Sel19Feb201913:17

Apa Saja Penyebab Paraphimosis?

Paraphimosis adalah suatu kondisi dimana kulup tidak dapat ditarik kembali pada posisi semula setelah ditarik dalam waktu cukup lama. Yang menjadi penyebab utama paraphimosis adalah akibat pria tidak disunat.
Apa Saja Penyebab Paraphimosis?
Apa Saja Penyebab Paraphimosis?

Gejala umum paraphimosis meliputi rasa sakit serta pembengkakan yang terjadi pada ujung penis. Selain itu, perubahan warna pada ujung penis menjadi merah tua atau menjadi biru karena aliran darah yang mengalir terhalang pada area ini.

Jika paraphimosis tidak ditangani dengan tepat, hal ini akan berpotensi akan menyebabkan infeksi yang serius, gangrene (jaringan yang mati), serta amputasi pada ujung penis. Tidak heran jika paraphimosis digolongkan sebagai kondisi darurat.

Penyeban utama paraphimosis yang paling sering memicu kondisi ini terjadi adalah lupa mengembalikan posisi kulup setelah ditarik, lalu dibiarkan untuk waktu yang lama. Selain itu, faktor lain yang berpotensi sebagai penyebab paraphimosis adalah:

• Cedera sekitar alat kelamin.
• Menderita infeksi.
• Menarik kulit kulup yang terlalu berlebihan.
• Kulup yang lebih ketat.
• Sedang menjalani kateter.


Diagnosis dan penanganan paraphimosis

Penyebab paraphimosis dapat didiagnosis dengan mudah oleh dokter pada pasien yang mengeluhkan gejala paraphimosis dengan melalui pengamatan pada bagian luar kulup.

Jika terbukti mengalami parahimosis, maka usia, tingkat keparahan kondisi penyakit serta penyebab paraphimosis akan menjadi faktor yang utama untuk mempertimbangkan metode atau langkah penanganan yang tepat untuk mengatasi paraphimosis. Jika praphimosis terdeteksi sejak dini, maka prosedur sederhana dapat dilakukan dengan:

• Mengompres bagiang yang mengalami pembengkakan dengan menggunakan air es.
• Membungkus penis dengan perban.
• Mengeluarkan darah atau nanah.

Untuk kondisi paraphimosis yang sudah parah, penyayatan kulup yang tersangkut akan dilakukan yang bertujuan untuk mengurangi tekanan serta meredakan pembengkakan yang terjadi. Maka kulup akan kembali ke posisi normal. Selain itu proses sunat atau sirkumsis sangat dianjurkan agar paraphimosis tidak berulang dan terjadi dikemudian hari.

Selain dengan metode sunat, sebaiknya untuk selalu mejaga kebersihan penis untuk mencegah penyebab paraphimosis muncul kembali. Langkah sederhana yang dapat dilakukan, antara lain:

• Dengan rutin membasuh penis menggunakan air hangat, contohnya ketika mandi. Bagian dalam pada kulup juga dapat disebrsihkan dengan peralahan.
• Jangan menarik atau membuka kulup yang dapat menyebabkan rasa sakit atau cidera.
• Hindari penggunaan bedak beserta deodoran di penis karena hal ini dapat memicu terjadinya iritasi.
• Menggunakan sabun tanpa mengandung parfum atau mengandung bahan kimia ringan supaya terhindar dari iritasi.




Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Mengalami masalah kulup tidak ditarik kembali kepada posisi semula terlebih Anda belum disunat? Sebaiknya untuk tidak menunda penanganan yang tepat agar Anda terbebas dari kondisi ini.

Mengingat peyebab utama paraphimosis dan paraphimosis terjadi pada pria yang tidak disunat, maka sebaiknya Anda memikirkan langkah kesehatan organ vital Anda dengan melakukan tindakan sunat agat paraphimosis dapat sembuh total dan tidak berulang dikemudian hari.

Klinik Utama Sentosa adalah klinik khusus kulit kelamin yang akan membantu masalah paraphimosis Anda hingga tuntas. Kami hadir dengan metode pengobatan terbaru yang tidak akan Anda temukan ditempat lain. Tindakan sirkumsisi atau sunat dewasa yang kami berikan untuk mengatasi penyebab paraphimosis ini aman dan minim pendarahan, tidak sakit, dan tidak menimbulkan efek samping dikemudian hari. Kami memberikan perawatan medis prima yang aman, cepat, tepat dan akurat hingga tuntas, yang di dukung peralatan medis modern canggih, dengan biaya sunat laser dewasa yang terjangkau Anda akan terbebas dari penyakit kelamin yang menyiksa Anda.

Untuk informasi lebih lanjut terkait apa penyebab paraphimosis dan untuk penanganan yang tepat dengan dokter ahli kelamin berpengalaman, silahkah klik website kami untuk konsultasi, atau hubungi kami di 081366657878 .