Min03Feb201915:47

Obat Kutu Kemaluan Paling Ampuh

Untuk meredakan rasa gatal akibat infeksi kutu, biasanya dokter akan meresepkan obat kutu kemaluan. Kutu yang menyerang rambut kemaluan ini memiliki bentuk mirip dengan kepiting berukuran kecil. Tak hanya infeksi, kutu yang dibiarkan akan menyebarkan telur pada rambut kemaluan hingga memicu masalah serius lain. Penularan sangat mudah terjadi ketika melakukan kontak seksual dengan penderitanya.
obat kutu kemaluan
obat kutu kemaluan

Apa Saja Penyebab Adanya Kutu Pada Kemaluan?

Sebelum memberikan obat kutu kemaluan, penyebab infeksi harus diketahui terlebih dahulu. Penyebab utama adanya kutu pada kemaluan adalah melakukan kontak intim, seperti hubungan seksual. Selain itu, penularan juga dapat terjadi akibat menggunakan pakaian, selimut, handuk, dan seprai yang sama dengan penderitanya. Namun, umumnya kutu tidak akan berpindah karena penggunaan toilet duduk yang sama.
 

Pada anak-anak , kutu dapat merayap dan tinggal di bulu mata atau alis jika berada di satu kasur yang sama dengan penderitanya. Sementara pada orang dewasa, kutu akan menginfeksi karena dipengaruhi oleh berbagai faktor. Beberapa faktor yang memicu adanya kutu pada rambut kemaluan, antara lain:

• Memiliki lebih dari satu pasangan seksual.
• Melakukan kontak seksual dengan penderitanya.
• Menggunakan seprai dan pakaian secara bergantian.


Penanganan Tepat Terhadap Infeksi Kutu Kelamin

Dokter akan memberikan obat kutu kemaluan setelah diagnosis dilakukan. Kutu kemaluan dapat didiagnosis dengan melihat gejala yang dirasakan serta pemeriksaan fisik pada penderitanya. biasanya, dokter akan menggunakan kaca pembesar atau mikroskop guna memastikan keberadaan kutu pada kemaluan. Pemeriksaan ini juga perlu dilakukan pada orang yang kerap melakukan kontak fisik dengan penderita selama 3 bulan terakhir.
 
Setelah diagnosis dilakukan, penanganan akan dilakukan dengan memberikan obat kutu kemaluan. Obat kutu kemaluan umumnya berbentuk losion, krim, maupun sampo antiparasit. Obat ini hanya boleh dipergunakan pada area yang terinfeksi atau seluruh tubuh bagian luar. Pengobatan kutu yang menginfeksi rambut kemaluan memerlukan pengulangan setelah 9 sampai 10 hari. Untuk mendapatkan kesembuhan maksimal, tindak pencegahan bisa Anda lakukan, dengan cara sebagai berikut:
 

• Hindari kontak fisik dengan penderita

Kontak fisik harus dihindari guna mencegah penularan kutu kepada orang lain. Selain kontak fisik, hindari menggunakan peralatan mandi, seperti handuk yang sama penderitanya. Anda juga disarankan untuk tidak berbagi pakaian dan berada di satu kasur karena kutu dapat berpindah dengan mudah.


• Periksakan pasangan dan anggota keluarga

Salah satu pencegahan terhadap infeksi kutu kemaluan adalah memeriksakan kondisi orang terdekat, seperti pasangan dan keluarga jika terdiagnosis memiliki infeksi. Pemeriksaan harus dilakukan secara bersamaan guna menghindari terjadinya penularan lebih lanjut kepada orang lain.


• Tidak melakukan hubungan seksual

Kutu pada rambut kelamuan mudah menular ketika melakukan hubungan seksual tanpa pelindung atau kondom. Karena itu, biasanya dokter akan menyarankan penderitanya untuk tidak berhubungan seks dengan pasangan sebelum dinyatakan sembuh total oleh dokter.


Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Obat kutu kemaluan bisa Anda dapatkan jika melakukan perawatan di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Perawatan terbaik akan Anda dapatkan karena klinik ini ditangani oleh dokter ahli berpengalaman di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa memiliki berbagai fasilitas lengkap, salah satunya layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi ini, pasien dapat mengetahui penyebab penyakit secara pasti serta jenis perawatan yang cocok untuk dilakukan. Karena itu segera konsultasikan diri Anda dengan Klinik Utama Sentosa. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi hotline Kami di nomor 081366657878.