masih harus mendapatkan beberapa suntikan obat guna mencegah terjadinya pembengkakan.
 
Setelah melakukan perawatan dan pemeriksaan, biasanya dokter akan mengajarkan cara merawat kulit kulup kelamin atau paraphimosis treatment. Beberapa cara membersihkan ujung kelamin yang bisa dilakukan selama masa perawatan, seperti mengompres bagian yang bengkak dengan es, membungkus erat kelamin dengan perban, dan mengeluarkan darah atau nanah menggunakan jarum yang sudah steril.
 
Penangangan parafimosis dapat Anda lakukan dengan segera menghubungi Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus mengalami masalah kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Klinik ini sudah menggunakan peralatan modern yang didukung oleh dokter ahli berpengalaman sehingga pasien mendapatkan kepuasaan selama melakukan perawatan atau pemeriksaan medis. Untuk itu, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878 untuk informasi lebih lanjut.