Kam28Feb201915:01

Mengapa Terdapat Kutu di Kemaluan?

Kutu di kemaluan merupakan serangga kecil yang hidup pada rambut kasar manusia. Serangga atau parasit ini dapat menular pada orang lain melalui kontak seksual. Gejala utama akibat terdapat kutu di kemaluan adalah rasa gatal yang parah. Kondisi ini akan semakin memburuk saat malam hari karena kutu menjadi lebih aktif memakan darah. Gatal akan terasa pada area selangkangan dan dapat menyebar di daerah perut, paha, serta kaki penderitanya.
kutu di kemaluan
kutu di kemaluan

Apa Saja Penyebab Penyakit Kutu Kemaluan?

Penyebab adanya kutu di kemaluan adalah penularan melalui kontak intim, terutama hubungan seksual. Selain itu, kutu juga dapat merambat atau berpindah pada orang lain akibat menggunakan selimut, handuk, seprai, atau pakaian yang sama dengan penderita. Namun, perlu diketahui jika kutu di kemaluan tidak dapat menular karena memakai toilet duduk secara bergantian.



Selain orang dewasa, penyakit kutu kelamin juga dapat diderita oleh anak-anak. Anak dapat tertular penyakit ini setelah tidur di satu kasur yang sama dengan penderitanya. Pada anak-anak, kutu di kemaluan akan tinggal di bulu mata atau alis sehingga menyebabkan terjadinya peradangan pada mata. Selain itu, kutu kemaluan pada anak bisa menjadi indikasi adanya kekerasan seksual. Beberapa faktor risiko yang menyebabkan seseorang mudah terserang penyakit kutu kelamin, adalah sebagai berikut:
 
• Memiliki lebih dari satu pasangan seksual.
• Berkontak seksual dengan orang yang terinfeksi.
• Berada di satu seprai yang sama dengan penderita.
• Berbagi handuk serta pakaian yang sama.


Perawatan Terhadap Gejala Kutu Kemaluan

Sebelum perawatan penyakit kutu kemaluan dilakukan, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik yang disertai dengan beberapa tes penunjang. Setelah memeriksakan kondisi penyakit, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah penanganan penyakit sesuai anjuran dokter. Beberapa cara mengatasi kutu di kemaluan yang bisa Anda lakukan, yakni sebagai berikut:


• Gunakan sampo khusus

Pelembap atau sampo khusus yang dijual bebas dapat membantu membasmi kutu dari tubuh, termasuk pada rambut kemaluan. Gunakan produk yang aman dengan melakukan konsultasi terlebih dahulu bersama dokter ahli terutama jika penderitanya sedang mengandung atau menyusui.
 

• Periksakan seluruh angota keluarga

Jika salah satu anggota keluarga terkena infeksi kutu kemaluan, ada baiknya untuk segera melakukan perawatan di waktu yang bersamaan. Hal ini dilakukan guna mencegah penularan atau penyebaran kutu pada orang lain.


• Bersihkan seluruh rumah

Cara mencegah kutu di kemaluan yang bisa Anda lakukan secara mandiri adalah dengan membersihkan seluruh bagian rumah. Anda juga perlu mencuci semua handuk, seprai, dan pakaian dengan air hangat dan keringkan dengan menggunakan mesin pada pengaturan yang paling tinggi.


Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Kutu di kemaluan dapat ditangani dengan melakukan perawatan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan ditangani oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan pada biaya sehingga pasien tidak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dikeluarkan. Sebelum menentukan untuk melakukan perawatan, pasien dapat berkonsultasi secara online guna mengetahui penyebab penyakit serta jenis perawatan yang cocok untuk dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.