Sel19Feb201909:34

Apa Penyebab Kulup Penis Ketat?

Mungkin Anda bertanya-tanya apa penyebab kulup penis ketat dan bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi kulup penis yang ketat. Kondisi kulup penis pria yang ketat secara alami terjadi pada bayi dan anak kecil. Namun, terkadang bertahan hingga seorang pria dewasa.
Apa Penyebab Kulup Penis Ketat?
Apa Penyebab Kulup Penis Ketat?

Pada umumnya kulup penis ketat tidak akan selalu akan menimbulkan komplikasi medis yang serius, akan tetapi dapat menyebabkan gejala berupa kulit kemerahan, nyeri serta pembengkakan. Gejala seperti ini dapat mengganggu ketika buang air kecil serta kehidupan seksual seseorang.

Pria yang tidak disunat adalah wajar. Tetapi tindakan atau metode sunat untuk menghilangkan kemungkinan kulup penis yang ketat berkembang. Pada kasus yang jarang terjadi, kondisi yang mempengaruhi kulit pada sekitar penis dapat menyebabkan phimosis. Tindakan pengobatan kulup yang ketat ini akan tergantung pada penyebab kulup penis ketat dan tingkat keparahan yang terjadi.



Jenis kulup penis yang ketat

Komunitas pada medis mengkategorikan penyebab kulup penis ketat, seperti:

1. Phimosis

Jika kulup yang terlalu ketat atau kencang ditarik kembali kepalapenis, kondisi ini disebut penyakit phimosis. Hal ini merupakan hal yang normal terjadi pada anak usia 1-6 tahun, memiliki kulup yang tidak menari kembali. Namun, jika kondisi ini terjadi pada pria dewasa terlebih jika belum disunat, maka hal ini penting untuk diatasi agar rasa sakit, bengkak, serta sulit untuk buang kecil tidak muncul.

Phimosis berupa fisiologis atau patologis. Phimosis menggambarkan kulup ketat sejak lahir. Sementara phimosis patologis dapat disebabkan infeksi, peradangan, jaringan parut.

Kondisi lain yang dapat menyebabkan phimosis, antara lain:

• Balanitis
• Balanoposthitis.
• Penyakit menular seksual (PMS)

Usia lanjut dapat meningkatkan terjadinya perkembangan penyakit phimosis. Ketika kulit kehilangan elastisitas, maka kulit akan menjadi kaku serta tidak lentur.

2. Paraphimosis

Paraphimosis, kulit kulup tidak dapat menarik ke depan setelah ditarik kembali. Ujung penis disebut kelenjar menjadi terasa nyeri dan bengkak. Masalah paraphimosis lebih serius daripada penyakit fimosis. Perawatan medis darurat sangat penting dilakukan untuk menbatasi masalah paraphimosis dan untuk mengembalikan aliran darah ke penis.

Paraphimosis disebabkan oleh phimosis, trauma fisik pada penis, infeksi, serta menarik kulup terlalu lama.

Pengobatan kulup penis ketat

Setelah mengenal penyebab kulup penis ketat, sebaiknya untuk menghindari faktor risiko agar hal ini tidak terjadi pada organ vital Anda. Namun, jika saat ini sedang mengalami masalah ini. Sebaiknya untuk mendapatkan tindakan pengobatan yang tepat. Sebaiknya untuk selalu menjaga selalu kebersihan organ vital agar terhindar dari berbagai penyakit kelamin.

Tindakan pengobatan akan dilakukan sesuai dengan apa penyebab kulup penis ketat dan tingkat keparahan penyakit. Sebaiknya untuk tidak melakukan pengobatan sembarangan tanpa saran dan anjuran dari dokter ahli.




Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Mengalami kulup penis ketat dan sedang mencari cara untuk mengatasinya? Kunjungi Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah klinik kelamin yang dapat mengatasi masalah penyakit kelamin Anda hingga tuntas dan sembuh permanen. Tidak perlu khawatir dengan kondisi Anda, sebab disini Anda ditangani langsung oleh dokter ahli yang sudah terbiasa menangani kasus seperti Anda. Di tunjang peralatan medis modern canggih, serta laboratorium yang steril. Kami hadir dengan metode pengobatan terbaru, memberikan perawatan medis prima yang aman, cepat, tepat, dan akurat hingga tuntas, dengan biaya pengobatan terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut terkait penyebab kulup penis ketat dan cara untuk mengatasinya hingga tuntas dan aman, silahkan klik website kami untuk konsultasi, atau hubungi kami di 081366657878.