Min16Jun201916:48

Kutu Pada Kemaluan Wanita Apakah Bahaya?

 

Adanya kutu pada kemaluan wanita dapat membuat kita tidak nyaman, pasalnya kutu kemaluan dapat menyebabkan gejala gatal bahkan iritasi yang mengganggu. Kutu kemaluan adalah kutu yang terdapat di sekitar alat kelamin. Selain alat kelamin, kutu ini juga dapat tumbuh di sekitar rambut ketiak, alis, bulu mata, maupun bagian lain yang memiliki rambut dengan permukaan kasar. Sama halnya dengan kutu di rambut kepala, kutu ini juga menghisap darah dan membuat penderitanya merasakan gatal.

kutu pada kemaluan wanita
kutu pada kemaluan wanita

Gatal yang muncul akibat kutu pada kemaluan wanita ini seringkali membuat kita tidak nyaman dan bahkan malu jika terasa saat kita berada di tempat umum. Tentu saja kita malu jika harus menggaruk kemaluan saat terasa gatal di bagian kemaluan di tempat yang ramai. Namun, jika tidak digaruk akan terasa sangat mengganggu. Belum lagi iritasi yang dihasilkan jika bagian yang gatal digaruk.

Bahayakah Kutu Kemaluan?


Kutu pada kemaluan wanita tak hanya menyebabkan gejala yang mengganggu kenyamanan, namun juga dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya adalah iritasi pada kulit yang gatal dan digaruk. Selain itu masalah kesehatan seperti di bawah ini juga bisa terjadi.

• Menular

Kutu kemaluan merupakan salah satu penyakit yang mengandung bakteri dan dapat ditularkan pada orang yang berada di sekitar pasien. Kutu ini dapat menular melalui kontak tidak langsung maupun langsung.



• Banyak tempat yang bisa ditulari

Tak hanya menimbulkan gejala pada bagian dimana ia tinggal saja, kutu pada kemaluan wanita juga dapat menginfeksi bagian tubuh disekitar kulit rambut dimana ia berada. Apalagi tempat hidupnya juga ada banyak pilihannya, mulai dari bagian kemaluan hingga bagian mata yang memiliki rambut seperti alis maupun bulu mata.

• Gangguan depresi

Kondisi terkena kutu kemaluan ini dapat menyebabkan adanya depresi pada penderitanya. bahkan jika sudah parah dapat memicu adanya gejala schizophrenia yaitu gangguan mudah panik serta tidak dapat mengontrol diri.

• Iritasi

Saat bagian yang gatal digaruk, maka dapat terjadi iritasi yang menyebabkan berbagai peradangan. Salah satunya yang paling berbahaya adalah peradangan pada kelopak mata jika kutu kemaluannya terdapat di sekitar mata.

kutu pada kemaluan wanita
kutu pada kemaluan wanita

Gejala Jika Muncul Kutu Pada Kemaluan


Saat terdapat kutu pada kemaluan wanita, maka penderita akan mengalami beberapa gejala, seperti:

• Kulit gatal, biasanya gejala ini yang pertama kali muncul ketika kutu terdapat pada kemaluan. Rasa gatal tersebut biasanya muncul lebih hebat saat malam karena kutu menghisap darah manusia pada malam hari. Rasa gatal ini merupakan reaksi dari adanya aktivitas menghisap darah oleh kutu pada kulit.
• Bekas gigitan berupa bintik kecil berwarna merah agak kebiruan.
• Ada kutu maupun telur kutu di bagian rambut.
• Iritasi atau peradangan karena digaruk.
• Demam.
• Jika kutu ada di bagian mata, maka dapat terjadi peradangan mata.

Gejala ini tidak selalu dialami oleh penderita. Bahkan ada yang tidak mengalami gejala sama sekali sehingga dia tidak menyadari bahwa dirinya terjangkit kutu kelamin dan telah menularkannya pada orang lain.


Cara Mengobati Gejala Kutu Kelamin


Gejala kutu kelamin sangat mengganggu, dan harus segera diatasi agar kutunya tidak menyebar dan menular kepada orang lain. Bahaya akibat gigitan kutu kelamin juga dapat menyebabkan adanya peradangan. Belum lagi penularannya yang dapat terjadi dengan berbagai cara mulai dari penularan secara langsung hingga penularan tidak langsung. Kutu kemaluan ini dapat menginfeksi siapa saja, namun pada anak biasanya lebih sering terjadi di bagian alis maupun bulu mata. Kutu ini dapat merayap dari rambut seseorang ke orang lain.
 
Jadi, yang berpotensi terkena kutu kemaluan adalah mereka yang tinggal atau sering menghabiskan waktu bersama penderita. Sedangkan untuk mengatasi bahayanya, kutu pada kemaluan wanita dapat diobati dengan cara memeriksakan diri ke dokter. Jika penderita merasakan gejalanya, maka biasanya dokter akan memberikan beberapa jenis obat sesuai dengan kondisi penderita. Untuk pemeriksaan pengobatan, dapat dilakukan di Klinik Utama Sentosa, kami juga menyediakan layanan konsultasi gratis bagi yang ingin mendapatkan informasi seputar gangguan kutu kelamin di nomor 081366657878.