Sel21Mei201915:35

Tips Cara Menghilangkan Kutu Kemaluan

Cara menghilangkan kutu kemaluan bisa Anda ketahui setelah pemeriksaan bersama dokter dilakukan. Kutu kemaluan atau Pthirus pubis merupakan serangga berbentuk parasit kecil yang menyebabkan munculnya penyakit. Parasit ini biasanya hidup dengan menghisap darah melalui kulit. Rasa gatal yang terjadi bukan dikarenakan gigitan melainkan reaksi langsung kulit dengan air liur kutu.
cara menghilangkan kutu kemaluan
cara menghilangkan kutu kemaluan

Bagaimana Gejala Akibat Infeksi Kutu di Kemaluan?

Sebelum mengetahui cara menghilangkan kutu kemaluan, gejala penyakit harus diketahui terlebih dahulu. Gejala utama seseorang yang terkena kutu pada kemaluannya adalah rasa gatal yang parah. Kondisi ini kerap memburuk ketika malam hari karena kutu menjadi lebih aktif memakan darah manusia. Rasa gatal yang dialami hanya terbatas pada daerah yang terkena, seperti selangkangan, perut, paha, serta kaki. Selain rasa gatal, beberapa gejala lain yang mungkin dirasakan penderita kutu kemaluan, adalah sebagai berikut:



• Muncul bintik kecil berwarna merah kebiruan pada kulit bekas gigitan.
• Terdapat bintik cokelat yang merupakan kotoran kutu di celana dalam.
• Terlihat kutu beserta telornya pada rambut-rambut yang diserang.
• Mengalami peradangan akibat iritasi yang digaruk terus menerus.
• Adanya peradangan pada mata karena infeksi terjadi di bulu mata dan alis.

Agar tips cara menghilangkan kutu kemaluan ampuh menyembuhkan penyakit, penderita harus mengetahui beberapa faktor yang memicu infeksi. Faktor yang menyebabkan seseorang berisiko tinggi menderita kutu kemaluan adalah memiliki lebih dari satu pasangan seksual, melakukan kontak seksual dengan orang yang terinfeksi, berada di satu seprai atau tempat tidur yang sama dengan penderita, dan memakai pakaian secara bergantian dengan orang yang terinfeksi.


Pengobatan Tepat Pada Gatal Akibat Kutu

Tips cara menghilangkan kutu kemaluan bisa Anda peroleh dengan mudah setelah berkonsultasi bersama dokter ahli. Namun, sebelumnya dokter akan mendiagnosis penyakit terlebih dahulu dengan menanyakan gejala yang dirasakan dan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan fisik berguna untuk memastikan keberadaan kutu kemaluan yang biasanya dilakukan menggunakan kaca pembesar atau miskroskop.
 
Jika hasil diagnosis telah diketahui, dokter akan menjelaskan cara menghilangkan kutu kemaluan dengan mudah. Pengobatan kutu kemaluan dilakukan dengan menggunakan obat topikal dalam bentuk losion, krim, atau sampo parasit. Obat ini hanya boleh dioleskan pada area yang terinfeksi atau bagian luar tubuh saja. Pengobatan dengan obat membutuhkan pengulangan setelah 9 hingga 10 hari. Untuk mendapatkan kesembuhan yang maksimal, cara menghilangkan kutu kemaluan perlu disertai dengan tindak pencegahan, seperti:
 
• Hindari berbagi handuk, pakaian, atau pun seprai dengan orang yang telah terdiagnosis menderita kutu kemaluan.
• Jika Anda terdiagnosis, segera ajak seluruh anggota keluarga serta pasangan untuk melakukan pemeriksaan diri.
• Tidak melakukan hubungan seksual jika gejala masih muncul atau hingga dinyatakan sembuh total oleh dokter.


Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Cara menghilangkan kutu kemaluan dengan tuntas bisa Anda lakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, penyakit yang Anda derita akan sembuh dengan cepat karena dilengkapi peralatan medis canggih berteknologi modern.
 
Selain itu, Klinik Utama Sentosa juga memiliki berbagai keunggulan, salah satunya adalah layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi, Anda akan mengetahui penyebab penyakit secara pasti serta jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.